Tiket TEPUS VALLEY Bogor dan Pesona Air Terjun Berjenjang - WisataHits
wisatahits

Tiket TEPUS VALLEY Bogor dan Pesona Air Terjun Berjenjang

Harga tiket masuk Lembah Tepus : Rp 10.000 hingga Rp 30.000 Jam buka : 07:00 – 17:00 WIBNo. Telepon : 085883771927 Alamat : Jl.Cigamea Curug, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Lembah Tepus merupakan tempat wisata berupa sungai berundak dan air terjun di Bogor. Lokasinya masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Air terjun yang mengalir deras dengan air biru jernih menjadi daya tarik tersendiri. Dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, Lembah Tepus sangat cocok untuk menjadi “pelarian” akhir pekan singkat.

Tiket masuk Lembah Tepus

Wisatawan akan dikenakan dua jenis tiket masuk untuk mengunjungi Lembah Tepus. Pertama adalah tiket masuk reguler dan yang kedua adalah tiket masuk bumi perkemahan. Sedangkan tiket sudah termasuk asuransi.

Biaya masuk
Tiket masuk kunjungan Rp 10.000
Tiket masuk camping + visit Rp30.000

Baca: Tiket Masuk CURUG PANGERAN dan Aktivitas Wisata di Bogor

Jam buka

Lembah Tepus buka setiap hari untuk wisatawan umum. Pengunjung bisa datang di pagi hari. Tidak ada penginapan atau tempat berkemah di sekitar air terjun. Dengan demikian, pengunjung hanya bisa menikmati wisata di sini hingga malam hari.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 17.00
Berkemah 24 jam

Baca: Harga Tiket Masuk CIMORY Dairyland Peak dan 5 Wahana Seru

Wisata Sungai dan Air Terjun Lembah Tepus

Lembah Tepus, destinasi wisata alam di BogorDestinasi wisata alam berupa sungai dan air terjun alami dengan air yang jernih – Foto: Google Maps/Abdul Hamid

Jalan-jalan ke Bogor tidak akan pernah membosankan. Daerah ini selalu memiliki sesuatu yang baru untuk ditawarkan. Potensi alamnya selalu menjadi favorit, terutama bagi warga kota terdekat. Salah satu keindahan alam yang akhir-akhir ini semakin populer adalah Lembah Tepus.

Lembah Tepus adalah sungai di dalam hutan dengan air terjun alami. Karena posisinya yang berada di lembah, air terjun ini secara alami membentuk beberapa tingkatan. Lokasinya berada di dalam hutan yang masih terjaga kelestariannya.

Kondisi ini menjadikan kawasan wisata ini sebagai primadona wisata baru TNGHS. Airnya yang biru dan jernih membuat semua orang terpesona. Apalagi lokasinya dekat dengan ibu kota Jakarta. Bagi yang mencari suasana alam untuk akhir pekan, Lembah Tepus menjadi tempat rekreasi.

Baca Juga : Tiket Masuk KURUG KONDANG GSE dan Ragam Pesonanya

melakukan perjalanan Pendek

Jalan menuju air terjunJalur yang harus anda tempuh untuk menuju lokasi air terjun. Cocok untuk penggemar trekking – Foto: Google Maps/Yermia Tangguh

Saat memasuki kawasan wisata, pengunjung akan menemukan tempat parkir yang cukup luas. Ada berbagai stand dan kios di sini. Sebelum masuk, pengunjung dapat membeli perlengkapan yang diperlukan.

Setelah melewati loket, wisatawan harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun. Waktu tempuh kurang lebih 10 menit. Namun pelan-pelan saja karena jalur yang Anda ambil tidak se-ekstrim pintu masuk kawasan wisata ini. Jalan ini juga berbunga-bunga seperti taman di tengah hutan.

Baca Juga : 29 TEMPAT WISATA DI BOGOR Paling Spektakuler

Jalur yang tersedia tertata rapi dan memiliki pagar pengaman. Sedangkan garis luarnya cukup landai dengan permukaan berbatu. Anak-anak dan orang tua bisa melakukannya melakukan perjalanan nyaman di sini. Sepanjang jalan, bunga-bunga indah dan hutan indah di kanan kiri akan memanjakan mata Anda.

