Pulau Karampuang Mamuju, pesona pulau yang indah dan berbagai macam sumur legendaris - WisataHits
wisatahits

Pulau Karampuang Mamuju, pesona pulau yang indah dan berbagai macam sumur legendaris

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp20.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karampuang, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Karampuang berdiri di tanah Sulawesi Barat, tepatnya Mamuju. Pulau yang terlihat memukau dari foto-foto yang bertebaran di Google ini sebenarnya memiliki panorama yang demikian. Pulau ini memiliki luas 6,37 km² dengan jumlah penduduk yang cukup besar yaitu lebih dari 2.000 orang. Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung bisa sambil melihat berbagai aktivitas sehari-hari yang dilakukan masyarakat.

Pulau Karampuang memiliki pesona alam yang masih sangat terjaga kelestariannya dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya. Wisatawan akan merasa takjub sesaat saat pertama kali berkunjung ke sini. Memiliki hamparan pasir putih yang membentang seperti permata semakin indah dengan air laut yang jernih. Selain itu, pepohonan hijau yang tumbuh subur di sini sangat menyejukkan mata.

Pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Buaya. Namun, wisatawan tak perlu khawatir membayangkan liburan ditemani ribuan buaya. Karena sebutan ini diciptakan hanya karena bentuk pulaunya yang hampir menyerupai bentuk buaya. Wisatawan hanya akan menemukan pulau-pulau dengan pemandangan yang indah dan lingkungan yang masih terlihat memukau. Tertarik untuk datang?

Daya Tarik Pulau Karampuang

Kredit gambar: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Pulau yang menghadap ke pulau Sulawesi ini sangat menarik bagi setiap orang yang datang berkunjung, terutama bagi para traveller yang sedang mencari destinasi wisata yang tepat untuk menghabiskan liburannya. Bagaimana tidak, berbagai atraksi yang tak ternilai harganya sepenuhnya dimiliki oleh pulau seperti buaya ini. Berikut adalah atraksi yang berbeda dari Pulau Karampuang.

1. Sumur Aneka Legendaris

Jika Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan mendapatkan tambahan destinasi wisata berupa sumur. Bukan sekedar sumur biasa, sumur yang disebut sumur aneka ini memiliki tiga rasa air. Banyak orang juga percaya bahwa sumur ini memiliki kekuatan untuk membawa pendamping bagi siapa saja yang meminum airnya. Oleh karena itu, lubang ini disebut lubang korek api.

2. Selamat datang di dermaga kayu

Keramahan merupakan hal yang penting ketika mengunjungi suatu tempat untuk pertama kalinya. Seperti halnya di Pulau Karampuang yang memiliki dermaga kayu sebagai penyambutan utama bagi para pengunjungnya. Dermaga kayu ini memiliki panjang sekitar 500 meter dengan ujung menjorok ke arah laut.Wisatawan dapat melihat dermaga kayu ini di atas kapal ketika sudah dekat dengan pulau.

3. Surganya para penyelam

Berbicara tentang perairan Sulawesi, tidak pernah absen menyuguhkan panorama bawah laut yang mempesona. Jadi, bagi Anda pecinta olahraga diving wajib banget mengunjungi pulau ini. Dengan kekayaan biota bawah laut yang dimiliki, pastinya akan membuat pengalaman menyelam lebih berkesan jika dilakukan di sini. Bagaimana, tertarik?

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KarampuangKredit gambar: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Pulau yang berisi sumur tiga rasa ini terletak di Sulawesi Barat, tepatnya di Kabupaten Mamuju, di Desa Karampuang. Jalan menuju pulau eksotis ini memang sedikit merepotkan dengan jalur laut yang harus Anda tempuh. Karena letak pulau yang berhadapan dengan pulau Sulawesi ini, pesona yang ditawarkan masih mampu mengusir perasaan terganggu.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi pulau ini dari dermaga seberang sekitar setengah jam menggunakan perahu motor. Perahu motor tunggal ini dapat ditumpangi oleh banyak orang, sehingga wisatawan yang membawa keluarganya dapat berwisata ke pulau ini menggunakan perahu motor tunggal. Harga sewa perahu ini tidak mahal, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung.

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan ke pulau ini adalah memperhatikan cuaca. Karena toh jika cuaca tidak mendukung tentu akan mengganggu aktivitas liburan. Sebelumnya, mereka yang berencana menghabiskan liburan ditemani terik matahari, agak direpotkan dengan cuaca buruk. Karena itu, sangat penting untuk memeriksa ramalan cuaca.

Wisatawan dapat berkunjung saat cuaca bagus dan merasa seperti berlibur di pulau yang benar-benar eksotis. Meski cuaca cerah dengan terik matahari, wisatawan tidak akan merasa kepanasan karena rimbunnya pepohonan dan keindahan alam yang masih terjaga di pulau ini akan menciptakan suasana sejuk. Bahkan terik matahari pun akan sulit masuk ke area pulau.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan Biaya Perjalanan ke Pulau KarampuangKredit gambar: Google Maps Faizal Reza Sukmawan

Karena lokasinya di pulau Sulawesi, perjalanan laut adalah wajib untuk sampai ke pulau itu. Wisatawan hanya perlu menyiapkan biaya untuk membayar jasa sewa transportasi laut menggunakan kapal laut. Harganya juga tidak menguras kantong dan sangat cocok untuk Anda yang mencari liburan santai di pulau yang eksotis namun dengan bujet yang minim.

