Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendorong pengembangan sektor pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendorong pengembangan sektor pariwisata

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendorong pengembangan sektor pariwisata

Sidoarjo (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di Jawa Timur terus mendorong pengembangan sektor pariwisata karena dapat memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi.

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi di Sidoarjo, Minggu mengatakan, pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek.

“Terkait ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir sektor pariwisata telah memberikan kontribusi terhadap PDB baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi,” ujarnya saat peresmian destinasi wisata bantaran sungai sekaligus peresmian Kafe Kalitekung di Desa Tambak Cemandi, Sedati. Kecamatan Sidoarjo.

Dikatakannya, sektor pariwisata dapat membuka peluang bisnis jasa, baik secara langsung maupun tidak langsung, serta menciptakan banyak lapangan kerja. Sehingga hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa Tambak Cemandi dan sekitarnya.

“Program desa wisata tidak lepas dari program Presiden RI Joko Widodo. Wisata desa menjadi salah satu prioritas presiden, khususnya tahun 2023. Warga diimbau berwisata ke desa-desa, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.

Karena itu, ia mengajak semua elemen untuk membantu proses pengembangan pariwisata, termasuk karang taruna.

“Perlu dikembangkan secara berkelanjutan, tidak berhenti sampai di situ, potensi lingkungan masih alami. Di sini banyak sekali jenis satwa dan burung yang bisa dijadikan jalur edukasi untuk anak-anak,” ujarnya.

Usai peresmian Kafe Kalitekung, ia bersama para pemangku kepentingan setempat berkesempatan menyusuri sungai yang rindang dengan pohon bakau yang berjejer di tepian sungai.

“Melihat destinasi wisata di sepanjang sungai ini sangat besar menurut saya. Kondisi alamnya masih alami, sangat cocok sebagai wisata keluarga di tengah hiruk pikuk,” ujarnya.

Perahu berkapasitas 12 penumpang ini merupakan sarana transportasi menyusuri sungai. Kedua perahu berwarna putih tersebut merupakan BUMDes Desa Tambak Cemandi.

Kepala Desa Tambak Cemandi Khoirudin berharap dengan adanya wisata tepi sungai ini dapat meningkatkan kesadaran Desa Tambak Cemandi di masyarakat luas. Selain itu, wisata ini bisa menjadi ikon desa Tambak Cemandi.

“Dengan adanya wisata menyusuri sungai dan kafe Kalitekung ini, semoga masyarakat desa Tambak Cemandi semakin sejahtera dan sejahtera kedepannya,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button