Pulau Mandangin (Pulau Kambing), Sampang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Mandangin (Pulau Kambing), Sampang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Mandangin, Kec. Sampang, Kab. Sampang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Indonesia memiliki banyak pulau kecil dengan keindahan alamnya yang dapat menarik wisatawan. Salah satu pulau kecil dengan pesona keindahan yang tak kalah eksotis adalah Pulau Mandangin (Pulau Kambing) di Sampang, Madura. Bagi Anda yang ingin liburan lebih dekat dengan alam, mengunjungi Pulau Mandangin mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak keseruan yang bisa kamu dapatkan di pulau kecil ini.

Tempat Wisata Pulau Mandangin

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau MandanginKredit Gambar: Google Maps Brother Selangit

Pulau Mandangin merupakan pulau kecil dengan luas 90,04 hektar. Dilihat dari jauh, pulau ini tampak hanya sebuah pulau dengan rerimbunan pepohonan. Namun, saat mengunjungi pulau ini, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang indah dan bersih. Air pantai yang terlihat jernih dan bebas sampah. Pemandangan khas pantai pulau ini adalah deretan perahu yang terapung di sekitar pantai milik para nelayan yang tinggal di Pulau Mandangin.

Tidak hanya pemandangannya yang indah, pulau ini juga memiliki udara yang segar dengan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar pantai. Dinamakan Pulau Mandangin, yang diambil dari kata Melihat Angin. Mengingat lokasinya yang dekat dengan pantai, angin di tempat ini cukup kencang. Salah satu tempat favorit wisatawan adalah Pulau Candin yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang indah.

Pemandangan matahari terbit di pantai ini berbeda, jadi sayang untuk dilewatkan. Matahari yang muncul dari ufuk timur bersandingan dengan pantai dan bebatuan seolah tergambar dalam sebuah lukisan. Selain pemandangan matahari terbit yang indah, matahari terbenam di pulau ini juga tidak kalah indahnya. Namun untuk menikmati keindahan langit senja, Anda harus mengunjungi Mandangin Barat.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Mandangin

Alamat Pulau MandanginKredit gambar: Google Maps Kawi Boedisetio

Pulau Mandangin adalah sebuah desa di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Akses menuju tempat ini cukup mudah, jadi anda tidak perlu khawatir jika kesulitan mencari perahu untuk menuju pulau ini. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju Terminal Sampang. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Tangklok.

Perjalanan dari terminal ke Tangklok memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah itu Anda harus memarkir kendaraan Anda dan berganti transportasi ke perahu nelayan setempat. Anda akan dibawa ke Pulau Mandangin. Biaya yang dikeluarkan untuk menaiki kapal ini sangat terjangkau, hanya sekitar 10.000 rupee untuk satu orang. Namun, untuk bisa menyeberang ke pulau ini, Anda harus berangkat lebih awal.

Sedangkan kapal yang disediakan tidak beroperasi selama dua puluh empat jam, dimana pada pukul 15.00 WIB adalah batas maksimal kapal yang tersedia untuk menyeberang Anda ke Pulau Mandangin. Saat perahu sedang berlayar, Anda bisa menikmati deburan ombak dan semilir angin sejuk khas pantai. Perjalanan dengan perahu tidak lama, setidaknya memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Biaya Perjalanan ke Pulau Mandangin Sampang

Biaya Perjalanan ke Pulau MandanginKredit gambar: Google Maps Ilham Ikhtiar

Selain keindahan alam yang ditawarkan pulau ini, hal paling menarik yang harus Anda ketahui adalah wisatawan yang datang tidak akan dipungut biaya atau bisa dibilang gratis. Tentunya liburan di tempat ini menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan liburan yang tidak mengeluarkan biaya lebih. Anda mungkin perlu menyiapkan ongkos transportasi selama perjalanan. Namun, sebagai tindakan pencegahan, Anda harus membawa uang tunai yang cukup.

Apalagi cash to plan jika nanti kesulitan mencari ATM disana. Untuk jam bukanya sendiri, buka dua puluh empat jam. Meskipun Anda harus bisa datang kapan saja. Namun, akan lebih baik untuk mengunjunginya di pagi atau sore hari saat kapal nelayan masih beroperasi. Dengan berkunjung ke tempat ini, Anda juga harus menghormati dan mentaati aturan kependudukan yang berlaku di sana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Mandangin

Aktivitas di Pulau MandanginKredit Gambar: Google Maps haris muhammad

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Mandangin, mulai dari keindahan pantai dan ombaknya yang khas, sunrise dan sunset hingga menemukan kehidupan penghuni pulau ini. Tentu hal ini menjadi hal yang sangat menarik bagi Anda yang menyukai fotografi. Berfoto selfie di atas kapal atau berfoto ikan yang muncul sesekali bisa menambah koleksi foto keren kamu.

