Pulau Ndaa Wakatobi, pesona pulau cantik yang memanjakan mata - WisataHits
wisatahits

Pulau Ndaa Wakatobi, pesona pulau cantik yang memanjakan mata

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 500.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Ndaa, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pulau Ndaa Wakatobi tidak jauh dari Pulau Tomia. Dibandingkan dengan pulau-pulau lain di perairan Wakatobi, Ndaa memiliki ukuran yang kecil. Meski begitu, keindahan pantai dan bawah lautnya tidak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya. Padahal, kawasan pulau ini merupakan surga snorkeling yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta olahraga air ini.

Hanya sedikit orang yang tahu pulau kecil ini. Bahkan pencarian di Internet tidak memberikan banyak informasi. Namun, Anda dapat meminta informasi atau akomodasi di Pulau Ndaa di Pusat Informasi Taman Nasional Wakatobi. Tidak jauh dari Pulau Tomia, pulau ini masih berada di kawasan Taman Nasional Wakatobi.

Sedikit pengunjung yang datang ke pulau yang masih sangat asri dan jauh dari campur tangan manusia ini. Keindahan alamnya tidak dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Dengan pantainya yang tenang, lautnya yang berwarna biru kehijauan juga sangat jernih, yang memungkinkan Anda untuk melihat terumbu karang di dasar perairan yang dangkal.

Tempat Wisata Pulau Ndaa Pulau

Aktivitas Pulau NdaaKredit gambar: Google Maps domenico troian

Pulau Ndaa merupakan salah satu tempat wisata bahari di Kepulauan Wakatobi. Meski tidak besar, pulau ini memiliki keindahan yang membuatnya menawan. Banyak wisatawan yang merindukan pulau ini ketika berkunjung ke Wakatobi, padahal kawasan pulau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pulau-pulau di sekitarnya.

1. Panorama alam yang indah

Pulau Ndaa memiliki pantai yang indah. Pasirnya putih dan lautnya berwarna biru kehijauan. Di sekelilingnya terdapat pohon kelapa yang membuat suasana semakin asri dan segar. Keadaan alam pulau ini juga selalu terjaga, sangat bersih dan tidak ada yang rusak oleh tangan manusia.

Keadaan alam yang indah ini tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak yang bilang kalau keindahan pulau ini hampir seperti pulau Karibia. Tidak perlu ke luar negeri untuk menemukan pulau dengan alam tropis yang sangat menakjubkan. Datanglah ke Wakatobi dan kunjungi salah satu pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Wakatobi

Pulau ini juga tidak berpenghuni sehingga masih sangat alami. Tempat yang tenang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Hanya sedikit wisatawan yang memiliki cukup waktu untuk singgah di pulau ini, sehingga jika ada wisatawan yang datang, mereka akan merasa seperti berada di pulau pribadi. Siapa yang tidak ingin mencoba pengalaman liburan di pulau sendiri?

2. Kapal Selam yang Menakjubkan

Pulau Ndaa juga merupakan spot terbaik bagi para pecinta snorkeling dan diving. Ada banyak terumbu karang dan biota laut yang hidup di perairan ini. Wisatawan akan dipuaskan berenang bersama ikan-ikan cantik yang hidup di antara terumbu karang dan membentuk ekosistem laut yang menakjubkan.

Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat penyu berenang di antara ikan-ikan untuk mencari makan. Penyu itu sendiri adalah hewan langka. Cukup sulit ditemukan saat menyelam. Oleh karena itu, bisa bertemu penyu di perairan ini merupakan kesempatan emas yang banyak dicari oleh para pecinta laut.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau NdaaKredit gambar: Google Maps domenico troian

Untuk menuju Pulau Ndaa, Anda harus melalui Pulau Tomia yang berada di kawasan Taman Nasional Wakatobi. Bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda bisa terbang langsung ke Wakatobi atau Bau-bau di Sulawesi Tenggara. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pulau Tomia yang dapat diakses dengan perahu.

Sesampainya di Pulau Tomia, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi pulau menggunakan speedboard dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Namun, durasi perjalanan juga bisa bergantung pada cuaca. Anda juga bisa memulai perjalanan dari Makassar ke Kendari, lalu ke Wakatobi dan langsung menuju kawasan pulau.

Jika Anda seorang backpacker, perjalanan normal akan memakan waktu 2-3 malam untuk sampai ke Kendari dengan menggunakan bus. Setelah sampai di Kendari, Anda harus pergi ke Wakatobi. Dari Wakatobi, Anda bisa langsung menuju Pulau Ndaa selama kurang lebih 12 jam atau lebih menggunakan perahu nelayan atau menyewa perahu.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit gambar: Google Maps mengeluarkan tenaga kerja

Jika Anda memulai perjalanan dari Makassar, Anda bisa menggunakan PO bus. Perjalanan ke Kendari sekitar Rp 350.000, tapi ada juga yang hanya sampai di Soroako dengan tarif Rp 200.000 kemudian ke Kendari dengan tarif Rp 100.000. Dari Kendari harus beli tiket ke Wakatobi sekitar Rp 67.000 hingga Rp 200.000 tergantung situasi.

