15 Tempat Wisata Di Purwokerto, Seperti Surga di Pulau Jawa - WisataHits
Jawa Barat

15 Tempat Wisata Di Purwokerto, Seperti Surga di Pulau Jawa

Purwokerto di Jawa Tengah sering disamakan dengan Purwakarta di Jawa Barat dan sebaliknya. Purwokerto memiliki pesona tersendiri yang sering dikunjungi wisatawan.

Buat kamu yang belum pernah ke Kota Purwokerto wajib banget tahu 15 Destinasi atau Tempat wisata di Purwokerto menyegarkan mata dan pikiran. Penasaran gimana? Baca di bawah!

1. Baturade

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/adealanrisqy

Wisata alam yang paling terkenal di Purwokerto adalah Baturaden. Masih asri dan sejuk, lokasinya berada di lereng Gunung Slamet, tepat di desa Karangmangu. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk sampai ke sini.

Anda dapat menikmati kolam renang, pemandian air panas, kolam perosotan, terapi ikan, perahu kayuh dan kebun binatang mini. Ada juga museum dan teater tempat pemutaran film tentang budaya dan pariwisata selama 10 hingga 15 menit.

Biaya masuknya Rp 14.000, Anda bisa berenang, mengayuh perahu dan menikmati pemandian air panas. Cukup tambahkan Rp 8.000 jika ingin ke kebun binatang mini.

2. Curug Gede

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/dimas.hy

Ingin menyegarkan tubuh dengan air terjun langsung dari air terjun? Datang langsung ke Curug Gede. Berada di lereng Gunung Slamet, masih di kawasan Baturaden.

Dikelilingi perbukitan, udaranya sejuk dengan pemandangan yang luar biasa. Dalam perjalanan Anda akan melihat pepohonan yang rindang seperti pinus, pinus gunung dan lain sebagainya.

Instagramable Beneran, Curug Gede bagus banget buat foto-foto dan fasilitasnya lumayan bagus. Tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 5.000 saja. Jika ingin bermalam, tersedia penginapan, hotel atau villa di sekitar air terjun.

3. Desa Purwokerto

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah JawaDesa (instagram.com/irmansyach_)

Datanglah ke The Village Purwokerto jika ingin bersantai sejenak bersama keluarga. Wisata ini cukup sukses karena mengusung konsep bangunan khas Eropa. Di sini Anda akan menemukan banyak spot foto.

Perlengkapannya juga beragam. Anda dapat menikmati daerah tersebut keluar, kolam renang, kafe, restoran hingga ruang pertemuan. Jangan lewatkan naik perahu, menunggang kuda, memberi makan hewan dan mengenakan kostum khas negara-negara Eropa.

Untuk sampai ke sini, biaya tiketnya hanya Rp 25.000. Buka dari Rabu hingga Senin pukul 08.00-17.00 WIB. Jadi jangan datang ke sini pada hari Selasa, oke?

4. Gunung Slamet

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/ayi_dara

Bagi para pendaki, kunjungan ke Gunung Slamet adalah hal yang mutlak. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua setelah Gunung Semeru di pulau Jawa.

Ada tiga jalur yang ditawarkan, jalur selatan lewat Baturaden, jalur barat lewat Kaliwadas, dan jalur timur lewat Bambangan. Rasa lelah dari pendakian hilang begitu Anda mencapai puncak, segumpal awan yang indah menunggu untuk menyambut Anda.

Jika ingin mendaki, pastikan saat musim panas karena jalanan lebih licin saat musim hujan. Persiapkan diri Anda secara fisik dan mental juga!

5. Gua Sarabadak

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah JawaGua Sarabadak (instagram.com/zenalabi)

Unik dan estetis, rasanya kurang pas kecuali mampir ke Gua Sarabadak. Gua ini terletak di kawasan Pancuran Pitu, Baturraden Lokawisata.

Gua ini memiliki pemandangan alam berbatu yang diselimuti lumut. Hal ini membuat bebatuan berwarna kuning kecokelatan dan sangat Instagramable.

Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk sampai ke sini atau gratis. Sayangnya akses ke sini masih agak sulit dan pintu masuknya juga agak kecil.

6. Museum Panglima TNI Jenderal Soedirman

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/_fiannur53

Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Purwokerto. Ada patung perunggu Jenderal Soedirman duduk di atas kuda dengan berat sekitar 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter.

Anda bisa melihat peninggalan zaman kolonial, diorama dan kisah hidup Jenderal Soedirman. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-15.30 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp 3.000.

7. Air Terjun Gomblang

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah JawaAir Terjun Gomblang (instagram.com/ariifpr)

Purwokerto dikelilingi oleh banyak air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Gomblang. Dibutuhkan 42 menit dengan mobil atau sepeda motor untuk sampai ke sini.

Air terjun ini memiliki pemandangan hijau yang indah. Meski tidak terlalu tinggi, wisata Curug Gomblang bisa membuat pikiran lebih tenang dan segar. Jangan lupa untuk mengambil foto estetis sebanyak mungkin di sini, ya!

