Pulau Mandeh Pesisir Selatan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Mandeh Pesisir Selatan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, kegiatan liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Pulau Mandeh merupakan salah satu destinasi wisata bahari populer di pesisir selatan barat Sumatera yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dari laut.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pantai Selatan, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Mandeh, sebuah destinasi wisata yang terletak di pesisir selatan Sumatera Barat. Tempat ini memiliki luas sekitar 18.000 hektar dengan 3 kecamatan dan 7 desa. Wilayah ini merupakan perpaduan antara perbukitan yang indah dan teluk yang menawan.

Disebut Raja Ampat Sumatera, tempat ini juga memiliki banyak destinasi yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih tempat liburan. Tak kalah dengan wisata di pulau dewata, Pulau Mandeh juga memiliki banyak tempat untuk dikunjungi.

Pulau Iblis, Pulau Taraju, Pulau Marak, Kapo-Kapo, hingga Pulau Sironjong dan Cubadak, di sini Anda akan menemukan banyak tempat wisata. Setiap tempat memiliki keindahan yang unik, seperti Cubadak dengan kekayaan alam bawah lautnya dan Pulau Marak yang dihadirkan sebagai Raja Ampat kedua.

Atraksi Pulau Mandeh

Atraksi Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Eva Mery

1. Pesona yang terlihat dari puncak Mandeh

Destinasi ini cukup terkenal antara lain. Di Puncak Mandeh, Anda bisa melihat indahnya pemandangan Teluk Carocok Tarusan dari atas. Tempat ini juga akan menunjukkan kepada Anda betapa menakjubkannya kawasan ini, yang dipenuhi perbukitan dan pantai.

Tak kalah dengan situs lainnya, pemandangan matahari terbenam juga sangat indah di sini. Rona jingga di langit akan cocok dengan suasana sejuk yang Anda dapatkan di Puncak Mandeh.

2. Kunjungi Raja Ampat Sumatera

Paradise Island adalah julukan lain untuk pulau ini. Keindahan yang sangat menawan ini bisa memanjakan mata Anda sejenak. Di sini Anda bisa menikmati destinasi alam bawah laut yang sangat direkomendasikan oleh banyak wisatawan. Pulau Cubadak merupakan salah satu dari sekian banyak pulau di Sumatera yang masih asri dan sejuk, jauh dari polusi.

Bisa dikatakan pepohonan di Pulau Cubadak banyak dan lebat, sehingga udara di sini segar dan bisa membuat Anda rileks jika berada di sini. Pasir putihnya yang bersih dan airnya yang segar bisa membuat Anda betah.

Salah satu yang unik di sini adalah hostel Cubadak Island menerapkan tema tradisional pada bangunan hostel mereka. Tema ini tentu menggugah minat pengunjung untuk mencoba bagaimana rasanya tidur di bangunan tradisional seperti dulu.

Jangan lupakan Air Terjun Gemuruh yang juga ada di Pulau Cubadak. Terletak di Sungai Gemuruh yang memakan waktu 15 menit dari hutan bakau, Anda harus menyusuri sungai dengan perahu. Anda bisa menikmati ketenangan yang merajai saat melewati jalur hijau mangrove.

Air terjun ini mengalir indah dari atas bukit dengan indah. Anda dapat membilasnya jika Anda baru saja memercikkan air di tempat tujuan sebelumnya. Wisata ini juga direkomendasikan karena airnya yang jernih dan keindahannya yang masih alami, cocok untuk Anda yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kota.

3. Pulau Iblis

Tempat Wisata di Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Agus Budiono

Meski nama pulau ini menyeramkan, namun keindahan tempat tersebut jauh dari namanya. Nama asli pulau ini adalah Pulau Sultan, namun salah pengucapan orang pada zaman dahulu menamakannya seperti sekarang ini.

Pulau Iblis berada di sisi timur Pulau Pasumpahan dan di sisi barat Sungai Pisang. Anda dapat melakukan wisata laut dengan biaya 20.000 per orang dari kapal yang berlabuh di Tempat Pelelangan Ikan Carocok Tarusan. Pulau ini terkenal tidak berpenghuni, sehingga keindahan alamnya selalu alami dan menyejukkan.

