Pulau Kelor, nikmati keindahan pulau yang sarat akan sejarah di Kepulauan Seribu - WisataHits
wisatahits

Pulau Kelor, nikmati keindahan pulau yang sarat akan sejarah di Kepulauan Seribu

Pulau Kelor, nikmati keindahan pulau yang sarat akan sejarah di Kepulauan Seribu
Biaya kunjungan: Mulai Rp 5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Pemerintah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Kelor merupakan objek wisata yang terletak di Kepulauan Seribu dan menjadi destinasi wisata unggulan setelah Pulau Untung Jawa. Wisata Bahri juga sangat ramai dikunjungi wisatawan meskipun pada hari biasa atau biasa hari dalam seminggukarena liburan disana memberikan perasaan yang berbeda.

Pulau yang menjadi destinasi wisata menarik di Kepulauan Seribu ini juga memiliki pesona indah yang menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Sayang sekali jika Anda berada di kota Jakarta tetapi belum pernah ke pulau ini.

Pasalnya, sirkuit air cantik yang terletak di tengah Jakarta ini mudah dikunjungi dan bisa menjadi alternatif liburan di kala ramai. Keindahan tempat ini memang tidak ada duanya, pulau cantik ini memang bisa menjadi tempat berlibur bersama keluarga, sahabat atau kekasih.

Daya Tarik Pulau Kelor

Daya Tarik Pulau KelorKredit gambar: Google Maps Hendro Hioe

Pulau Kelor merupakan salah satu kawasan wisata bahari Kepulauan Seribu yang wajib Anda kunjungi saat kembali ke Jakarta. Selain pesona alamnya yang tak tertandingi, masyarakat di kawasan Kepulauan Seribu juga sangat ramah, terutama kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Tempat Wisata Sejarah

Wisata bahari ini memiliki ukuran yang sangat kecil, namun pulau ini menyimpan banyak sejarah pada masa penjajahan Belanda. Selain itu, peninggalan sejarah yang paling terkenal adalah Benteng Martelo yang masih berdiri tegak di Pulau Kelor.

Benteng Martelo juga merupakan salah satu pesona pulau yang bisa Anda lihat dari jauh saat ingin datang ke sana. Benteng ini berbentuk lingkaran 360 derajat dan dibangun oleh VOC pada zaman dahulu untuk mencegah serangan musuh pada abad ke-17.

Benteng ini dibangun dari bata merah yang kokoh dan hancur diterjang tsunami akibat letusan Gunung Krakatau, namun sisa-sisa benteng yang masih ada hingga sekarang terlihat sangat eksotis dan sejuk. Pulau Kelor ini ternyata menjadi sejarah perjuangan dan tahanan politik di tanah air.

2. Pemandangan Pantai yang Menawan

Daya tarik selanjutnya dari pantai cantik ini adalah pemandangan alamnya yang menawan berpadu dengan pasir putih yang terbentang luas di pulau ini. Pantai di Pulau Kelor sangat indah dan pasirnya halus, sehingga siapapun yang berkunjung akan betah berada disini.

Gemerisik pasirnya dan tenangnya ombak mampu memukau mata wisatawan yang melihatnya. Ombak disana juga relatif rendah dan bisa digunakan untuk wahana air seperti jetski, banana boat dan lain-lain.

3. Mengunjungi dua pulau sekaligus

Letak Pulau Kelor di Jakarta memang sangat strategis dan ada dua pulau di sekitarnya yang masih bisa dijelajahi. Pulau terdekat lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Onrust dan Pulau Cipir yang memiliki keunikan tersendiri.

Pulau Onrust sendiri berarti “tidak pernah istirahat” dalam bahasa Belanda, yang kemudian dijadikan sebagai persinggahan kapal, tempat peristirahatan keluarga Kesultanan Banten, hingga menjadi pangkalan militer dan tempat ternak. Sedangkan Pulau Cipir dikenal keindahannya karena adanya prasasti kuno dan reruntuhan rumah sakit kuno.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Pulau Kelor, JakartaKredit Gambar: Bug Spiritual Google Maps

Setelah mengetahui berbagai keunikan yang menarik pengunjung, Anda pasti penasaran dan ingin mengunjunginya. Ada berbagai rute atau cara yang bisa Anda ambil untuk melihat tempat ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Tak heran jika tempat ini menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara di Jakarta, seperti namanya Pulau Kelor terletak di Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sering masuk dalam daftar wisata pulau di ibu kota.