8. Aula Bunga

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/fathan_drone

Taman yang berdiri sejak tahun 2014 ini memiliki peralatan yang lengkap. Pantas saja tidak pernah sepi pengunjung. Ada pohon rindang, tempat duduk, hall, taman bermain dan kolam renang.

Pemerintah setempat membangunnya dengan tujuan untuk melestarikan, melindungi, dan menghijaukan kembali. Harga tiket masuknya hanya Rp 2.500.

Baca Juga: 10 Wisata Permata Tersembunyi Anti-Mainstream di Bali yang Cocok Untuk Introvert

9. Pancuran Pitu

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/instapurwokerto

Nenek cantik InstagramableMandi Pitu wajib banget Daftar Keinginan. Situs ini masih berada di kawasan yang sama dengan Baturaden. Jika ingin ke sini, Anda bisa berjalan kaki hingga 2,5 kilometer atau berkendara.

Pancuran Baturaden ini memiliki tujuh sumber air panas yang konon bisa menghilangkan penyakit kulit seperti gatal-gatal atau jerawat. Juga di dekatnya, sekitar 50 meter, adalah Gua Sabaradak, yang dapat Anda jelajahi lebih jauh.

10. Air Terjun Cipendok

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/fnhana18

Menyatu dengan alam, Anda bisa menemukan elang jawa di sekitar Curug Cipendok. Dengan demikian, habitat satwa langka, Curug Cipendok, tetap terjaga keindahannya. Bahkan, ada juga monyet abu-abu, spesies endemik khas Purwokerto.

Udaranya sejuk dan airnya jernih, membuat Anda puas saat berenang atau bermain air. Namun, jangan terlalu dekat dengan air terjun karena sangat deras. Hanya di tepi dan menikmati alam.

11. Meja Bukit Batu

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/aurasaa

Bukit Meja Watu menawarkan pemandangan perbukitan yang khas dari ketinggian. Situs ini terletak di Kecamatan Kebasean, Purwokerto. Anda dapat mencapainya dengan berjalan kaki ke atas bukit selama sekitar 20 menit.

Keteduhan pepohonan akan menemani Anda selama perjalanan. Begitu sampai di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan sungai dan perbukitan yang menenangkan. Ada penjual pecel dan mendoan di atas yang bisa jadi jajanan seru.

12. Danau Masih

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/baturadenpalawi

Tempat wisata ini masih belum diketahui banyak orang. Jauh dari pemukiman penduduk, wajar saja jika tempat ini disebut Telaga Sunyi. Airnya yang jernih berasal dari Gunung Slamet dan udaranya yang sejuk, jadi betah berlama-lama di sini.

Anda dapat menyelam, berenang, dan menjelajahi Danau Sunyi. Pemandangan air Instagramable benar-benar perlu untuk mengambil foto di bawah air. Fasilitasnya juga memadai, ada kamar mandi dan ruang ganti.

Namun hati-hati jika membawa anak-anak karena airnya cukup dalam, yakni tiga meter. Harga tiket masuknya hanya Rp 13.000.

13. Tur Komunitas

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah JawaWisata Pagubugan (instagram.com/febrianaa62)

Wisata hijau nan indah ini bernama Wisata Pagubugan. Destinasi yang satu ini berada di tengah persawahan.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Seperti berkemah, mengunjungi taman kelinci, berenang, bertani dan masih banyak lagi yang lainnya.

Oh ya, jangan lewatkan Bengkok Grujugan, sungai kecil yang jernih dan deras. Gak bikin kantong kering, tiket masuknya cuma Rp 7.000 lho.

14. Hutan Petualangan Baturaden (BAF)

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah Jawainstagram.com/fitrift13

Masih di kawasan Baturaden, Baturaden Adventure Forest memiliki pesona yang berbeda. Cocok bagi Anda yang menyukai adrenalin, berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti; petualangan gunung, petualangan pohon, petualangan lingkungan, dan air petualangan.

Ada dua paket wisata, setengah hari seharga Rp230.000 dan paket satu hari seharga Rp150.000. Mereka sudah menerima akomodasi, makan, makanan ringan, staf medis dan asuransi.

15. Bukit Tranggulasih

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Surga Tersembunyi di Tanah JawaBukit Tranggulasih (instagram.com/putriayulstr)

Kawasan Baturaden dikelilingi oleh perbukitan yang indah seperti Bukit Tranggulasih. Gundukan ini terletak di Dusun III, Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyuma. Namun, jarak dari Purwokerto tidak terlalu jauh.

Bukit yang indah ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang datang ke sini. Bahkan, banyak juga yang berkemah bersama teman dan keluarga.

Ini dia beberapa tempat wisata di Kota Purwokerto diatas yang bisa dimasuki Daftar Keinginan liburan Anda. Banyak yang bilang destinasi ini bak surga tersembunyi di tanah Jawa lho. Ayo rencanakan di lokasi-lokasi di atas! Pastikan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik lainnya juga waktu IDN Ya memang.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Di Purwakarta, Murah dan Seru banget

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button