Pulau Perak, nikmati keindahan Pulau Seribu yang mempesona - WisataHits
wisatahits

Pulau Perak, nikmati keindahan Pulau Seribu yang mempesona

Pulau Perak, nikmati keindahan Pulau Seribu yang mempesona
Harga tiket: Rp30.000, Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kab. Pemerintah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Perak adalah salah satu pulau terindah di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau indah yang terletak dekat dengan Pulau Harapan ini menawarkan pemandangan pasir putih yang mempesona dan sering menjadi tujuan wisata utama paket wisata Pulau Harapan yang disediakan oleh agen perjalanan.

Meski pulau ini dikenal sebagai pulau tak berpenghuni, namun masih ada penjaga di pulau ini. Selain itu, di pantai pulau juga terdapat penjual makanan dan minuman. Meski tidak tinggal di pulau, mereka ada di sana untuk menjual barang atau menjaga pantai. Pulau di kawasan Kepulauan Seribu ini merupakan destinasi yang kondusif untuk mencari ketenangan.

Paket Tour 2D1N Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

Daya tarik yang dimiliki Silver Island

Atraksi Pulau PerakFoto oleh Aini N di Google Maps

✦ Area Perairan Jernih

Pulau Perak di kawasan Kepulauan Seribu luasnya sekitar 3 hektar dan seluruhnya terdiri dari pasir. Sebagian besar wilayah ditutupi dengan pohon-pohon yang sangat lebat. Perairan di sekitar pulau ini sangat jernih dan memiliki gradasi warna yang menarik. Perairan di dekat pulau berwarna hijau tosca dan semakin dekat ke laut, semakin biru airnya.

✦ Keindahan alam bawah laut

Pulau yang dekat dengan Pulau Harapan ini memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Menariknya, dasar pulau cantik ini cukup dangkal sehingga laut di pulau ini menjadi tempat yang aman untuk berenang sambil menikmati keindahan alam bawah laut.

Di dasar laut Pulau Perak terdapat berbagai jenis ikan berwarna-warni. Dari ikan dory hingga ikan badut. Terumbu karang yang kokoh juga dapat ditemukan di sekitar pulau ini. Apalagi, wisatawan akan disuguhi pemandangan menarik dengan gerakan lembut anemon laut yang bergoyang di bawah air.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang indah

Salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan wisatawan di pulau cantik ini adalah menunggu matahari terbenam di langit barat sambil mengabadikan peristiwa alam yang jarang dinikmati seperti matahari terbenam bersama keluarga, sahabat, dan pasangan.

Saat senja tiba, pemandangan sunset akan terlihat indah dan romantis di pulau ini. Bagi penggemar fotografi, Pulau Perak adalah tempat yang tepat untuk mencari foto Instagramable. Liburan dijamin lebih berkesan dan bersiaplah untuk ketagihan kembali ke pulau kawasan Kepulauan Seribu.

Lihat penawaran hotel di Kepulauan Seribu

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Alamat Pulau PerakFoto oleh Haekal Zulfikar di Google Maps

Terletak di Desa Pulau Harapan di Kepulauan Seribu bagian utara, Anda bisa menempuh rute yang sama seperti saat mengunjungi pulau lain di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pertama, Anda bisa menuju ke Pelabuhan Muara Angke.

Kemudian, menempuh perjalanan laut selama 4-5 jam atau berangkat dari Pulau Pramuka dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit.

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi pulau cantik ini. Namun ada biaya lain seperti biaya penyeberangan awal sekitar Rp 80.000, menggunakan taksi air dengan tarif sekitar Rp 50.000 per tim.

Biaya camping di Pulau Perak adalah Rp 30.000 per orang dan biaya sewa alat snorkeling sekitar Rp 25.000 – Rp. 35.000.

