Pulau Cangkir Tangerang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Cangkir Tangerang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – pulau piala salah satu pulau kecil yang menawan di Tangerang. Wisata bahari yang menawarkan pesona hutan mangrove, pantai yang indah dan wisata religi hingga makam Pangeran Jaga Lautan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 6.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Kronjo, Kab. Tangerang, Banten; Kasus: Cek lokasi

Pulau Cangkir memiliki luas sekitar 2,5 hektar. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang cukup lengkap, karena memiliki nilai sejarah tersendiri, dapat menjadi tempat ziarah ke makam, dan dapat melakukan kegiatan wisata bahari.

Nama pulau ini terinspirasi dari bentuknya yang menyerupai bentuk cangkir. Destinasi ini cukup terkenal baik di wilayah Banten maupun di seluruh Indonesia. Pada awalnya keberadaan pulau ini terpisah dari pulau Jawa, namun kini telah ada akses yang memudahkan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Masyarakat setempat membangun jalan penghubung ke tempat tersebut dengan menggunakan tanah yang ditimbun membentuk tanggul pada tahun 1995. Dalam perjalanan menuju destinasi wisata Pulau Cangkir, Anda akan melihat berbagai kolam bandeng. Tempat ini sepenuhnya dikelola oleh penduduk setempat tanpa campur tangan pemerintah.

Tempat Wisata Pulau Cangkir

Wisata Pulau CangkirKredit gambar: Google Maps Daldiri Alexy

1. Wisata religi

Destinasi ini menjadi wisata religi bagi pemeluk agama Islam. Di kawasan pulau tersebut terdapat sebuah makam yang menjadi tempat peristirahatan terakhir Syekh Waliyuddin. Ia adalah anak pertama Sultan Hasanuddin. Ia juga merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati di Cirebon. Makam itu dianggap keramat oleh penduduk setempat.

2. Penduduk yang Ramah

Tidak semua tempat memiliki orang-orang yang ramah. Di kawasan sekitar lokasi wisata ini, penduduk lokal ramah terhadap pengunjung, baik itu wisatawan asing maupun wisatawan domestik.

3. Hutan mangrove

Keindahan Pulau Cangkir dilengkapi dengan keberadaan hutan mangrove. Saat menuju pulau ini, Anda akan melihat deretan pohon bakau yang ditanam di sepanjang perairan. Kehadiran hutan bakau menambah pemandangan yang menjanjikan akan semakin indah.

4. Laut dengan air yang jernih

Pulau ini dikelilingi oleh lautan dengan air yang jernih. Di tempat ini wisatawan bisa berenang. Padahal, di sekitar pantai sudah tersedia tempat penyewaan pelampung. Jadi, bagi Anda yang tidak bisa berenang, Anda bisa menggunakan jaket pelampung dengan cara menyewanya.

5. Mall

Sebagai tempat tujuan wisata, di tempat ini juga terdapat pusat perbelanjaan. Ada berbagai produk dan ikan segar yang dijual di berbagai toko. Bagi Anda yang ingin membeli jajanan untuk menemani liburan Anda, bisa membelinya di sini. Juga, jika Anda ingin membawa oleh-oleh dan oleh-oleh, ada berbagai pilihan di tempat ini.

Alamat, Lokasi, Rute dan Biaya Perjalanan ke Pulau Cangkir

Pulau Cangkir Pulau AlamatKredit gambar: Google Maps Ahmad Muhtarom

Destinasi wisata ini berada di kawasan kecamatan Kronjo tepatnya di desa Kronjo. Jika ditempuh dari Jakarta akan menempuh jarak hingga 75 kilometer. Sedangkan dari pusat kota Tangerang berjarak 25 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum dari luar wilayah Tangerang bisa turun di Terminal Kota Tangerang, Banten. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum lainnya seperti ojek atau ojek yang sudah berjejer di sekitar terminal.