Pasir putihnya yang lembut dan airnya yang biru jernih sangat indah. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi hutan di pulau ini.

4. Pulau Sironjong

Sironjong Gadang adalah sebuah pulau kecil yang memiliki pemandangan yang indah. Salah satunya adalah pesona bawah lautnya. Anda bisa berenang, snorkeling dan lainnya di pulau ini. Populasi karang merah di sini sangat banyak, jadi berhati-hatilah saat berenang, jangan sampai aktivitas Anda merusak terumbu karang di sini.

Menambah pesona Pulau Sironjong Gadang, ada juga Sironjong Ketek yang bisa Anda tempuh hanya beberapa menit dari Sironjong Gadang. Seperti sebelumnya, di sini ada pulau dengan pasir putih yang indah dan pemandangan air laut yang jernih.

Salah satu yang menarik di sini adalah Anda bisa melakukan Cliff Jump di sini. Dari ketinggian 15 meter anda sudah bisa melompat dan menceburkan diri ke laut, perasaan yang memacu adrenalin akan membuat anda ketagihan untuk melompat lagi dan lagi dari atas tebing ini.

Alamat dan rute menuju tempat wisata pulau mandeh

Alamat Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Eva Mery

Pulau Mandeh sendiri adalah nama pulau yang ada di pesisir selatan Sumatera Barat. Berlokasi di Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Anda bisa memilih untuk melakukan perjalanan melalui jalur laut atau darat.

Jika Anda ingin menempuh jalur darat dan memulai perjalanan dari pusat kota Padang, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai Mandeh dengan jarak 67,5 kilometer. Setelah itu, Anda tinggal menyebrang dari satu pulau ke pulau lainnya menggunakan perahu sewaan.

Sedangkan jika ingin menggunakan jalur laut bisa berangkat dari Pelabuhan Teluk Bayur atau Pelabuhan Muaro Padang langsung menuju Pulau Mandeh. Dengan panjang dan jarak perjalanan yang kurang lebih sama dengan jalur darat, Anda bisa mencoba sensasi berbeda dengan menggunakan dua jalur untuk menuju pulau tersebut.

Biaya Perjalanan ke Pulau Mandeh, Pantai Selatan

Biaya Perjalanan ke Pulau Mandeh, Pantai SelatanKredit gambar: Google Maps Marwan Ione

Biaya untuk bisa sampai ke Pulau Mandeh bisa dibilang tidak murah karena Anda akan menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya untuk bisa mengunjungi destinasi liburan di sana. Jika Anda bepergian sendiri dan tidak memiliki keterampilan menawar, biayanya akan lebih tinggi.

Sebagai permulaan, Anda yang memulai perjalanan dari bandara dapat memilih menggunakan taksi atau bus damri untuk mencapai Mandeh. Jika Anda menggunakan taksi, Anda bisa langsung menuju ke lokasi dengan biaya sekitar 100.000 rupee.

Namun jika ingin lebih berhemat dan menikmati perjalanan, Anda bisa menggunakan bus Damri dan hanya membayar Rp25.000 ke kota Padang. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke pasar Tarusan kemudian menggunakan becak bermotor menuju Pelabuhan Cacorok di Sumatera Barat.

Biaya yang Anda keluarkan saat melewati jalur darat hanya sekitar Rp 100.000. Selain itu, Anda dapat memilih untuk menggunakan jalur laut, naik speedboat ke Corocok Painan. Anda akan menghabiskan sekitar 300.000 rupee untuk pergi ke sana sendirian.

Begitu sampai, Anda juga harus menyeberangi Pulau Mandeh dengan perahu lain, baik dengan mengikuti tur yang terorganisir, menyewa perahu atau naik perahu yang lewat.

