Keraton Yogyakarta Gelar Peringatan 276 Tahun Hadeging Nagari Keraton Yogyakarta - WisataHits
wisatahits

Keraton Yogyakarta Gelar Peringatan 276 Tahun Hadeging Nagari Keraton Yogyakarta

Menutup akhir tahun 2022, Keraton Yogyakarta menjadi tuan rumah peringatan 276 tahun Kesultanan Nagari Hadeging Ngayogyakarta Hadiningrat.

Berdasarkan penanggalan Jawa, buku harian ini diperingati setiap tanggal 28-29 Jumadilawal atau bertepatan dengan tanggal 22-23 Desember 2022.

Keraton Yogyakarta Gelar Peringatan 276 Tahun Hadeging Nagari Keraton YogyakartaKeraton Yogyakarta Gelar Peringatan 276 Nagari Hadeging Keraton Yogyakarta, Foto: KratonJogja

Rangkaian acara diawali dengan prosesi ziarah ke Kagungan Dalem Pajimatan Imogiri pada 28 Jimawal Ehe 1956 atau Kamis (22/12).

Rombongan berangkat dari Pengulon Kawedanan pada pukul 09:00 WIB terdiri dari Kanca Kaji Abdi Dalem dan Kanca Pengulon Abdi Dalem.

Prosesi ziarah dilakukan tepat pukul 10.00 WIB yang dipusatkan di kompleks Kedhaton Kasuwargan dengan sugengan dan benih Bungan di makam Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Sore hari pukul 18.30 WIB, KRT Drs. H. Zuban Hadiningrat, Abdi Dalem Kanca Kaji Lusin, Abdi Dalem Kanca Suranata dan KH. Misbahul Munir hadir di Pengulon Kawedanan untuk mengadakan acara di Masjid Raya Masjid Raya Gedhe.

Acara di Masjid Gedhe diawali dengan pembacaan maulid oleh tim hadrah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Dulkadiran oleh Kanca Kaji dan diakhiri dengan mujahadah serta pembacaan doa penutup oleh KH. Misbahul Munir.

Rangkaian acara dilanjutkan pada hari kedua, Jumat (23/12), yaitu prosesi Sema’an Al-Qur’an juz 1-30 yang berlangsung setelah subuh hingga malam hari di Masjid Agung Masjid Agung Gedhe.

Lantunan ayat-ayat Al-Qur’an dilakukan hampir sepanjang hari hingga akhir peringatan.

Seluruh rangkaian agenda berlangsung secara hybrid. Rangkaian acara di Grand Dalem Masjid Gedhe ini bisa disaksikan oleh masyarakat.

Sedangkan masyarakat umum dapat mengikuti panyengkuyung donga melalui kanal YouTube Kraton Jogja tanpa dibatasi.

“Tahun ini, acaranya akan berlangsung hybrid.

Agenda diawali dengan rangkaian ziarah ke kedhaton Kaswargan untuk mendoakan para leluhur, khususnya Pangeran Mangkubumi.

Di Imogiri, penataan sugengan dan bibit bunga dipandu oleh Abdi Dalem Kanca Kaji.

Malam harinya, acara yang dipusatkan di Masjid Raya Gedhe baru saja dimulai.”

Ujar KRT Jayaningrat.

Rangkaian kegiatan Nagari Hadeging ke-276 hari ini dipusatkan di sekitar Masjid Raya Gedhe, hingga pagi ini seluruh kegiatan telah berlangsung dan puncak acara pada pukul 20.00 WIB.

Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memberikan sambutan pertama yang akan dilanjutkan dengan doa bersama dengan Habib Zaid bin Abdurrahman bin Yahya dan Habi Lutfi bin Ali bin Yahya.

“Puncak acara hari ini (23/12), jadi kemungkinan besar akan banyak yang hadir.

Namun protokol dan aturan kesehatan tetap diterapkan agar acara dapat berjalan dengan lancar”

pungkas KRT Jayaningrat.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button