Keindahan Air Terjun Nangka di kaki Gunung Salak, Bogor - WisataHits
wisatahits

Keindahan Air Terjun Nangka di kaki Gunung Salak, Bogor

Salah satu air terjun Bogor yang masih eksotis dengan akses jalan yang menantang adrenalin.

Jam buka: 06.30-19.00 WIB
Tiket masuk: Rp 115,000.00
Nomor telepon: 0858 8820 8799
Aktivitas: Melihat pemandangan, melemah, bermain air, berfoto
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, baju ganti, baju hangat, perlengkapan mandi, makanan dan minuman
Larangan: Jangan berdiri langsung di bawah air terjun, jangan berlari di bebatuan
Alamat: Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat
Fasilitas umum: Parkir mobil, Viewpoint, Toilet, Ruang informasi, Food stand, Tempat sampah
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Bepergian seperti kebutuhan tubuh saat tubuh lelah dari rutinitas sehari-hari. Dengan berwisata ke tempat yang memiliki udara segar dengan pemandangan hijau dan air yang jernih, Anda akan menyegarkan kembali tubuh Anda. Di mana kondisi seperti itu dapat ditemukan?

Bogor adalah kota yang terletak di Jawa Barat. Kota ini memiliki udara yang segar dan masih banyak pemandangan hijau yang bisa kita jumpai. Bogor juga memiliki potensi wisata alam yang cocok untuk Anda. Di kota ini, Anda dapat menemukan banyak air terjun dengan udara segar dan pemandangan yang menenangkan.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda jadikan destinasi karena memiliki pemandangan alam yang indah. Seperti apa keseruan traveling ke sini, sebelum mengunjunginya cek dulu artikel di bawah ini.

Sekilas tentang Air Terjun Nangka

Curug Nangka merupakan salah satu air terjun milik kota Bogor yang wajib anda kunjungi. Selain memiliki udara sejuk khas pegunungan, air terjun ini memiliki 3 air terjun dari ketinggian 10 hingga 25 meter.

Tempat wisata seluas 17 hektar ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1991 oleh Perhutani. Terletak di kawasan Gunung Salak dan berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, memiliki suhu 20 hingga 22 derajat Celcius.

Berkat lokasinya yang dapat diakses dengan kendaraan umum atau pribadi, Anda dapat dengan mudah mengunjungi tempat wisata ini. Anda juga bisa menikmati air terjun ini dengan nyaman.

Alamat

Tempat wisata ini masih sangat alami dan pemandangannya sangat indah.Tempat wisata ini terletak di kota Bogor tepatnya berada di Sukajadi, Tamansari, Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Bagi anda yang dari luar kota atau dalam kota, jika kurang puas atau masih ingin menghabiskan waktu liburan, anda bisa mengunjungi tempat-tempat santet lainnya yang lebih dekat dengan air terjun ini, seperti Pura Parahyangan Agung Taman Sari Gunung Salak, 1.1 km , Kebun Raya Bogor, 10,7 km, atau Istana Bogor, 10,9 km. Beberapa pilihan tempat wisata ini bisa Anda jadikan pilihan saat berkunjung ke air terjun ini.

Jam kerja

Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari mulai pukul 06:30 hingga 19:00 WIB.

Biaya masuk

Menghabiskan liburan di tempat wisata ini menawarkan harga tiket yang berbanding terbalik dengan pemandangan alamnya, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan spot foto yang sangat bagus. Jika Anda mengunjungi tempat ini Anda hanya perlu membayar Rp 15.000/orang.

Baca Juga : Air Terjun Leuwi Hejo Bogor

Daya tarik

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah air terjunnya. Air terjun yang memiliki aliran air yang melimpah dan tidak pernah kering di musim panas, serta airnya yang sangat jernih dan menyegarkan. Beberapa vegetasi yang hidup dan tumbuh di kawasan ini menambah keindahan pemandangan. Selain itu, ada juga sungai kecil yang selalu mengalir dan airnya jernih.

Terkadang, jika matahari masuk dan menyinari air terjun, maka akan tercipta pelangi yang indah. Begitu sampai di air terjun, Anda bisa berenang atau sekadar bermain air basah-basahan. Kedalaman air di bawah air terjun ini tidak dalam, hanya setinggi lutut orang dewasa.

