Pulau Lengkuas, Pulau Belitung yang indah dengan pesona mercusuar tua - WisataHits
wisatahits

Pulau Lengkuas, Pulau Belitung yang indah dengan pesona mercusuar tua

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau kecil yang indah dan unik di Sijuk, Belitung yang memiliki ikon mercusuar tua Belanda. Pulau kecil ini memiliki pantai pasir putih, bongkahan batu granit besar dan keindahan bawah laut yang memukau.

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.; Kasus: Cek lokasi

Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di negara yang terdiri dari dua pulau besar yang membentuk namanya, serta beberapa pulau kecil yang mengelilinginya. Tak sedikit titik lokasi yang begitu mempesona di sana menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Pulau Lengkuas sepertinya menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika datang ke sini.

Tidak hanya namanya yang unik karena kedengarannya sangat mirip dengan salah satu bahan masakan alami dan bergizi itu. Pulau ini menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para pengunjung yang datang. Alam begitu indah untuk diamati dan berbagai hal bisa dilakukan untuk membuat liburan semakin seru.

Untuk mencapainya juga tidak terlalu sulit. Itu cukup dekat dengan pulau-pulau sekitarnya dan banyak perahu menyediakan akses. Luas pulau ini juga cukup luas bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas yang semakin memeriahkan liburan bersama teman atau kerabat terdekat.

Atraksi Pulau Lengkuas

Atraksi Pulau GalangaKredit gambar: Google Maps Wong Wai Yip

1. Mercusuar kolonial tua

Hal ini seolah menjadi daya tarik utama yang menjadi ciri khas dari tempat tersebut. Mercusuar tersebut seolah-olah akan menjadi ikon pulau tersebut. Ketika pengunjung sedang dalam perjalanan dan hampir tiba di tempat tujuan, ikon akan langsung menyapa semua orang. Beberapa bangunan juga menghiasi tampilan di bawah ini.

Mercusuar putih bersinar saat terkena matahari, simbol tempat itu. Tidak hanya Pulau Lengkuas yang dijadikan sebagai background untuk foto-foto yang diambil, tetapi melihatnya saja sudah cukup mengesankan bagi wisatawan liburan.

Keberadaan mercusuar yang berusia lebih dari 100 tahun ini memang membuat pulau di barat laut Belitung ini menarik banyak orang. Tidak jarang orang pergi ke sana dengan sengaja untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya naik panggung untuk film yang sedang dibuat.

Tempat ini sudah berkali-kali dikunjungi oleh para sutradara Indonesia untuk mendapatkan inspirasi dari karya mereka menghasilkan berbagai film yang menarik untuk ditonton. Bahkan, beberapa karya anak bangsa juga telah diakui kualitasnya dengan menganugerahkan berbagai penghargaan bergengsi.

2. Pantai pasir putih yang menenangkan

Seperti kebanyakan pulau-pulau kecil di Nusantara, ternyata pulau mungil di timur Sumatera ini juga memiliki pantai pasir putih yang terbentang di sepanjang pantainya. Hamparan pasir putih yang cukup mencolok bagi wisatawan bila cukup dekat dengan Pulau Lengkuas terlihat bersih dan menarik untuk dijelajahi bersama atau sendiri.

Pasir putihnya cukup lembut ketika menyentuh kulit kaki. Inilah sebabnya mengapa banyak wisatawan yang datang ke sana bertelanjang kaki saat menjelajahi pantai-pantainya yang mempesona. Objek wisata ini juga menjadi ikon khusus yang menyatu dengan objek wisata sebelumnya yaitu mercusuar tua berwarna putih.

Pengunjung tidak banyak menemukan karang, sehingga cukup aman digunakan sebagai lokasi untuk menikmati lebih jauh kawasan yang cukup terpencil ini. Pantai ini juga memiliki vegetasi alam yang tak kalah menarik dengan pasir yang ada di kawasan tersebut.

Tampak pohon kelapa yang tumbuh tinggi di angkasa, membuat pemandangan tempat wisata semakin eksotis dan menarik perhatian orang yang datang. Tak hanya itu, tanaman lain juga terlihat tumbuh subur di sekitarnya dan membuat pemandangan semakin sejuk.

Berkunjung ke Pulau Lengkuas tidak akan lengkap jika tidak juga mengunjungi pantai-pantainya yang indah. Di sisi lain kawasan ini juga terdapat bongkahan batu-batu besar yang menjadi ciri khas Bangka Belitung. Inilah yang membedakan pantai-pantai di provinsi ini dengan tempat wisata serupa di tempat lain, meski masih dalam wilayah ibu pertiwi.

Kehadiran batu-batu ini seolah mengembalikan latar belakang alam pada tempat tersebut. Wisatawan bisa menjadikannya bahan yang sangat cocok untuk foto yang diambilnya. Tak sedikit yang mendaki ke permukaan atas batu besar nan eksotis ini, karena tingginya lebih dari dua meter.

Pengunjung juga sering melakukan aktivitas fotografi di permukaan batu karang. Seakan lanskap ini adalah dasar yang disediakan oleh alam semesta sebagai pijakan yang tepat untuk memotret keindahan pulau secara keseluruhan.

