Pulau Sanguang Serang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Sanguang Serang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Cikoneng, Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Tidak hanya Pulau Dewata, di Indonesia sendiri terdapat berbagai destinasi wisata yang menawarkan pemandangan indah dan eksotis. Misalnya, pulau di wilayah Serang disebut Pulau Sangiong. Anda dapat menemukan pemandangan yang menakjubkan ketika Anda mengunjungi pulau ini. Lalu apa saja atraksi dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Atraksi Pulau Sanguang

Atraksi Pulau SanguangKredit gambar: Google Maps Aaron Lindrio

Dapat diketahui sebelumnya bahwa setiap destinasi wisata tentunya memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Hal ini juga dapat ditemukan di pulau eksotis di kawasan Serang, Banten. Dengan mengunjungi pulau sejuta pesona ini, Anda bisa menemukan pantai pasir putih yang menawan. Tak hanya itu, di area yang sama juga terdapat hutan yang membuat merinding mata siapapun yang melihatnya.

Keunggulan lain dari Pulau Sangiang adalah alamnya yang masih terjaga dan terjaga. Hal ini terlihat dari rimbunnya vegetasi hutan di pulau tersebut. Keadaan ini pula yang membuat Pulau Sangiang mendapat julukan Tujuh Keajaiban Banten. Dengan banyaknya objek wisata, pulau ini juga mampu menarik wisatawan untuk datang dan mengunjunginya.

Tidak hanya beberapa pantainya saja, di pulau ini juga terdapat beragam tumbuhan khas yang bisa Anda temui. Misalnya waru laut, api api, cemara laut, dadap laut, ketapang bayur, nyamplung, dan juga walikukum. Pulau Sangiong sendiri juga merupakan taman wisata bahari dengan berbagai atraksi. Hal inilah yang juga membuat pulau di Provinsi Banten ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Sangiang

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau SangiangKredit gambar: Penawisata.com

Dapat diketahui sebelumnya bahwa alamat Pulau Sangiang terletak di Serang, Banten. Julukannya sebagai Tujuh Keajaiban Banten juga membuat pulau ini terkenal di daerah. Untuk menuju pulau ini juga bisa menggunakan kendaraan umum jika berangkat dari Jakarta. Baru setelah itu, setibanya di pelabuhan, pengunjung akan berganti kendaraan untuk berwisata ke pulau tersebut.

Waktu yang dibutuhkan untuk melintasi pulau cantik ini kurang lebih 1 jam. Biasanya kapal yang digunakan untuk menuju Pulau Sangiang hanya membawa 15 orang. Sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan perairan Selat Sunda. Namun tentu saja laut di selat ini juga memiliki ombak yang besar. Jadi beberapa antisipasi layak dilakukan sebelumnya.

Antisipasi artinya minum obat anti mabuk yang banyak dijumpai saat ini. Rute ini seharusnya membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan. Begitu Anda tiba di Pulau Sangiong, rasa lelah perjalanan juga bisa terobati. Berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan di salah satu pulau indah di Indonesia ini.

Biaya perjalanan ke Pulau Sanguang

Biaya perjalanan ke Pulau SanguangKredit gambar: Ksmtour.com

Pada umumnya harga tiket masuk tempat wisata akan berbeda pada hari biasa dan akhir pekan. Namun, ini akan berbeda dengan harga tiket di Pulau Serang. Pada hari kerja dan akhir pekan, harga tiket yang sama akan diterapkan. Harga tiket masuk ke pulau ini sendiri adalah 100.000 rupee untuk hari biasa dan hari libur.

Namun, sebelum mengunjungi pulau ini, Anda harus menghubungi call center pengelola pulau. Hal ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai harga tiket yang ada. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa harga tiket masuk yang ada juga dapat berubah dengan berbagai faktor yang ada. Jam kerja Pulau Sangiang adalah 24 jam dihitung dari zona waktu wilayah tersebut.