Sebelum mencapai lokasi air terjun, terdapat mushola. Tak jauh dari sini ada deretan toilet dan kamar mandi. Fasilitas ini tidak ada di sekitar area air terjun. Jadi wisatawan yang ingin beribadah bisa mampir dulu ke sini.

Atraksi terdekat: tiket masuk, aktivitas dan wisata CURUG CIGAMEA

Wisata alam yang instagrammable

Aliran air terjun dengan kolam yang bersih dan jernihAliran sungai yang jernih – Foto: Google Maps/Rizky Oktavian

Sebelum sampai di air terjun, wisatawan akan melintasi jembatan bambu sederhana. Jembatan ini melintasi sungai utama Lembah Tepus. Kemudian, dari jembatan ini pengunjung bisa melihat pemandangan air terjun berundak.

Daya tarik utama objek wisata ini adalah sungai dengan air terjun dan kolamnya. Aliran alami sungai ini dipenuhi bebatuan berukuran kecil hingga sangat besar. Di antara bebatuan ini, ada aliran kaskade.

Di sudut yang berbeda, pengunjung dapat menemukan kolam dengan ukuran berbeda. Ada kolam sedalam 1 meter hingga 4 meter. Yang paling menarik perhatian tentu saja kualitas airnya. Air dari mata air pegunungan ini terlihat biru dan sangat jernih.

Baca Juga: Tiket Masuk Cisarua SAFARI PARK dan Top 7 Atraksi

Kolam renang alami yang jernih

Bersantai dan nikmati kolam alami Lembah TepusWisatawan menikmati sejuknya air kolam alami di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Gusti

Kejernihan air di Lembah Tepus mengajak Anda untuk menyelam. Dengan mata telanjang, Anda bisa melihat dasar kolam dan sungai. Selain itu, air dingin akan menyegarkan tubuh. Wisatawan bisa berenang di kolam-kolam yang tersedia.

Untuk anak-anak, disarankan bermain di kolam dengan kedalaman 1 meter. Ada persewaan pelampung bagi yang ingin bermain di kolam yang lebih dalam. Petugas jaga akan terus memantau keselamatan dan keamanan pengunjung di sekitar air terjun.

Di sekitar sungai terdapat warung dan sejumlah tempat berlindung. Tempat berlindung karena tempat peristirahatan ini memiliki desain yang cukup unik. Posisinya agak “melayang” dan menggunakan kombinasi kayu dan tali. Talinya terbuat dari jaring yang bisa menjadi tempat bersantai para wisatawan.

Baca juga: Tiket Masuk dan Kegiatan PANORAMA HILL Gunung Salak Endah

Pemasangan Lembah Tepus

Lembah Tepus memiliki tempat parkir yang cukup luas. Bilik atau kios dapat ditemukan di tempat parkir dan di sekitar air terjun. Mushola, toilet, dan ruang ganti berada beberapa meter sebelum lokasi air terjun. Tersedia juga banyak gazebo dan saung untuk beristirahat.

Baca: Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Jam Buka dan Kawasan Wisata

Lokasi Lembah Tepus

Lembah Tepus merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tepatnya di Kampung Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Pintu masuknya ada di sebelah Villa Kita di Jalan Gunung Picung.

Medan bebatuan yang menanjak

Lembah Tepus terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata alam. Terutama karena hutan alam dan banyaknya air terjun di sana. Makanya, keberadaan Lembah Tepus menambah panjang daftar pilihan air terjun di sini.

Tidak ada angkutan umum yang melewati kawasan ini. Wisatawan harus bersiap menggunakan kendaraan pribadi. Alasannya, medannya akan cukup sulit. Meski tidak terlalu lama, hal itu bisa berdampak buruk pada kondisi kendaraan.

Untuk mengunjunginya, wisatawan harus sedikit berkutat dengan akses jalan yang terbatas. Jalanan yang menanjak dan berbatu akan bersahabat selama perjalanan. Selain itu, lebar jalan hanya cocok untuk satu mobil. Sungguh jalan yang cukup menguji ketahanan kendaraan, sepeda motor dan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button