Pulau Oar Serang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Oar Serang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp250.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kertajaya, Kec. Sumur, Kab. Pandéglang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga terdiri dari banyak pulau dan perairan. Maka dari itu, jangan heran jika memiliki banyak keindahan alam yang patut dicoba dan dikunjungi saat berlibur bersama orang tersayang. Terletak di ujung Pulau Jawa, Pandeglang, Banten memiliki berbagai sumber daya alam seperti Ujung Kulon yang memiliki hewan langka. Tak hanya itu, ada juga pulau tak berpenghuni yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mari kita lihat di sini!

Atraksi Isle of Oar.

Hal yang Dapat Dilakukan di Pulau Oar SerangKredit gambar: Google Maps Oar.

Setiap tempat tentunya memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dan mampu menarik hati pengunjung untuk menikmati suasananya. Keunikan pulau di Ujung Kulon ini adalah tidak ada penduduk yang menempatinya, sehingga sangat cocok dijadikan tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota. Jika Anda adalah orang yang terbiasa tinggal di kota yang padat, tentunya akan sangat seru untuk mengunjungi pulau tak berpenghuni ini.

Selain bersenang-senang dan mencari energi baru, Anda bisa rehat sejenak dari keramaian atau suasana yang ramai. Menikmati keheningan paling tepat ditemani suara deburan ombak yang merdu dan menenangkan. Ombak pantai ini tidak hanya merdu, tetapi juga tenang sehingga aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Ombak seperti ini menjadi incaran banyak orang karena mampu membawa ketenangan bagi pengunjung pantai.

Setiap tempat membutuhkan keindahan visual karena masyarakat saat ini tidak lengkap tanpa berfoto. Anda bisa mendapatkannya dari keindahan alam Isle Oar karena pemandangan pantai yang menakjubkan dengan garis biru di cakrawala. Pantainya tenang dan indah, siapa yang bisa melewatkan pemandangan indah ini? Apalagi jika dipadukan dengan pasir putihnya yang lembut, Anda tidak akan bisa menolak tawaran berkunjung ke tempat ini.

Alamat dan rute menuju Oar. Lokasi pulau

Alamat Pulau Oar SerangKredit gambar: Google Maps Tri Adinugroho

Pulau Oar mungkin tidak terlalu familiar bagi sebagian orang Indonesia karena hanya sedikit orang yang mengetahui lokasinya. Sedangkan di tempat ini terdapat dua pulau yang menawarkan berbagai keindahan alam dan fasilitas yang memadai. Kamu bisa mengajak orang tersayang untuk menghabiskan waktu bersama di tempat yang indah ini. Lokasinya berada di Banten, tepatnya Ujung Kulon di kabupaten Pandeglang.

Dari pusat kota Serang, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam perjalanan dengan kendaraan darat. Anda bisa mengendarai mobil jika sedang berlibur dengan banyak anggota keluarga. Namun, bagi pecinta wahana, akan lebih menyenangkan mengendarai sepeda motor bersama orang tersayang. Setelah itu menuju Labuan arah desa Sumur kemudian memarkir kendaraan anda di tempat parkir lelang atau di halaman rumah warga.

Dari desa Sumur, Anda harus menyeberang untuk mencapai tujuan akhir Anda dengan perahu. Ada dua pilihan perahu, yaitu yang pertama menyewa perahu nelayan untuk pergi pulang pergi dan yang kedua menaiki perahu nelayan berkapasitas 10 orang. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk mengarungi Pulau Oar Serang. Setelah itu, Anda akan sampai di sebuah pulau yang sangat indah dengan pemandangan yang indah di pesisirnya.

Biaya perjalanan ke Isle of Oar, Serang

Biaya Perjalanan ke Pulau Oar SerangKredit gambar: Google Maps Bobby Alxandy

Beberapa destinasi wisata yang belum banyak dikunjungi masyarakat belum dikelola dengan baik. begitu juga dengan pulau yang ada di Ujung Kulon ini, namun tidak perlu khawatir dengan kebersihannya karena sudah pasti bersih. Yang perlu ditingkatkan adalah kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan karena ada tempat sampah di setiap sudut kunjungan. Anda bisa mengurus wisata ini meski belum ada manajemen.

Kunjungan yang tidak terkelola ini mengakibatkan pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Wisatawan hanya diwajibkan membayar biaya penyeberangan kepada nelayan yang menyewa perahunya. Anda bisa menyewa perahu untuk datang dan pergi serta izin berkemah seharga 500 ribu rupiah dengan kapasitas 9 orang. Sedangkan jika Anda hanya menyewa perahu untuk datang dan pergi, Anda hanya membayar Rp 250.000 dengan kapasitas 10 orang.

Kegiatan menarik di Isle of Oar.