Menuju Pulau Ndaa, Anda bisa menyewa perahu atau naik perahu nelayan. Biasanya Anda hanya perlu membayar dengan tulus kepada nelayan jika Anda menungganginya. Total biaya untuk pulau ini sekitar Rp 500.000, belum termasuk uang makan. Biayanya sendiri cukup terjangkau untuk wisata kelas luar negeri. Perjalanan panjang juga akan terbayar ketika Anda sampai di sana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ndaa

Aktivitas menarik di pulau Ndaa PulauKredit gambar: Google Maps Aldwin Edbert

Berlibur di Pulau Ndaa bisa menjadi pilihan jika ingin berkunjung ke Wakatobi. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas di area ini. Meski fasilitas yang tersedia sangat minim, namun menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai petualangan. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau kecil di kawasan Taman Nasional Wakatobi ini.

1. Snorkeling atau menyelam

Dengan keindahan alam bawah lautnya, aktivitas olahraga ini tidak boleh dilewatkan. Anda juga perlu membawa kamera anti air karena sayang sekali melewatkan keindahan terumbu karang dan ikan hias tanpa mengabadikannya sama sekali. Air laut yang jernih di perairan ini akan membuat Anda semakin nyaman untuk menikmati dan mengabadikan keindahannya.

Selain itu, jika Anda beruntung, Anda juga bisa menjumpai penyu yang lewat. Ini adalah kesempatan langka karena penyu juga langka dan hewan yang sulit ditemukan. Keberadaan penyu di kawasan ini menunjukkan bahwa kelestarian ekosistem laut pulau ini masih terjaga. Oleh karena itu, Anda harus mencoba snorkeling atau menyelam di tempat-tempat menarik di kawasan ini.

2. Berjemur

Pulau Ndaa dikelilingi oleh pepohonan yang membuat udara tenang meski matahari bersinar terik. Panasnya matahari banyak dimanfaatkan oleh wisatawan khususnya wisatawan mancanegara untuk berjemur. Bersantai di hamparan pasir putih sambil mandi di bawah hangatnya sinar matahari memang bisa menjadi pilihan menarik di pantai ini.

Anda juga tidak perlu khawatir akan diganggu. Pulau ini sangat tenang, sehingga Anda bisa leluasa melakukan aktivitas ini. Berjemur dapat menenangkan pikiran di area ini. Dengan suasana yang tenang, Anda hanya akan ditemani oleh suara deburan ombak yang menenangkan.

3. Permainan air

Pantai di sekitar pulau sangat tenang dan bersih. Oleh karena itu, Anda bisa bermain air di pantai. Anda bisa merasakan sejuknya air dan pasir yang lembut. Apalagi karena air lautnya yang jernih, Anda juga bisa melihat terumbu karang di perairan dangkal tanpa harus menyelam. Oleh karena itu, bermain air di pantai sudah sangat menyenangkan.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit Gambar: Google Maps RedDoorz @ Pulau Tomia Wakatobi

1. Homestay Teluk Kasilapa

Akomodasi yang terletak di East Tomia ini sangat terjangkau. Sangat cocok untuk backpacker. Tempatnya juga bersih dan nyaman dengan pelayanan yang sangat baik dan ramah. Makanan buatan sendiri yang lezat juga akan ditawarkan.

2. Tomia Villa Wakatobi

Penginapan ini juga cukup terjangkau dengan fasilitas yang memadai. Tempatnya sangat bersih dan nyaman untuk beristirahat. Selain itu, hostel ini juga menyediakan peralatan menyelam dan pemiliknya bisa menjadi pemandu selam. Lokasinya juga strategis dan dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya.

3. Tinggal kerja

Hostel ini menawarkan layanan seperti di rumah sendiri. Kamar nyaman dan bersih dengan fasilitas AC. Pemiliknya berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik, sehingga banyak turis asing yang menginap di sini. Selain itu, pemiliknya juga mengetahui spot snorkeling atau diving terbaik di pulau tersebut.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Ndaa Wakatobi

Fasilitas Pulau Ndaa WakatobiKredit gambar: Google Maps domenico troian

Pulau Ndaa cukup terpencil dan masih jarang dikunjungi. Oleh karena itu, fasilitas di kawasan ini juga masih sangat minim. Tidak ada warung makan atau restoran di pulau ini. Oleh karena itu, kamu perlu membawa bekal yang cukup atau kamu bisa membeli makanan terlebih dahulu di Pulau Tomia.

Meski kawasan perairan ini memiliki keindahan laut yang sangat memukau, di pulau eksotis ini juga tidak ada persewaan alat snorkeling atau diving. Anda harus membawa peralatan sendiri atau bisa menghubungi Balai Konservasi Taman Nasional Wakatobi.

Pulau kecil ini tidak berpenghuni, jadi tidak ada hostel di sekitarnya juga. Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap dan menginap dari Pulau Tomia. Pulau Tomia hanya 1 jam perjalanan dari Ndaa jadi tidak terlalu jauh.

Pulau Ndaa merupakan wisata bahari kelas dunia di Wakatobi. Tidak perlu ke luar negeri karena di pulau ini alam tropis seperti pulau Karibia. Perjalanan memang memakan waktu, namun keindahan pantai pasir putih dan juga alam bawah laut yang eksotis akan membayar rasa lelah dan penat Anda di pulau yang sepi seperti Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button