Pulau cantik ini biasa dijadikan lokasi syuting maupun untuk foto prewedding. Rute yang bisa ditempuh menuju Pulau Kelor dimulai dari perempatan lampu lalu lintas Cengkareng Jakarta Barat di Muara Kamal. Nah, dari Muara Kamal, Anda bisa naik perahu kayu menuju kawasan pulau yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Rute lain yang bisa Anda coba adalah melalui Dermaga Marina Ancol. Anda bisa menyewa speedboat tergantung jumlah penumpang yang ingin mengunjungi pulau kecil ini.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja itinerary untuk mengunjungi Pulau Kelor, kamu perlu mengetahui lebih jauh mengenai biaya atau budget yang harus kamu keluarkan jika akan berkunjung ke pulau tersebut.

Harga tiket masuk ke pulau ini cukup murah dan terjangkau, cukup membayar tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja. Untuk berkunjung, Anda harus mengikuti paket wisata yang ditawarkan mulai dari Rp 120.000 per orang, termasuk kunjungan ke pulau terdekat lainnya.

Dengan harga yang cukup murah sudah termasuk menikmati berbagai wisata alam yang ada, seperti bermain pasir di pantai. Selain itu anda juga bisa mencoba air pantai dengan berenang di dalamnya untuk merasakan sensasi di laut lepas.Salah satu wisata yang menyimpan sejarah adalah bangunan yang dulunya merupakan benteng.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Kelor

Aktivitas Seru di Pulau KelorKredit gambar: Google Maps Nurul Kamilah

Keindahan Pulau Kelor, Jakarta menghadirkan tempat yang tak kalah membosankan untuk terus menggali sejarah dari sisa-sisa bangunan yang ada. Bagi Anda yang ingin berlibur, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset dari sudut pulau ini.

Sering membuat siapapun betah berlama-lama di pulau ini karena keunikannya yang menarik dilihat dari segala arah. Anda bisa lebih menikmatinya saat pulang dari liburan untuk menyegarkan pikiran dan melanjutkan rutinitas. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Kelor.

1. Ambil selfie atau foto

Menjadi tempat favorit bagi siapa saja yang pernah mengunjungi pulau cantik ini, tak heran jika Anda sebagai seorang turis juga menjadikan tempat ini sebagai bagian bersejarah dalam hidup Anda. Seperti kebanyakan orang yang berkunjung sengaja untuk syuting film atau foto prewedding.

2. Lihat reruntuhan Benteng Martello

Benteng Martello pernah difungsikan sebagai menara pengawas, namun bisa juga berfungsi sebagai benteng pertahanan dan penyerangan. Benteng ini terdiri dari dua lantai, masih ada beberapa anak tangga tetapi sudah rapuh. Berhati-hatilah saat mengunjungi benteng ini.

3. Snorkeling di pantai

Tak hanya trekking, aktivitas seru lainnya adalah menyelam menyaksikan keindahan berbagai jenis ikan dan terumbu karang di dasar laut. Anda tidak akan bisa menolak jika diajak kembali ke pulau ini untuk menyelam karena lukisan bawah lautnya begitu indah dan menarik perhatian.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau Kelor JakartaKredit gambar: Google Maps Dewi Endar

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Kelor yang kaya akan sejarah, Anda bisa mengikuti berbagai paket wisata yang ditawarkan. Paket yang ditawarkan sekitar Rp 120.000 sudah termasuk kunjungan ke Pulau Onrust dan Pulau Cipir dari Dermaga Muara Kamal.

Perlu diketahui bahwa pulau ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Ingat bahwa tidak ada akomodasi di pulau ini, jadi Anda harus membawa tenda untuk berkemah dan makan. Soal penerangan, kawasan pulau ini hanya mengandalkan genset. Jadi pastikan untuk membawa baterai Anda dan jaga kebersihan lingkungan pulau.

Inilah hal-hal menarik tentang Pulau Kelor di Kepulauan Seribu. Tempat yang ideal untuk liburan yang tenang bersama keluarga dan teman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button