Menyerang Kegiatan Isle of OarKredit Gambar: Google Maps Muhammad Malik

Sebelum memasuki Isle of Oar, Anda akan mendapatkan pengalaman menarik dengan menaiki perahu berkapasitas 9 hingga 10 orang. Jika Anda berlibur dengan beberapa orang, tentu saja Anda akan bergabung dengan turis lain, yang memungkinkan Anda untuk mengenal orang lain. Selain itu, Anda bisa mengobrol dengan nelayan atau masyarakat sekitar dan mendapatkan berbagai informasi. Akan menjadi pengalaman pertama naik perahu nelayan selama 20 menit.

Trekking adalah kegiatan yang dapat Anda lakukan di sekitar pantai karena pulau ini memiliki luas 5,2 meter persegi. Tidak terlalu luas, tapi cukup menyenangkan jika Anda menjelajahi lingkungan sekitar dengan berjalan kaki. Ada semak belukar, hutan, bahkan mangrove yang ekosistemnya sangat terjaga. Banyak pantai Banten yang sudah tercemar, namun Pulau Oar merupakan destinasi yang indah dan terawat, sehingga air di pantai selalu jernih.

Lelah berjalan, Anda bisa duduk di bawah terik matahari atau bahkan tidur di pantai yang mulus. Menikmati pemandangan gradasi warna biru di laut lepas tentunya tidak bisa kamu dapatkan setiap saat, jadi kamu perlu memanfaatkan waktu emas ini dengan sebaik-baiknya. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk duduk di pasir lembut sambil menikmati pantai dan hangatnya matahari. Sebelumnya, tentu saja Anda harus memakai tabir surya agar tidak terbakar.

Air lautnya yang jernih menjadikan salah satu pantai di Ujung Kulon ini menjadi daya tarik yang sangat unik dan menarik. Oleh karena itu, banyak yang menghabiskan waktu bermain air di pantai, seperti berenang atau sekedar jalan-jalan di pinggir pantai. Ombak di pantai yang indah ini juga tidak terlalu besar, bahkan cenderung tenang, sehingga sangat aman bagi anda yang ingin berenang. Gunakan pelampung dan alat pengaman agar tidak tenggelam saat bermain di air.

Aktivitas lain yang harus dilakukan adalah snorkeling di pantai biru cerah yang menakjubkan ini. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menikmati keindahan terumbu karang, ikan, dan berbagai kekayaan bawah laut di Pantai Oar Banten. Snorkeling ini bisa dilakukan dengan membawa peralatan sendiri, namun Anda juga bisa menyewa alat snorkeling, pelampung dan sirip dengan membayar Rp 45.000. Kegiatan ini dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Akomodasi di Pulau Oar

Akomodasi di sekitar Pulau Oar SerangKredit gambar: Google Maps Galih Anugrah

Beberapa orang yang suka berkemah bisa mendirikan tenda dan menikmati malam di Isle of Oar bersama rombongan. Izin pemasangan tenda bisa digabung dengan sewa perahu untuk pulang pergi. Apalagi ada juga gubuk kecil untuk menginap dengan harga sekitar Rp100.000 per malam. Saung dapat menampung beberapa orang, sehingga Anda lebih hemat biaya akomodasi.

Selain kedua fasilitas tersebut, pulau tak berpenghuni ini tidak menawarkan akomodasi, melainkan Pulau Umang. Pulau ini menawarkan Umang Resort yang menawarkan harga 1,2 juta rupiah per malam untuk kategori kamar suite. Reservasi dapat dilakukan karena Anda sedang merencanakan liburan karena khawatir tidak akan ada kamar kosong. Apalagi jika Anda pergi berlibur di akhir pekan atau high season yang berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Isle of Oar

Fasilitas Pulau Oar SerangKredit gambar: Google Maps Aditya Budiman

Pulau yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa ini memudahkan wisatawan karena bisa memilih untuk parkir di area rumah warga. Harga tetap tidak mahal, Anda bahkan dapat memberikan biaya parkir yang tulus. Sewa alat snorkling tersedia dengan harga yang terjangkau, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Selain itu, terdapat gubuk untuk beristirahat sejenak atau bermalam.

Setiap wisata harus menyediakan toilet yang memadai karena dapat digunakan untuk mandi atau bersih-bersih, setelah bermain air di pantai. Hal yang paling menakjubkan tentu saja keindahan alam, sehingga manusia bisa lebih dekat dengan alam. Contohnya adalah bermalam di gubuk atau tenda. Keduanya bisa membawa bekal dan makan bersama di kawasan wisata agar lebih dekat dengan orang tersayang.

Berlibur bersama keluarga memang menyenangkan, apalagi jika mengunjungi tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Pulau Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi yang patut dikunjungi karena masih asri dan belum berpenghuni. Fasilitas yang tersedia adalah pondok pengunjung dan persewaan snorkeling. Yang paling penting dan penting untuk diingat adalah setiap wisatawan harus menjaga kebersihan agar destinasi wisata ini tetap asri.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button