Tur Pulau Lumba-Lumba 2D1N – Pulau Harapan

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru di Silver IslandFoto Masela Fadjar Pratiwi di Google Maps

1. Nikmati keindahan pulau yang menakjubkan

Wisatawan dapat menikmati waktu santai dengan tidur di atas pasir di atas tikar sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang menenangkan di Pulau Perak. Di antara dahan pohon terdapat ayunan yang bisa digunakan wisatawan secara gratis. Berayun santai dan berfoto di atas ayunan menjadi aktivitas yang sering dinikmati pengunjung.

2. Berenang dan Snorkeling di Pulau Perak

Selain menikmati pemandangan, wisatawan bisa mencoba berenang. Kedalamannya dangkal dan airnya tenang, sehingga aman untuk berenang. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di sini. Ada beragam ikan kecil berwarna-warni yang indah di bawah laut Pulau Perak. Menyelam di antara terumbu karang juga merupakan pengalaman yang menarik.

Wisatawan juga akan menjumpai anemon laut yang bergoyang mengikuti arus laut dengan warna cerah seperti pink, kuning, dan ungu sangat mempesona dan menambah keindahan air laut yang biru. Visibilitas bawah air juga sangat baik, memungkinkan penyelam untuk melihat dasar laut dengan jelas.

3. Mainkan banana boat

Di pulau cantik ini, wisatawan bisa bermain banana boat. Banana boat akan berputar di lautan, semakin lama semakin cepat banana boat akan terus berputar. Momen yang paling dinantikan adalah saat banana boat terbalik dan semua penumpang berjatuhan. Tidak perlu khawatir karena semua penumpang sudah dilengkapi dengan pelampung pengaman.

4. Abadikan momen dengan mengambil foto

Di sekitar pulau Perak banyak terdapat pepohonan yang rimbun. Ini membuat foto latar belakang yang sangat bagus. Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di antara pepohonan tersebut dan dengan latar belakang laut yang tak kalah mempesona. Anda juga dapat mengunggahnya ke jejaring sosial, seperti Instagram.

5. Kamp

Pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang ingin berkemah di Kepulauan Seribu, terutama pada hari Minggu atau akhir pekan. Anda hanya perlu membayar biaya kepada penjaga pulau untuk biaya kebersihan. Sayangnya di sekitar pulau tenda dan perlengkapan lainnya tidak tersedia untuk disewa.

Pengunjung harus membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di Pulau Harapan sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Perak. Saat berkemah, pengunjung bisa menikmati momen-momen indah, seperti sunrise dan sunset yang sangat indah. Ditambah lagi, pengunjung bisa memasak bersama pasangan sambil menikmati kerlap kerlip bintang di malam hari.

6. Nikmati memasak di pantai

Di sekitar pulau cantik ini, hanya beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman sederhana. Menu gorengan menjadi favorit wisatawan di sini, apalagi disantap saat masih hangat usai beraktivitas di perairan. Warung ini menyajikan kelapa muda yang masih segar, cocok dinikmati saat cuaca panas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau PerakFoto oleh Matheus Saputera di Google Maps

Pulau di kawasan Kepulauan Seribu ini memang minim fasilitas. Misalnya toilet umum yang menggunakan tutup sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa Pulau Perak masih dalam tahap renovasi. Oleh karena itu, jika ingin menginap dan berkemah di pulau ini, harap membawa perlengkapan lengkap.

Hal ini penting mengingat keterbatasan fasilitas. Dengan membawa perlengkapan yang tepat, seperti tenda, matras, dll, Anda bisa menikmati keindahan pulau dengan lebih nyaman. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda untuk menjaga kebersihan pribadi.

Meski fasilitasnya belum memadai, pulau cantik ini tetap menawarkan pengalaman menarik. Menginap dan berkemah di sini sangat menarik karena terdapat keindahan alam pulau yang memanjakan mata. Pulau ini juga cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan alam dan melupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan kota.

Nah itulah tadi informasi mengenai salah satu pulau cantik yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau Perak yang cantik ini merupakan destinasi wisata alam menarik yang bisa Anda pertimbangkan sebagai destinasi berlibur. Meski fasilitas masih terbatas, pulau ini menawarkan pesona alam dan pemandangan bawah laut yang memukau.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button