Tiket dan Aktivitas CURUG SAWER - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CURUG SAWER

Tiket dan Aktivitas CURUG SAWER

Harga tiket masuk Curug Sawer: Rp 16.000- Rp 18.500. Jam buka: 07:00 – 16:00 WIB. Nomor telepon: -. Alamat: Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43153.

Jawa Barat bisa dibilang juara wisata alam. Dari gunung, danau, wisata taman dan tentunya air terjun, ada disini. Air terjun ini cukup menarik karena keindahannya Air Terjun Sawer di Sukabumi.

Curug Sawer sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya itu, beberapa saluran TV juga meliput Curug Sawer. Dengan itu tentunya keindahan Curug Sawer Sukabumi sudah tidak diragukan lagi.

Harga Tiket Masuk Curug Sawer Sukabumi

Untuk masuk ke objek wisata ini cukup murah. Pengunjung akan melihat pemandangan Curug Sawer yang indah dan asri. Selain itu, adrenalin akan terpacu saat melintasi jembatan gantung Situ Gunung.

Biaya masuk
Tiket masuk pada hari kerja Rp 16.000
Tiket masuk akhir pekan Rp 18.500

Baca: Curug Cikaso dan Tiket Masuk Pesona Alam

*Pengunjung yang ingin datang ke Curug Sawer tanpa melewati jembatan gantung hanya dikenakan tiket Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jam operasional

Objek wisata ini menerapkan waktu kunjungan bagi wisatawan. Karena tidak mungkin juga jika wisatawan datang pada malam hari.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Nikmati keindahan alam Curug Sawer

Kolam renang di bawah air terjunKolam renang di bawah air terjun. Foto: Gmap/Surman Man

Air terjun yang jernih jatuh dari bebatuan ke dalam kolam. Udara segar akan langsung menyapa pengunjung saat menginjakkan kaki di kawasan air terjun. Daerah yang basah dan lembab di sekitarnya menambah suasana yang lebih alami.

Curug Sawer sendiri memiliki ketinggian hingga 35 meter. Aliran air turun dengan sangat cepat. Air terjun ini berada di sisi tebing batu yang sangat tinggi. Dimana pada sisi tebingnya ditumbuhi tanaman yang lebat dan semak belukar yang menjadikannya indah.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Santasea Water Park

Di bawahnya terdapat sebuah kolam dengan air yang begitu jernih. Di sisi kolam terdapat banyak tumpukan batu yang basah kuyup karena cipratan air terjun. Sedikit pengunjung yang mandi karena derasnya air terjun.

Suasana hutan dan alam yang rimbun

area pemandangan jembatan air terjunArea jembatan yang membelah sungai ini sering dijadikan spot foto bagi wisatawan yang datang ke air terjun. Foto: Google Maps/Pengguna Samsung

Air Terjun Sawer termasuk dalam kawasan pegunungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Menuju air terjun, pengunjung harus masuk melalui pintu masuk Situ Gunung Resort Balai Besar TNGGP. Dari situ, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1,2 kilometer untuk sampai ke air terjun.

Jalan-jalan telah dibuat sangat memadai dan mudah untuk dilintasi. Wisatawan bisa menempuh jalur bebatuan yang nyaman. Apalagi, ada juga jasa guide yang siap mengantar wisatawan ke air terjun.

Baca: Tiket Masuk GEOPARK CILETUH & Pesona Alam

Banyak pengunjung mengambil foto dengan air terjun di latar belakang. Di dekat air terjun terdapat jembatan yang bisa dijadikan spot foto. Jembatan ini berada tidak jauh dari air terjun, dimana air terjun akan terlihat jelas dari sini. Jika berfoto di area bebatuan, pengunjung harus bersiap-siap basah kuyup karena cipratan air dari air terjun.

Seberangi Jembatan Gantung Gunung Fenomenal

Curug Sawer SukabumiCurug Sawer Sukabumi. Foto: Gmap/reza tisa

Dalam perjalanan menuju air terjun, pengunjung harus melewati Jembatan Gantung Situ Gunung. Jembatan ini diperkirakan akan menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia. Memiliki panjang 243 meter dan lebar 18 meter, melintasi jurang dengan ketinggian 161 meter dari permukaan tanah. Dimana pijakan jembatan menggunakan kayu ulin padat dari Papua.

Pengunjung tidak perlu khawatir, karena jembatan ini dibuat sangat kuat. Jembatan ini juga dilengkapi jaring logam dengan dimensi 4 mm dengan tinggi 120 meter di kedua sisinya. Tentu sangat kuat dan sangat kuat, bahkan pengunjung bisa bergelantungan di kawat saat melintas. Sambil mengamati pepohonan di bawahnya yang lebat dan tinggi, mencapai 20-30 meter.

Pembangunan jembatan ini diperkirakan mampu menampung beban hingga 55 ton atau sekitar 150 orang. Dan diperkirakan bisa menampung 60 orang sekaligus. Namun kenyataannya, jembatan gantung ini hanya mampu menampung 40 orang sekaligus. Hal ini untuk mencegah hal-hal buruk terjadi dan untuk keselamatan pengunjung.

Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung

Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ GunungWisatawan akan melewati Jembatan Gantung Situ Gunung untuk menuju air terjun ini. Foto: Google Maps/Tamtomo Daniswara

Setelah berhasil melewati Jembatan Gantung Situ Gunung, pengunjung tidak langsung menjumpai air terjun. Pengunjung harus melewati tangga batu dengan jarak kurang lebih 1 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk menaiki tangga sekitar 30 menit.

Medan yang akan dipinjam berupa undakan batu naik turun. Plus, jembatan bambu buatan yang harus Anda injak dengan hati-hati. Terkadang jalan yang dilalui cukup licin karena tergenang air. Oleh karena itu, pengunjung disarankan untuk memakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

Perkemahan

Bumi Perkemahan Curug SawerBumi Perkemahan Curug Sawer. Foto: Gmap/Erlyen Emanuella

Wisata Curug Sawer tidak hanya menawarkan wisata air terjun. Juga bukan hanya wisata melalui jembatan gantung. Pengunjung juga bisa berkemah dengan mendirikan tenda di area lahan yang telah disediakan.

Pengelola Curug Sawer memberikan 5 poin untuk area camping. Dimana kapasitas kawasan ini mampu menampung sekitar 1.000 orang di setiap titiknya.

Untuk menggunakan area camping, pengunjung tidak perlu lagi membayar. Karena sudah termasuk dengan tiket masuk yang sudah dibayar.

Pabrik Gergaji Air Terjun Sukabumi

Tempat wisata ini telah menyediakan fasilitas yang sangat memadai dan memudahkan para pengunjung. Ada toilet bersih yang tersedia di sini. Selain itu, banyak pedagang yang menjual makanan, minuman, dan suvenir. Juga, layanan panduan yang mungkin ditemui pengunjung di kawasan wisata.

Lokasi Curug Sawer Sukabumi

Obyek wisata ini terletak di Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari Kota Sukabumi, lokasi wisata ini berjarak sekitar 17 kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu setengah jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button