Jika Anda memilih untuk mengikuti perjalanan terorganisir, Anda hanya perlu menghabiskan Rs 250.000 untuk makan siang dan makanan ringan. Sedangkan dengan menyewa perahu, Anda akan membayar sewa 400 hingga 650 ribu dengan catatan perahu tersebut bisa mengantar Anda ke semua wisata pulau yang ingin Anda kunjungi sepanjang hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Mandeh

Aktivitas menarik di Pulau MandehKredit Gambar: Google Maps virata herma deliza

1. Berenang dan snorkeling di pantai

Pulau Mandeh merupakan tempat yang sangat cocok untuk berlibur menikmati rehat sejenak dari kesibukan. Tempat ini sangat cantik mempesona dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur di sini adalah berenang. Menikmati keindahan dasar laut adalah pilihan yang paling tepat. Seperti keindahan Cubadak dan Pulau Saronjong, Anda bisa berenang dan mengagumi pemandangan bawah laut yang indah.

2. Memancing dan menikmati hasil tangkapannya

Seperti ketika Anda mengunjungi Pulau Saronjong Ketek, Anda juga bisa memancing di beberapa pulau lainnya. Hasil pancing Anda juga bisa dinikmati sendiri dengan cara dibakar atau diubah menjadi makanan lain.

Selain keindahan pemandangan alamnya, kekayaan alam di sini masih sangat terjaga dan terjaga karena belum terlalu banyak wisatawan yang datang ke Pulau Mandeh.

3. Berkemah di alam

Seperti yang Anda ketahui, banyak pulau di sini yang tidak berpenghuni dan jarang dijamah manusia. Hal ini menjadikan kondisi alam yang masih sangat asri dan asri, sangat cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan saat berkemah di sekitar destinasi wisata.

Namun, Anda harus berhati-hati karena hewan liar dapat ditemukan di pulau tempat Anda berkemah. Bawalah kit kesehatan mini dan tetap waspada untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Akomodasi murah dekat Pulau Mandeh

Akomodasi murah dekat Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Marwan Ione

1. Hotel Hana Syariah

Terletak di Jalan Ilyas Yakub No. 25 Painan, Pantai Selatan, Anda bisa menemukan gedung ini berdiri. Di hostel ini, Anda akan mendapatkan keuntungan dari kamar ber-AC, restoran untuk makan, kolam renang yang nyaman, serta wifi gratis. Bagi Anda yang menginginkan tempat menginap yang sejuk, Anda bisa mencoba bermalam di sini karena lokasinya yang dekat dengan perbukitan.

2. Hotel Pantai Cavery

Anda dapat memilih hostel ini jika ingin mencoba sedikit nuansa tradisional. Dengan kamar-kamar ber-AC, TV, dan Wi-Fi gratis, ini adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat setelah perjalanan liburan.

Struktur bangunan yang langsung menghadap ke laut membuat hostel ini memiliki pemandangan yang indah dan menenangkan. Hostel ini terletak di Jalan Padang – Painan Km 21, Pantai Bungus, Teluk Kabung, Padang.

3. Hotel Giszella

Hostel ini terletak di Jalan Raya Padang Painan, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan. Dengan kamar ber-AC, wifi, restoran terdekat dan menu sarapan setiap pagi, Anda bisa memilih tempat ini sebagai tempat istirahat Anda.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pulau Mandeh

Fasilitas Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Arif Krepo

Setiap pulau memiliki fasilitas tersendiri yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Fasilitas utama seperti perahu untuk menyeberang, akomodasi dan tempat makan sudah tersedia di sebagian besar pulau di sini.

Untuk ukuran sebuah destinasi wisata, fasilitas di sini sudah sangat memadai. Beberapa hal seperti persewaan alat snorkeling sudah ada, meski tidak tersedia di semua pulau. Karena destinasi ini belum terlalu ramai, masih ada peluang bagi pengelola untuk mengembangkan fasilitas di sana.

Pulau Mandeh yang terletak di pesisir selatan Sumatera Barat ini penuh dengan keindahan dan keajaiban yang beberapa di antaranya belum banyak diketahui. Masih perlu banyak promosi untuk meningkatkan pengunjung disini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button