Pantai Malalayang, tempat bersantai saat matahari terbenam sambil memasak di Manado - WisataHits
wisatahits

Pantai Malalayang, tempat bersantai saat matahari terbenam sambil memasak di Manado

Pantai Malalayang, tempat bersantai saat matahari terbenam sambil memasak di Manado
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai adalah salah satu tempat wisata paling populer di hampir setiap sudut Indonesia. Salah satu pantai indah yang bisa Anda kunjungi di pulau Sulawesi adalah Pantai Malalayang di kota Manado. Pantai yang populer ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya karena sepanjang pantai hanya terdapat sedikit pasir.

Pasalnya, bibir pantai yang indah ini memiliki banyak bebatuan hitam mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Keberadaan bebatuan tersebut justru memberikan pesona tersendiri bagi Malalayang di mata para wisatawan, dimana para wisatawan yang datang seringkali menggunakan bebatuan berwarna hitam tersebut sebagai spot foto.

Oleh karena itu, jangan heran jika kebanyakan wisatawan yang datang jarang melakukan aktivitas air di pantai, mereka lebih memilih untuk menikmati suasana pantai. Namun bukan berarti Pantai Malalayang tidak cocok untuk berenang, justru alam bawah lautnya sangat indah dan sering digunakan oleh para pecinta diving untuk menyelam.

Daya Tarik Pantai Malalayang

Atraksi di Pantai Malalayang ManadoFoto oleh Google Maps/Wawan Kurnia

1. Batu hitam di pantai

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Malalayang adalah bebatuan hitam yang menutupi hampir seluruh garis pantai. Hal ini membuat hampir tidak mungkin menemukan pasir di sepanjang Pantai Kota Manado. Para ahli membuat pantai ini sepi, bebatuan itulah yang membuat pantai indah ini istimewa.

Karena bebatuan hitam ini bisa dijadikan tempat untuk berfoto. Apalagi jika Anda mengambil foto dengan latar belakang laut biru jernih, hasil foto akan sangat indah. Tak heran jika pengelola selalu memastikan bebatuan di pantai populer ini selalu terlindungi dari sampah.

2. Pemandangan bawah laut

Memang tidak sedikit wisatawan yang pergi bermain air di pantai di kecamatan Malalayang. Namun jika sedang melakukan kegiatan menyelam atau diving, maka akan banyak sekali wisatawan yang ingin melakukannya. Memang arus lautnya tenang dan dasar lautnya datar sehingga menjadi tempat ideal untuk menyelam.

3. Pemandangan Matahari Terbenam

Sunset atau momen saat matahari terbenam merupakan salah satu keindahan alam yang akan selalu memukau siapapun. Pernahkah Anda merasakan bagaimana menikmati sunset di pantai sambil duduk di bebatuan hitam? Anda bisa merasakannya di Pantai Malalayang.

4. Wisata Kuliner

Memang salah satu destinasi wisata di Kota Manado ini bukanlah tempat wisata yang mengutamakan makanan sebagai daya tarik utamanya. Namun, di pantai cantik ini Anda bisa mencicipi hidangan khas dari provinsi Sulawesi Utara yang dijual di warung-warung sekitar pantai.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Harga Tiket Masuk Pantai MalalayangFoto: Google Maps/Ismed Saputra

Pantai indah ini terletak di Kecamatan Malalayang, Kelurahan Malalayang Dua, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Rute dari Kota Manado menuju Pantai Malalayang dapat ditempuh dalam waktu 16 menit menggunakan kendaraan pribadi sejauh 8 km dari kawasan Megamas di Jl Laksamana Muda John Lie menuju ke perempatan Jl Novena lalu belok kanan.

Tidak jauh dari Jl. Novena anda akan menemukan pertigaan Jl. Piere Tendean, disini anda harus belok kiri kemudian lurus terus hingga menemukan perempatan Jl. Sam Ratulangi III kemudian belok kanan. Dari jalan tersebut lurus saja hingga mentok dan belok kanan di Jl. Sam Ratulangi kemudian ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Tugu Pikat.

Dari pertigaan Tugu Pikat, Anda perlu belok kanan menuju Jl. Ahmad Yani dan ikuti jalan ini hingga memasuki pertigaan Jl.Bethesda lalu belok kanan. Ikuti Jl. Bethesda hingga pintu masuk Jl. Wolter Monginsidi dan ikuti jalan tersebut hingga menemukan pantai ini yang berada di sebelah kiri jalan.

Biaya masuk ke Pantai Malalayang adalah Rp 5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi), dimana harga parkir kendaraan di Pantai Hits sekitar Rp2.000 hingga Rp10.000 per kendaraan tergantung jenisnya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Malalayang

Aktivitas di Pantai Malalayang ManadoFoto oleh Google Maps/Edy Milala

1. Menikmati pemandangan pantai

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di pantai cantik ini adalah menikmati pemandangan yang indah. Pantainya banyak terdapat bebatuan hitam, kemudian di belakangnya terlihat laut biru yang indah dan banyak kapal dan perahu yang lalu lalang, yang membuat pantai ini digemari banyak orang.

