Bupati Mojokerto mencanangkan Desa Berdaya dan harapan seluruh desa di Trawas Mandiri tahun 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Mojokerto mencanangkan Desa Berdaya dan harapan seluruh desa di Trawas Mandiri tahun 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 13:14 WIB

| penulis :

Buku catatan : Kuznadi

Surabaya, InfoPublik – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan Desa Berdaya di Desa Kesiman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto pada Rabu (30/11/2022). Setelah Desa Kesiman menjadi Desa Berdaya, Bupati Ikfina berharap pada tahun 2023 seluruh desa di Kabupaten Trawas menjadi Desa Mandiri.

“Tentu kita bersyukur ada sembilan desa di Kabupaten Trawas yang sudah mandiri. Ini menyisakan empat desa yang belum mandiri. Saya mohon bantuannya agar tahun 2023 yang belum selesai diselesaikan agar semua desa Trawas mandiri,” kata Bupati Ikfina melalui siaran pers Diskominfo Kabupaten Mojokerto.

Dalam hal ini, Bupati Ikfina meminta kepada instansi terkait seperti Masyarakat Kabupaten Mojokerto dan Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD) untuk mendorong penyerahan Desa Berdaya di Kabupaten Mojokerto kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Mudah-mudahan tahun depan DPMD bisa maju dengan aplikasi di provinsi Jawa Timur sehingga desa mandiri ini bisa didukung. Saya mohon bantuannya untuk mengutamakan desa-desa di daerah itu,” pintanya.

Dalam proses mendorong desa-desa di Kabupaten Mojokerto menjadi desa mandiri, Bupati Ikfina juga mensyaratkan agar semua desa saling mendukung. “Alhamdulillah kita semua bergerak agar desa-desa di Kabupaten Mojokerto bisa menjadi desa mandiri. Desa-desa harus saling mendukung,” katanya.

Bupati Ikfina juga mengatakan, Kabupaten Trawas memiliki potensi yang luar biasa. Apalagi dari segi suasana dan pemandangan yang sangat menjual. Melihat kondisi yang sangat menguntungkan tersebut, Bupati Ikfina mengajak seluruh desa di Kabupaten Trawas untuk bersinergi menjadikan Trawas sebagai rumah bagi wisatawan.

“Trawas adalah tempat yang paling beragam, jadi bagaimana kita bisa mendapatkan wisatawan untuk tinggal di sini? Kami melakukan tur yang memang bervariasi. Sehingga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Trawas,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati Ikfina memotong bunga melati sebagai tanda dibukanya pembangunan wisata Lore Omah yang dikelola BUMDes Kesiman untuk umum. Pengembangan wisata tersebut dinamakan Pantai Mini.

Di pantai mini ini, wisatawan terutama anak-anak bisa bermain air sambil bermain pasir seperti di tepi pantai, ditunjang dengan keteduhan pesona alam Gunung Penanggungan dan Welirang.

Sebagai informasi: Di ​​Wisata Lore Omah, wisatawan disuguhkan suasana nongkrong di gubuk bambu di pinggir sawah milik warga Desa Kesiman. Ada juga kedai kopi di Lore Omah yang menyajikan masakan khas desa modern dengan harga terjangkau.

Akses menuju lokasi juga sangat mudah dengan berbagai jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat, serta lahan parkir yang luas mendukung wisatawan yang berkunjung ke Wisata Lore Omah. (MC Diskominfo Prov Jatim/non vin)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button