Salah satu kegiatan utama di pulau ini adalah menikmati suasana pantai yang bersih dengan berjalan kaki atau bersepeda di jalur pantai. Puas menikmati pantai dan hamparan pasirnya, Anda bisa melakukan aktivitas menarik dengan mencicipi olahan penduduk setempat. Karena mata pencaharian penduduk pulau ini adalah nelayan, maka tidak sulit mencari ikan olahan, begitu juga ikan asap termasuk ikan segar di teras-teras rumah penduduk.

Jika Anda ingin memasaknya sendiri dengan api unggun di dekat pantai, Anda bisa membeli ikan segar. Tentunya akan lebih menyenangkan, apalagi jika Anda sedang berlibur bersama keluarga atau teman. Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi makam Bangsacara dan Ragapadmi. Ragapadmi sendiri adalah istri dari Cangscara yang merupakan kepala kerajaan Bidarba. Sang suami dibunuh karena istrinya ingin menjadi istri raja.

Akomodasi di Pulau Mandangin

Akomodasi di Pulau MandanginKredit gambar: Google Maps Wayan Mahmudy

Berkunjung ke pulau kecil seringkali menyisakan pertanyaan tentang akomodasi di sana. Apalagi bagi Anda yang datang dari tempat yang cukup jauh. Namun, berlibur di Pulau Mandangin tidak menjadi masalah bagi Anda yang berasal dari luar kota, karena pulau ini sudah dihuni oleh penduduk, sehingga fasilitas yang tersedia cukup memadai, termasuk akomodasi.

Meski akomodasi yang ditawarkan tidak terlalu bagus, ada beberapa kamar yang tersedia yang siap menyambut Anda saat bermalam di pulau Mandangine ini. Apalagi harga akomodasi yang ditawarkan juga relatif murah sehingga menghemat pengeluaran Anda selama berlibur di Pulau Mandangin. Menginap di pulau ini akan memberikan pengalaman liburan yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan matahari terbit di pagi hari.

Namun, jika ingin akomodasi yang lebih lengkap, Anda bisa memilih bermalam di hotel di Sampang. Harga hostelnya juga relatif terjangkau mulai dari Rp 100 ribu. Fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai dari AC, televisi, lemari pakaian, kursi hingga air minum. Beberapa dari mereka bahkan menawarkan Wi-Fi gratis. Namun, karena lokasinya berada di luar Pulau Mandangin, Anda harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan perahu.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Mandangin

Fasilitas Pulau MandanginKredit Gambar: kawat gigi Google Maps

Fasilitas di pulau ini cukup memadai. Namun, sebagian besar sarana dan prasarana yang ada di Pulau Mandangin tidak dibangun oleh pemerintah setempat melainkan oleh masyarakat sendiri. Beberapa fasilitas seperti wisata perahu sangat mudah ditemukan di pulau ini. Perahu disewakan oleh penduduk setempat bagi wisatawan yang ingin menjelajahi laut lebih jauh, sambil mengamati ikan-ikan yang terkadang muncul di permukaan laut.

Ombak selama perjalanan akan menambah keceriaan saat anda menaiki kapal wisata. Selain itu, angin sepoi-sepoi yang memberikan rasa sejuk dan menyegarkan yang mengiringi perjalanan. Namun, Anda juga tidak boleh lupa memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Fasilitas lain seperti masjid juga direncanakan di tempat ini, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin salat.

Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan toilet umum. Jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda dapat bertanya kepada masyarakat setempat karena mereka tidak keberatan membawa Anda untuk mencari toilet. Ada juga warung warung yang siap mampir saat Anda lapar. Warung makan milik warga sekitar menyajikan aneka olahan ikan yang mereka tangkap. Tidak hanya memanjakan lidah, menikmati makanan di sini juga bisa meningkatkan gizi Anda.

Pulau Mandangin menawarkan keindahan alam yang tidak kalah luar biasa, mulai dari pantainya yang jernih, pepohonan yang rindang hingga pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah. Selain berbagai aktivitas menari, biaya penyeberangan ke tempat wisata ini juga cukup terjangkau. Agar liburan lebih menyenangkan, sebaiknya ajak keluarga atau teman Anda. Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk mengabadikan berbagai momen menarik di Pulau Mandangin.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button