3. Penangkaran penyu di tengah

Atraksi Pulau GalangaKredit gambar: Twitter ID Lingkaran

Di kawasan Pulau Lengkuas ternyata juga terdapat tempat penangkaran hewan laut yang sudah terancam punah. Sebuah kawasan konservasi kecil berdiri di tengah dan cukup menarik untuk dikunjungi bagi siapa saja yang berkunjung ke pulau ini. Beberapa koleksi hewan menggemaskan dapat ditemukan oleh wisatawan.

Penyu sudah terancam karena berbagai hal, salah satunya pencemaran laut. Oleh karena itu, pemerintah secara sadar membentuk kawasan untuk melestarikan satwa, khususnya penyu hijau. Jenis ini bahkan lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan berbagai variasi lainnya.

Penyu hijau yang diternakkan di kawasan ini tetap akan dilepasliarkan kembali ke laut untuk kembali ke habitat aslinya. Penangkaran hanya menyambut mereka ketika mereka masih kecil dan membutuhkan tempat yang aman dari predator mematikan atau kerusakan alam yang terjadi.

Alamat, Lokasi Rute dan Perkiraan Biaya Pulau Lengkuas

Daya Tarik Pulau LengkuasKredit gambar: Twitter panggil aku rina

Pulau cantik ini terletak di bagian utara salah satu pulau terbesar di provinsi ini, yaitu Pulau Belitung. Namun keberadaannya agak menyamping ke barat. Tidak terlalu sulit untuk mencapai lokasi. Siapa pun dapat dengan mudah mengaksesnya dengan perahu dari Belitung atau titik lain di sekitarnya.

Biasanya wisatawan yang ingin ke sana akan menggunakan perahu atau speedboat kecil dari Tanjung Kelayang. Pantai eksotis di Pulau Belitung ini menjadi titik awal perjalanan kesana. Waktu yang ditempuh juga tidak terlalu lama, hanya sekitar setengah jam.

Tidak ada harga khusus bila ingin menjelajahi seluruh tempat di pulau kecil nan eksotis ini. Hanya saja jika ingin ke sana harus melalui jalur laut yang artinya harus menggunakan kapal atau kapal super cepat.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa pengiriman ini hanya berkisar ratusan ribu rupiah. Kisaran harga tiket perjalanan ke dan dari tempat ini antara 300 hingga 500 ribu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Lengkuas

Aktivitas di Pulau GalangaKredit gambar: Google Maps Aditya Samawi

1. Nikmati keindahan alam

Tempat wisata berupa pulau-pulau tidak akan habis untuk dapat menikmati berbagai segi karakteristiknya. Dengan alamnya yang mempesona, Pulau Lengkuas begitu seru untuk dijelajahi berbagai tempat yang dikandungnya. Pengunjung tidak akan pernah gagal untuk bisa menjelajahi setiap titiknya.

2. Kunjungi situs konservasi penyu

Melihat koleksi hewan yang satu ini memang sesuatu yang cukup menarik untuk dilakukan. Bagaimana bisa? Kebanyakan penyu yang dikembangbiakkan masih sangat muda. Ukurannya yang kecil membuatnya semakin lucu dan menggemaskan.

3. Cobalah kelembutan pasir pantai saat matahari terbenam

Momen private merupakan momen yang sangat berharga bagi pengunjung ketika datang ke Pulau Lengkuas. Pancaran jingga cerah matahari begitu mencolok sehingga bisa dijadikan sebagai latar belakang untuk foto yang diambil. Selain itu, menambah kesan yang sangat menenangkan.

Penginapan murah dekat Pulau Lengkuas

Akomodasi di Pulau GalangaKredit gambar: Google Maps Suyandi Liyis

1. Resor Sheraton Belitung

Hostel kelas atas ini tidak jauh dari Tanjung Kelayang. Wisatawan yang ingin menginap di tempat wisata ini sebaiknya dekat dengan pantai. Harga tempat ini cukup tinggi, lebih dari satu juta per malam. Namun, berbagai fasilitas bisa didapatkan seperti kolam renang dan restoran.

2. Tenda Pantai Ramah Lingkungan oleh Billiton

Sama seperti yang sebelumnya, hostel ini menawarkan paket premium dengan berbagai fasilitas seperti restoran dan AC di setiap kamar, namun yang membedakan hanyalah lokasinya. Hostel ini berada di sisi utara Tanjung Kelayang. Harganya juga berkisar dari 500 hingga sejuta.

3. Airy Premier Tanjung Kelayang Belitung

Hostel ini cocok untuk tamu dari objek wisata yang mengesankan ini. Harga sewa per malamnya cukup murah, hanya beberapa ratus ribu. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan AC di setiap kamar.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Lengkuas, Belitung

Fasilitas Pulau GalangaKredit gambar: Google Maps Sofi Reksoyudo

Pulau Lengkuas masih kekurangan fasilitas yang memadai bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas di sana. Selain menawarkan tempat menginap yang murah, di pulau yang menarik ini juga terdapat warung makan dan toilet umum. Ada beberapa tempat yang memiliki bilik toilet. Selebihnya, tidak banyak yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Berkunjung ke Bangka Belitung memang memberikan kesan tersendiri. Tidak hanya kaya akan hasil tambang berupa timah, namun keindahan alamnya tidak hanya terdapat di dua pulau besar tersebut. Namun, area kecil seperti Pulau Lengkuas adalah tujuan alternatif yang sempurna bagi mereka yang ingin mengetahui sisi lain wilayah tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button