Uniknya sungai kecil ini merupakan satu-satunya jalan menuju air terjun, sungai ini memiliki aliran air yang tenang dan tidak terlalu dalam sehingga mudah untuk diseberangi. Selain itu, jika Anda beruntung, Anda akan menemukan kera liar yang terkadang muncul bergelantungan di pepohonan.

Nah, kalau ketemu monyet liar harus hati-hati, sebisa mungkin jangan muncul kalau bawa makanan. Biasanya, jika salah satu monyet melihat Anda membawa makanan, dia pasti akan mengambilnya dengan paksa.

Sama seperti jika Anda berada di daerah pegunungan, terkadang Anda juga akan mendengar kicauan burung membentuk nuansa alam yang bisa membuat Anda tertidur dan merasa sangat nyaman.

Dengan kontur medan yang terbentuk secara alami, Anda juga bisa menemukan beberapa spot foto yang sangat menarik. Di sini juga ada bumi perkemahan yang bisa kamu gunakan untuk berkemah bersama teman-teman, atau sendiri jika ingin melepas penat setelah seharian bekerja.

Mitos

Di balik pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata, air terjun ini menyuguhkan kisah mistis tersendiri. Oleh karena itu, jika Anda mengunjungi air terjun ini, Anda harus menjaga sopan santun. Mitos air terjun ini dari beberapa sumber mengatakan, jika di sepanjang jalan Anda tidak terpeleset atau jatuh, itu pertanda baik, karena Anda diterima.

Namun jika dalam perjalanan menuju air terjun Anda terpeleset atau jatuh, bukan berarti itu bukan pertanda baik, hanya saja Anda tidak sempat untuk lebih berhati-hati.

Di air terjun ini juga terdapat batu yang bentuknya seperti anjing, konon menurut kuncen air terjun ini batu tersebut adalah Tumang, dari cerita rakyat merupakan bapak dari Sangkuriang.

Meredakan

Meski letaknya agak ke pedalaman, tempat wisata ini dikelola oleh pemerintah Bogor, jadi ada beberapa fasilitas yang cukup lengkap untuk menambah kenyamanan Anda saat berkunjung ke sini. Beberapa fasilitasnya, seperti:

  • tempat parkir
  • Sudut pandang
  • Toilet / MCK
  • ruang informasi
  • warung makan
  • Tempat sampah

Tentunya jika anda berwisata ke kota Bogor tidak cukup hanya untuk sehari saja, karena masih banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Apalagi jika Anda berasal dari luar kota. Jika Anda ingin bermalam untuk melanjutkan kunjungan Anda keesokan harinya.

Atau Anda hanya ingin menghabiskan malam dengan berlibur, ada beberapa akomodasi yang bisa Anda pilih. Akomodasi ini termasuk Sasaungan Cunang yang berjarak 170 meter, Resort Highlander yang berjarak 1,2 km, atau Villa Disntine yang berjarak 4,1 km.

Jika Anda ingin berwisata kuliner atau sekedar mengisi perut yang lapar, Anda tidak perlu khawatir, karena di dekat tempat wisata ini terdapat banyak restoran yang bisa Anda kunjungi. Restoran-restoran tersebut antara lain Rumah Makan Saung Ba-Ba yang berjarak 1,5 km, Kampoeng Lesehan Waroeng yang berjarak 3 km, atau Rumah Makan Pak Sabar yang berjarak 3,2 km.

Rencana perjalanan

Jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa menggunakan kereta api tujuan Bogor. Kemudian Anda menyeberang ke seberang menggunakan jembatan penyeberangan dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum nomor 03 yang menuju Ciapaus dan turun di pertigaan Cipaus. Waktu tempuh dari stasiun ke Ciapus kurang lebih 50 menit.

Setelah sampai di pertigaan Ciapus, Anda bisa menggunakan angkot biru BFC yang menuju lokasi Curug Nangka dan turun di pertigaan seberang Highland Park Resort. Kemudian anda harus menggunakan angkutan umum lagi yang berwarna hijau menuju Curug Nangka.

Untuk naik angkutan umum dari stasiun kereta api ke Ciapus dikenakan biaya Rp 10.000 – dan dari Highland Park Resort ke Curug Nangka dikenakan biaya Rp 15.000,-.

QnA

Berikut daftar pertanyaan dari warganet terkait objek wisata air terjun di Bogor ini:

Kesimpulan

Curung Nangka memiliki keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang luar biasa. Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, udara yang segar membuat tempat ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Aksesnya cukup mudah dijangkau, sehingga memudahkan Anda untuk mengunjunginya.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button