Tak hanya itu dari kejauhan, kamu juga bisa melihat pulau kecil berwarna hijau dengan gunung di tengahnya. Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan, pantai ini juga memiliki iklim yang sangat nyaman dan cocok sebagai tempat bersantai.

2. Saksikan matahari terbenam yang indah

Selain melihat indahnya pemandangan Pantai Malalayang, wisatawan juga bisa melihat indahnya matahari terbenam di sore hari. Dimana dari jauh anda bisa melihat bagaimana momen matahari terbenam di ufuk barat yang kemudian merubah warna langit dari biru menjadi kuning kemerahan lalu perlahan menjadi gelap.

Momen ini sangat indah dan sangat tepat jika dinikmati bersama orang-orang terdekat, terutama pasangan Anda. Hal ini membuat kebanyakan orang yang datang ke pantai indah ini selalu membawa pasangannya agar bisa lebih romantis saat menyaksikan sunset di sore hari.

3. Menyelam

Aktivitas menarik selanjutnya yang wajib Anda lakukan di pantai ini adalah snorkeling atau snorkeling. Karena wisata pantai ini memiliki arus air yang tenang dan dasar laut yang datar sehingga sangat ideal sebagai lokasi diving. Belum lagi di dasar lautnya Anda bisa menemukan banyak biota laut seperti terumbu karang dan ikan.

Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang sengaja datang ke pantai populer di Kota Manado ini untuk snorkeling. Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas diving ini, anda bisa menyewa peralatan snorkeling di pantai Penyewaan peralatan snorkeling ini sudah satu paket dengan perahu yang akan membawa anda ke tempat-tempat diving.

4. Ambil gambar

Yang namanya liburan pasti akan identik dengan kegiatan foto, jadi sangat wajar jika melihat banyak orang yang berfoto di Pantai Malalayang. Memang pantai unik ini memiliki beberapa spot foto yang bagus seperti bebatuan hitam di sepanjang pantai atau foto dengan latar pulau kecil di tengah laut.

Tak hanya itu, Anda juga bisa berfoto ke arah daratan dengan latar gardu pandang dan warung makan. Kelihatannya biasa saja tapi coba berfoto dengan bidadari ini, dijamin tidak akan menyesal.

5. Mainkan air

Meski jarang orang melakukan aktivitas air di pantai cantik ini, bukan berarti Anda dilarang bermain air. Wisatawan yang datang ke pantai populer ini masih bisa bermain air sepuasnya, apalagi arus air di sini relatif lemah sehingga aman. Bagi anda yang bermain air dengan anak, sebaiknya selalu berhati-hati dengan anak anda.

6. Wisata Kuliner

Aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda lakukan di Pantai Malalayang adalah mencicipi kelezatan Kota Manado dan sekitarnya. Memang wisata kuliner bukanlah kegiatan utama yang bisa dilakukan di objek wisata tepi pantai ini, namun berkat adanya warung makan di tepi pantai, wisatawan bisa sekaligus berwisata kuliner.

Tidak hanya hidangan umum yang bisa Anda temukan di warung makan, tetapi Anda juga bisa mencoba hidangan khas seperti sambal Dabu-dabu. Menikmati kuliner khas kota Manado sambil menikmati pemandangan pantai yang indah akan menjadi salah satu momen yang tak terlupakan bagi siapapun yang mencobanya.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai MalalayangFoto oleh Google Maps/Yosefien hal

1. Parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang akan Anda jumpai saat menginjakkan kaki di Pantai Malalayang adalah tempat parkir kendaraan. Lahan parkir kendaraan di pantai indah ini memang tidak terlalu luas, namun cukup untuk menampung segala jenis kendaraan yang dibawa wisatawan berlibur.

2. Kamar mandi dan toilet umum

Mari beralih ke instalasi berikutnya yaitu kamar mandi dan toilet umum yang terbagi menjadi pria dan wanita. Bagi wisatawan yang ingin bermain air atau menyelam, bisa berganti pakaian dan mandi di kamar mandi ini. Ada juga toilet umum yang bisa digunakan wisatawan untuk buang air besar atau buang air kecil.

3. Warung makan

Fasilitas terakhir yang akan Anda temukan di pantai indah di Kota Manado ini adalah warung makan. Ada banyak warung makan yang bertebaran di pinggir pantai, warung ini menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Beberapa di antaranya bahkan menjual cinderamata kepada wisatawan.

Demikian sekilas tentang Pantai Malalayang di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata alam ini disarankan untuk datang pada sore hari, karena sore hari adalah waktu terbaik untuk menikmati suasana pantai yang indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button