Jika Anda menggunakan mobil, Anda dapat mengambil jalan tol Jakarta-Merak menuju Tangerang. Kemudian lanjutkan melewati Jalan Padar Kemis. Ikuti jalan ini ke Rock Street. Kemudian Anda bisa berbelok ke kiri saat bertemu tikungan pertama. Ikuti jalan ini sampai Anda menemukan tikungan lain, lalu belok kanan dan Anda sampai di sana.

Setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 6.000 dengan tarif yang relatif murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Bahkan dengan harga ini, sudah termasuk masuk ke area lelang.

Namun bagi anda yang menggunakan kendaraan untuk menuju lokasi Pulau Cangkir akan dikenakan biaya tambahan sebagai biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan tetap sebesar Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Cangkir

Aktivitas Menarik di Pulau CangkirKredit gambar: Google Maps QHOMS 1626

1. Ziarah pemakaman

Kegiatan ini merupakan salah satu dari banyak hal yang banyak dilakukan oleh umat Islam. Sebab, dengan berziarah kubur akan mengingatkannya pada kematian, sehingga ia bisa lebih bijak dalam menjalani hidup.

2. Berenang

Bagi wisatawan yang puas dengan aktivitas ini saja, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Sebab, air lautnya jernih dan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga masih relatif aman.

3. Ambil gambar

Berbagai aktivitas liburan di lokasi ini pasti akan menjadi momen spesial dalam rangkaian pengalaman liburan Anda. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menggunakan kamera mereka untuk membingkai berbagai aktivitas mereka di tempat ini. Sehingga foto yang dihasilkan bisa menjadi kenangan untuk masa depan.

Akomodasi Murah Dekat Pulau Cangkir

Akomodasi Murah Dekat Pulau CangkirKredit gambar: Google Maps Arif Hidayat

1. Fame Hotel Gading Serpong

Biaya sewa untuk menginap di hotel ini cukup terjangkau yaitu Rp 359.100. Fasilitas yang ada juga cukup memadai antara lain wifi, parkir, AC, lift, resepsionis 24 jam dan restoran. Jadi ketika ingin lapar tidak perlu bingung mencari tempat makan lagi, karena di hostel ini tersedia beberapa restoran dengan menu yang berbeda-beda.

Ungu adalah warna yang mendominasi hotel ini. Bangunan ini memiliki gaya minimalis dengan desain interior dan perabotan bertema Hollywood. Bahkan beberapa kamar dihiasi dengan karya seni yang menggambarkan orang-orang terkenal seperti Bob Marley, Michael Jackson, dan Elvis Presley.

Jumlah total kamar di hotel ini adalah 144 kamar. Ada dua tipe kamar, yaitu Deluxe dan Superior. Pengunjung yang datang juga dipersilakan untuk memilih apakah akan menggunakan smoking room atau non-smoking room, agar pengunjung bisa merasakan kenyamanan yang maksimal.

2. Starlet Hotel Serpong

Jika Anda ingin akses mudah ke berbagai tempat, Anda bisa menginap di hotel ini. Padahal, lokasi hotel ini hanya berjarak sekitar 6,08 kilometer dari stasiun Tangerang. Harga yang dipatok untuk menginap satu malam juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 272.646.

Meski biayanya relatif murah, fasilitas yang diberikan masih cukup memadai. Bahkan pelayanannya juga bagus. Di sini Anda selalu dapat mengelola kepentingan bisnis Anda, karena hotel ini juga menawarkan akomodasi yang mendukung kepentingan bisnis.

Di tempat ini, Anda selalu dapat terhubung dengan jaringan internet, karena terdapat fasilitas wifi yang dapat diakses oleh pengunjung. Wifi didistribusikan di berbagai area hotel. Apalagi di sini Anda juga bisa mengeceknya kapan saja, karena terdapat fasilitas berupa layanan resepsionis 24 jam.