Dengan uang Rp 20.000, wisatawan akan diantar dari dermaga menuju Pulau Karampuang menggunakan transportasi laut berupa kapal laut. Sangat ramah bukan? Wisatawan bisa pergi berlibur dengan biaya kurang dari Rp 50.000. Wisatawan yang berkunjung juga tidak perlu menyiapkan biaya masuk karena pulau ini menawarkan atraksi gratis kepada pengunjung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Karampuang

Kredit gambar: Twitter Dedi B Palinrungi

1. Undang Pertandingan dari Sumur Legenda

Sumur Tiga Rasa dari pulau ini benar-benar menarik perhatian pengunjung. Bahkan, banyak pengunjung yang datang dari luar daerah tertarik ke pulau ini karena sumur legendaris ini. Wisatawan dapat mencicipi air yang dihasilkan dari sumur ini dan merasakan tiga rasa yang berbeda saat mencicipinya. Bagi Anda yang beruntung, Anda mungkin benar-benar menemukan jodoh.

2. Pose cantik di dermaga kayu

Sambutan hangat yang dihadirkan dari dermaga kayu ini begitu indah. Keberadaan dermaga kayu ini juga menciptakan kesan estetis Pulau Karampuang. Wisatawan dapat menikmati keberadaannya dengan berpose cantik dan berfoto. Bagi Anda yang memiliki hobi atau pekerjaan sebagai fotografer, juga sangat cocok untuk mengabadikan momen di dermaga ini.

3. Menyelam bersama ribuan jenis ikan

Pulau yang kaya akan biota bawah laut ini memiliki daya tarik tersendiri seperti magnet yang kuat, terutama bagi Anda penyuka olahraga selam. Wisatawan yang tertarik bisa menyelam di sini dan melihat betapa banyak terumbu karang menghiasi dasar laut. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan berbagai jenis ikan, seperti ikan badut dan ikan kaka kepala bulat tua.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau KarampuangKredit gambar: Google Maps RedDoorz @ Hotel Yaki

1. Hotel Yaki

Hotel berpenampilan megah dengan gedung bertingkat ini menawarkan kamar mandi hotel dengan air panas, sehingga sangat cocok jika dijadikan tempat peristirahatan bagi anda yang ingin menghilangkan pegal-pegal dengan air panas. Fasilitasnya juga tidak perlu diragukan lagi, Yaki Hotel menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap terutama bagi para pengunjungnya, seperti kamar ber-AC hingga resepsionis 24 jam.

2. Hotel pantai yang bagus

Hotel Pantai Indah mengusung tema hotel minimalis dengan warna-warna lembut yang menyejukkan mata. Kebersihan adalah hal yang sangat diperhatikan hotel, bahkan di dalam kamar pengunjung. Pelayanan yang ramah dan jujur ​​juga menjadi kunci permintaan hotel ini. Area parkir dan Wi-Fi gratis, kamar ber-AC untuk penjemputan bandara tersedia di sini.

3. Hotel Diana

Hotel selanjutnya yang sangat cocok untuk bermalam bagi wisatawan di Pulau Karampuang karena lokasinya yang dekat adalah Hotel Diana. Hotel ini dinilai memiliki pelayanan yang ramah dan area yang bersih. Selain pelayanan yang baik dan kamar yang bersih, Hotel Diana juga sangat nyaman untuk ditinggali. Fasilitas seperti Wi-Fi gratis di meja depan 24 jam disediakan di sini.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau KarampuangKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Selain unggul dalam menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, Pulau Karampuang juga tak lengah dalam menghadirkan fasilitas bagi para pengunjungnya. Pulau yang berjuluk Pulau Buaya ini memiliki berbagai fasilitas dasar dan penunjang yang dinilai memadai untuk sebuah pulau kecil. Jadi tidak ada alasan lagi untuk Anda melewati tempat wisata asal Sulawesi Barat ini bukan?

Gazebo yang tersedia di sini dapat digunakan oleh wisatawan sebagai tempat istirahat sementara atau tempat duduk. Panas akan terasa saat wisatawan menikmati gazebo ini bersama keluarga. Toilet yang berada di sekitar lokasi pulau ini juga dapat digunakan wisatawan untuk berganti pakaian atau membilas tubuh setelah bermain di perairan pulau.

Tak berhenti sampai di situ, wisatawan yang punya nyali cukup juga bisa memanfaatkan fasilitas berbagai wahana yang tersedia. Seperti banana boat dan jet ski. Keseruan akan semakin terasa dengan mencoba wahana ini bersama keluarga. Apalagi jika Anda merasa ingin bermain banana boat dan menerjang bersama ombak yang mendekat.

Inilah hal-hal menarik terkait Pulau Karampuang yang telah diuraikan di atas. Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang musafir sejati dengan mengunjungi tempat ini. Tidak ada alasan untuk khawatir. Harga tiketnya gratis, fasilitas lengkap yang berhubungan dengan pesona daratan dan bawah laut yang terlihat menakjubkan tersedia di sini. Jadi tidak ada alasan untuk melewatkan pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button