Kegiatan menarik di Pulau Sanguang

Aktivitas di Pulau SanguangKredit gambar: Google Maps Desfryadi

Trekking adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi pulau ini. Di sana Anda bisa melakukan aktivitas trekking di perbukitan di sekitar pantai. Begitu sampai di puncak bukit, pemandangan indah perairan di sekitar pulau siap menyambut Anda. Tentu saja jalur yang harus Anda lalui juga sudah ditata agar bisa digunakan oleh wisatawan yang datang berkunjung.

Aktivitas lain yang tak kalah menarik untuk dilakukan di pulau cantik ini adalah snorkeling. Dapat dilihat bahwa Pulau Sangiang merupakan destinasi wisata bahari dengan segudang surga dunia. Saat melakukan aktivitas snorkeling ini, Anda bisa melihat berbagai terumbu karang yang indah di dasar laut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan berbagai jenis ikan di sana.

Hal lain yang tak kalah menarik bagi Anda saat berwisata ke Pulau Serang yang indah ini adalah snorkeling. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi sambil snorkeling. Misalnya kontainer dan kapal yang tenggelam di perairan yang ada. Namun, untuk menjaga ekosistem di kawasan tersebut, sebaiknya usahakan untuk tidak menggunakan tabir surya atau sunblock saat melakukan aktivitas tersebut.

Tidak hanya wisata bahari, di pulau yang menawarkan pemandangan eksotis ini, Anda juga bisa melakukan wisata sejarah. Di pulau ini sendiri terdapat peninggalan zaman dahulu berupa benteng pertahanan tentara Jepang. Benteng ini sendiri juga menjadi saksi bisu Perang Dunia II, namun untuk dapat mengunjungi peninggalan sejarah ini, diperlukan izin khusus dari POS Angkatan Laut terkait.

Akomodasi di Pulau Sanguang

Akomodasi di Pulau SanguangKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

Dengan daya tarik yang dimiliki Pulau Sangiang ini tentunya menarik banyak wisatawan untuk datang dan berkunjung. Namun sebelum sampai di lokasi pulau, ada baiknya mengetahui masalah akomodasi. Dibandingkan dengan pulau wisata lainnya, akomodasi di Pulau Sangiang masih sangat minim.

Dari situasi ini, banyak pengunjung yang datang lebih memilih untuk menginap di kawasan Anyer. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di Pulau Sangiong ini. Anda bisa menyewa rumah warga untuk dijadikan homestay. Anda pasti akan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dengan cara ini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lebih dekat dengan masyarakat sekitar.

Namun Anda juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia di penginapan. Biasanya setiap homestay ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas tambahan berupa AC. Di sebuah homestay Anda biasanya akan memiliki 2 kamar tidur besar. Setiap kamar akan memiliki kapasitas 15 orang.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sgiang

Fasilitas Pulau SgiangKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

Tidak hanya tergolong pulau yang berpenduduk sedikit, Pulau Sangiong sendiri masih kental dengan adat istiadat yang dipegang teguh oleh masyarakatnya. Dengan jumlah penduduk yang minim, jumlah rumah di pulau ini juga cukup sedikit. Tata letak rumah yang ada juga akan saling berjauhan.

Biasanya setiap rumah warga akan dipisahkan oleh rerimbunan semak dan pepohonan hutan. Jika Anda ingin tinggal dengan penduduk setempat dalam bentuk rumah penduduk, Anda juga dapat mencatat bahwa umumnya kamar mandi akan terletak di luar. Anda bisa menggunakan kamar mandi secara bergantian dengan pengunjung atau wisatawan lain.

Meski berada di luar kamar, kebersihan fasilitas berupa kamar mandi juga cukup bersih. Air yang digunakan untuk kebutuhan kamar mandi juga tersedia melimpah di pulau ini. Anda juga tidak perlu khawatir dengan masalah fasilitas berupa listrik di sana. Pulau Sangiang dialiri listrik, meski hanya pada sore dan malam hari.

Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, Pulau Sangiang juga menawarkan pesona bawah laut seperti surga dunia. Karena masih terawat dengan baik, Anda bisa menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan di sana. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini, mulai dari trekking di perbukitan pantai hingga mengunjungi benteng-benteng tua peninggalan Perang Dunia Kedua.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button