3. Dari Green Inn

Hostel ini terletak di daerah Neglasari. Jika dari lokasi stasiun Basoetta hanya berjarak sekitar 3,07 kilometer. Apalagi lokasi hostel ini juga cukup dekat dengan bandara, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk sampai ke bandara dalam waktu singkat.

Dengan suasana yang nyaman dan kelengkapan fasilitas yang ada, pengunjung merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Bahkan di sini tersedia kolam renang, jadi kamu bisa menikmati momen santai berenang bersama teman-teman liburanmu.

Biaya menginap ditetapkan sebesar Rp 139.650. Biaya ini relatif murah dan dapat menghemat anggaran Anda untuk keperluan lain. Namun, ketika Anda menggunakan sarana transportasi dari asrama, Anda harus membayar pajak lagi sebesar Rp 15.000.

4. Amaris Hotel Citra Raya

Bagi Anda yang ingin menginap di hotel ini, sebaiknya merogoh kocek sebesar Rp 405.000 untuk biaya sewa kamar selama satu malam. Fasilitas yang tersedia cukup memadai, mulai dari lift, wifi, AC, restoran dan resepsionis 24 jam. Adanya lift akan memudahkan Anda jika ingin naik ke lantai paling atas tanpa harus lelah menaiki tangga.

Restoran di sini terkenal memiliki menu yang rasanya begitu lezat, sehingga tak jarang wisatawan menyukainya. Lingkungan di sekitar hotel juga terlihat bersih, sehingga setiap orang yang berkunjung pasti akan merasa nyaman dengan kondisi ini. Pelayan hotel juga ramah dengan para tamu.

Lokasi hotel ini cukup strategis, sehingga akses ke tempat-tempat umum mudah. Terletak di Kecamatan Cikupa. Selain strategis, hotel ini juga cukup dekat dengan Citra Raya Water World yang hanya berjarak 0,05 kilometer. Bahkan dari hotel ini, Anda hanya bisa sampai ke Eci Plaza dengan berjalan kaki sejauh 0,52 kilometer.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Cangkir Tangerang

Fasilitas Pulau Cangkir TangerangKredit gambar: Google Maps Muliawan Iqbal

1. Area parkir

Setiap lokasi wisata pasti menyediakan fasilitas yang satu ini. Karena sebagian besar wisatawan yang berkunjung membawa kendaraan sendiri, terutama yang berasal dari luar daerah. Adanya berbagai atraksi yang dimiliki oleh tempat ini, membuat pulau ini banyak dikunjungi wisatawan, sehingga diperlukan lahan yang cukup untuk parkir.

2. Toilet

Instalasi ini saja tidak kalah pentingnya. Karena kebutuhan manusia untuk buang air besar atau sekedar cuci tangan bisa muncul kapan saja. Sehingga wisatawan tidak perlu bingung mencari toilet saat membutuhkan.

3. Masjid

Keberadaan tempat ibadah ini juga sangat penting, karena sebagian besar wisatawan yang mengunjunginya adalah pemeluk agama Islam. Memasuki waktu salat, wisatawan bisa langsung melaksanakan ibadahnya.

4. Belvedere

Adanya gazebo di tempat ini menciptakan kenyamanan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Karena pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan dari gardu pandang ini. Anda juga dapat menikmati perbekalan yang Anda bawa dari rumah bersama teman dan keluarga.

5. Restorasi

Bagi anda yang tidak sempat mempersiapkan perbekalan untuk liburan di tempat wisata ini tidak perlu bingung, karena disini sudah berdiri berbagai warung makan. Setiap warung makan harus menyajikan menu yang bervariasi, yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Wisatawan akan ramai mengunjungi Pulau Cangkir saat memasuki bulan Muharram. Para pengunjung yang datang kali ini tidak hanya berasal dari daerah sekitar, tetapi juga dari tempat yang cukup jauh. Biasanya wisatawan datang berkelompok dengan menyewa kendaraan tertentu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button