Gili Labak Sumenep Jawa Timur - WisataHits
wisatahits

Gili Labak Sumenep Jawa Timur

Di Gili Labak, wisatawan bisa melakukan 5 aktivitas sekaligus, snorkeling, camping, banyak spot foto menarik, boat tour keliling sea wall dan explore semua pantai yang ada di sea wall.

Jam buka: 24 jam
Harga tiket: Gratis
Kontak:
Akomodasi: Homestay dan akomodasi residensial
Alamat: Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Gili Labak Sumenep

Anda mungkin tahu Gili Labak dari media sosial, bukan? ya tempat ini cukup populer akhir-akhir ini. Saking populernya, banyak tour and trip yang menawarkan paket wisata Gili Labak.

[artikel number=3 tag=”wisata-jawa-timur, wisata-air”]

Gili Labak adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Letaknya sekitar 18 km dari Pelabuhan Tanjung dan jika ingin ke Gili hanya bisa menggunakan transportasi sungai. Gili Labak menjadi tujuan populer bagi para pelancong, terutama wisatawan lokal, karena keindahan pantai dan biota lautnya, yaitu karang dan ikan hias.

Meski berada di tengah laut yang cukup jauh dari pulau besar, ternyata di Gili Labak sudah banyak bangunan. Bangunan ini terdiri dari keluarga angkat dan rumah orang-orang yang tinggal di kawasan Gili. Luas Gili Labak hanya sekitar 6 hektar yang dikelilingi oleh pantai pasir putih yang sangat indah.

[quads id=3]

Kondisi tanggul saat ini tidak hanya menjadi tempat tinggal dan tujuan wisata, tetapi juga menjadi dermaga tempat para nelayan bisa singgah untuk sementara waktu. Ombak di pantai Gili Labak cukup tenang, dan di sekitar pemecah gelombang terdapat bebatuan dan gerombolan ikan laut hias seperti ikan Nemo, yang membuat tempat ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan menyelam di apnea.

Itinerary dan lokasi Gili Labak Sumenep

Sayangnya lokasi Gili Labak cukup terpencil dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai lokasi. Jika ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Perak, bahkan bisa memakan waktu 4 jam untuk sampai, tetapi sangat sedikit perahu kecil yang berlayar ke Gili Labak. Untuk menempuh jalur darat, waktu tempuhnya juga hampir sama, sekitar 3 jam melalui Pulau Madura hingga tujuan Kabupaten Sumenep. Dari Sumenep nantinya bisa memilih 2 pelabuhan, namun yang paling sering ditemui wisatawan untuk menuju Gili Labak adalah pelabuhan Tanjung.

Alasan-alasan tersebut membuat sebagian orang memilih destinasi wisata lainnya. Namun bagi Anda yang sangat ingin melihat keindahan Gili Labak, jarak sepertinya tidak akan menjadi penghalang.

Lokasi Gili Labak berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selain itu ada juga destinasi berupa gili yaitu Gili Ketapang yang masih dalam batas wilayah Jawa Timur yaitu Kabupaten Probolinggo.

Biaya transportasi kapal ke Gili Labak

Karena satu-satunya alat transportasi adalah kapal/kendaraan laut, maka Anda perlu mengetahui biaya dan waktu keberangkatan kapal ke Gili Labak. Namun perlu anda ketahui jika tidak ingin repot anda bisa menyewa travel agent dengan memilih paket wisata ke Gili Labak, harga setiap tour mulai dari 250.000 sampai jutaan, tergantung itinerary tour yang diinginkan.

Kalau mau murah cukup sewa perahu berbayar, yaitu 350 untuk mengangkut 10 orang, harganya juga bisa dinegosiasikan atau bisa naik, tergantung pemiliknya.

Jika ingin pergi bersama nelayan, waktu keberangkatan pukul 05:30 WIB dan kembali ke Pulau Madura pada pukul 16:00 WIB.

Akomodasi di Gili Labak

Jika tidak ingin langsung pulang, Anda bisa bermalam di Gili Labak. Menginap di sini tidak hanya harus di homestay atau penginapan bagi warga sekitar, tetapi Anda juga bisa mendirikan tenda kemah di pinggir pantai.

Namun jika Anda merasa liburan Anda lebih tenang, Anda bisa menyewa homestay dengan harga sewa Rp 500.000/malam atau akomodasi lebih murah untuk penghuni Rp 300.000/malam dengan 3 kamar tidur.

Galeri foto kegiatan Gili Labak

Keindahan Gili Labak sepertinya belum lengkap jika diceritakan hanya melalui tulisan. Gambar-gambar berikut adalah milik wisatawan yang pernah mengunjungi Gili Labak.

Gili Labak Tidak pernah sepi pengunjung, meski lokasinya cukup terpencil, hal ini menandakan bahwa Gili Labak memiliki daya tarik yang kuat bagi pecinta wisata alam di pesisir dan Gili.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button