Taman Ujung Karangasem Bali, Berikut harga tiket masuk dan akses lokasi terbaru - WisataHits
wisatahits

Taman Ujung Karangasem Bali, Berikut harga tiket masuk dan akses lokasi terbaru

Biaya masuk ke Taman Ujung Karangasem adalah Rp 10.000 per orang. Lokasi Taman Ujung, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Karangasem merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Bali. Gunung Agung dan Pura Besakih adalah objek terkenal di Karangasem. Banyak sejarah yang bisa diceritakan dari Karangasem. Salah satunya adalah Kerajaan Karangasem yang meninggalkan berbagai peninggalan sejarah.

Taman Ujung Karangasem Bali
Foto: ig@andrewsuryono

Ada istana air yang bangunannya sangat megah dikenal dengan nama Taman Ujung, taman ini merupakan istana air khusus untuk raja Karangasem. Apa yang membuat Taman Ujung begitu istimewa? Meski tampan, ternyata Taman Ujung pernah dikenal dengan nama Kolam Dirah. Nama Dirah sendiri berarti tempat pembuangan orang yang menguasai ilmu hitam pada tahun 1901. Delapan tahun kemudian, kolam ini dipugar oleh raja Karangasem bernama I Gusti Bagus Jelantik.

Dengan bantuan arsitektur dari Belanda, Cina dan Bali, kolam ini menjadi tempat peristirahatan raja. Selain sebagai tempat peristirahatan raja, Taman Ujung juga digunakan sebagai tempat pertapaan dan penyambutan oleh raja.

Taman Ujung Karangasem Bali
Foto: ig@balikami

Karena dibangun oleh kombinasi arsitek yang berbeda, arsitekturnya tentu mengalami akulturasi budaya. Seperti jendela kaca patri berwarna-warni yang menjadi ciri khas arsitektur Eropa dan pahatan khas arsitektur Bali.

Padahal, jika Anda berkunjung ke Taman Ujung Karangasem, bangunan ini sempat mengalami beberapa kali pemugaran pada masa pendudukan Jepang dan mengalami kerusakan akibat letusan Gunung Agung yang dahsyat pada tahun 1963.

Dulunya juga terbengkalai hingga tahun 2000-an, kemudian dilakukan renovasi besar-besaran oleh Puri Karangasem yang merupakan keturunan Raja Karangasem. Taman Ujung Karangasem juga dikenal sebagai Taman Ujung Sukasada.

Di pintu masuk, Sahabat parawisata.net akan melewati di depan sebuah jembatan yang dihiasi dengan bunga bugenvil. Ada beberapa bangunan tempat peristirahatan raja. Kolam airnya juga cukup luas dan bersih. Anda bisa naik sepeda bebek atau memberi makan ikan besar.

Foto: Lakshmi Mutiara Prameswari

Jika Anda ingin melihat panorama Taman Ujung dari ketinggian, Anda bisa naik ke atas tiang-tiang besar. Dari atas pilar, Anda akan disuguhkan pemandangan indah mulai dari birunya laut dan hijaunya perbukitan Karangasem. Dengan keindahan Taman Ujung, tak heran jika ia sering dijadikan sebagai spot foto prewedding.

Biaya masuk

Harga tiket masuk Taman Ujung Karangasem adalah Rp 10.000 per orang dan biaya parkir Rp 5.000 per mobil. Teman-teman Brisik juga bisa membeli makanan ikan seharga Rp 5.000 dan menyewa sepeda bebek seharga Rp 25.000.

Taman Ujung yang terletak di Karangasem, memakan waktu sekitar 2 jam dari bandara. Karena tidak ada angkutan umum, Sobat Parawisata.net bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa jasa travel.

Akses Lokasi

Akses perjalanan adalah melalui Bypass Ngurah Rai – Bypass Sanur – Bypass Ida Bagus Mantra – Klungkung – Amlapura untuk mencapai Taman Ujung Karangasem. Rekomendasi kuliner yang bisa Anda coba adalah restoran Bali Asri yang terletak 2 km dari Taman Ujung.

Taman Ujung Karangasem Bali
Foto: ig@1ko_paundra

Menu yang disajikan adalah masakan Bali. Dari nasi campur nasi merah, sambal tempe dan sate bungkus. Ada juga jukut balung yang merupakan sayuran berbahan dasar daging sapi atau babi. Harga menu berkisar dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000. Dari restoran ini, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Agung dengan jelas.

Untuk akomodasi terdekat, Sahabat parawisata.net bisa bermalam di Taman Heavenly Resort & Spa yang hanya berjarak 0,3 km dari Taman Ujung Karangasem. Harga per malamnya Rp 477.000.

Dari waktu ke waktu, Anda dapat menjelajahi Bali Timur dengan mengunjungi situs sejarah terkenal seperti Taman Ujung yang tiada duanya. Demikian ulasan lengkap Taman Ujung, terima kasih, semoga membantu.

Source: www.parawisata.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button