Pantai Jatimalang, Pantai Pasir Hitam Indah Mempesona di Purworejo - WisataHits
wisatahits

Pantai Jatimalang, Pantai Pasir Hitam Indah Mempesona di Purworejo

Pantai Jatimalang, Pantai Pasir Hitam Indah Mempesona di Purworejo

Sebelum mengunjungi Pantai Jatimalang di Purworejo, mari kita pelajari dulu tempat wisata, fasilitas dan harga tiket masuknya.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Jatimalang mungkin menjadi tujuan liburan terbaik bagi sebagian orang karena banyaknya atraksi dan aktivitas seru yang bisa dinikmati pengunjung. Berbagai atraksi dan aktivitas seru ini tidak jauh berbeda dengan atraksi dan aktivitas wisata pantai lainnya.

Namun, pemandangan di sekitar pantai yang indah inilah yang membuatnya berbeda. Selain keindahan alam yang mengelilingi pantai, di tepian pantai juga terdapat patung Dewa Ruci yang berdiri dengan sangat gagah. Banyak orang menjadikan patung ini sebagai spot foto terbaik untuk diunggah di akun media sosial.

Sebelum memutuskan untuk berlibur di wisata pantai ini, sebaiknya wisatawan mempelajari terlebih dahulu mengenai atraksi, fasilitas, dan harga tiket masuknya. Dengan demikian, mereka dapat mempersiapkan dana dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengetahuinya, baca artikel ini dengan seksama sampai akhir!

Atraksi yang ditawarkan Pantai Jatimalang

Objek Wisata Pantai JatimalangFoto: Google Maps/Bayu Aji Kurniawan

Salah satu alasan mengapa wisata laut sering dijadikan tujuan liburan terbaik bagi sebagian orang adalah karena menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah indahnya dengan wisata laut lainnya di Indonesia. Selain itu wisata pantai ini masih memiliki beberapa daya tarik lainnya seperti :

✦ Patung Dewa Ruci

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal artikel ini, patung Dewa Ruci berdiri dengan gagahnya di tepian pantai, sehingga pengunjung bisa langsung melihatnya begitu memasuki kawasan pantai Jatimalang. Tak hanya bisa dijadikan spot foto yang menarik, patung ini juga bisa membuat pantai semakin menawan.

Bahkan, ada wisatawan yang datang ke sini hanya untuk melihat keindahan patung tersebut. Meskipun orang tidak diharuskan untuk mengambil foto dengan latar belakang patung ini, namun alangkah bijaknya bagi wisatawan untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

✦ Pantai pasir hitam

Cukup berbeda dengan beberapa wisata pantai lainnya di Indonesia, wisata pantai populer di Jatimalang ini memiliki pasir hitam. Meski begitu, warna hitam ini didapatkan secara alami dan bukan karena kotor. Sedangkan teksturnya tidak jauh berbeda dengan pasir pantai lainnya.

Pantai pasir hitam ini semakin cantik dengan adanya kerang di beberapa sisi. Apalagi garis pantai di sini juga panjang dan indah. Dengan demikian, pasir pantai di sini tidak hanya memiliki keunikan warna, tetapi juga di beberapa bagian lainnya.

✦ Keindahan matahari terbenam yang menakjubkan

Saat berkunjung ke pantai, rasanya ada yang kurang jika tidak melihat pemandangannya matahari terbenam di sana. Hal ini juga berlaku saat seseorang berkunjung ke Pantai Jatimalang. Melihat matahari terbenam disini sangat indah dan tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai JatimalangFoto: Google Maps/Natsir Asrafi

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir harus menempuh perjalanan yang melelahkan untuk mencapai Pantai Jatimalang. Memang pantai indah ini mudah diakses, terutama di desa Jatimalang, Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah dan dekat bandara YIA.

Perjalanan menuju ke sini bisa dimulai dari pusat kota di Jl. Wates-Purworejo kemudian Jl. Kolonel Sugiono. Setelah sampai di Jl. Kolonel Sugiono, perjalanan bisa dilanjutkan ke Jl. KH. Ahmad Dahlan. Tak lama kemudian, pintu masuk wisata pantai ini terlihat jelas. Pasalnya, di sana terdapat patung Dewa Ruci yang berukuran sangat besar.

Jarak antara pantai menawan ini dengan kota Yogyakarta adalah 51,5 km. Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam. Dengan demikian, wisatawan yang berlibur di Yogyakarta dapat melanjutkan perjalanannya dengan mengunjungi objek wisata alam ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Keunggulan pantai menawan ini tidak hanya terletak pada lokasinya yang mudah diakses, tetapi juga pada harga tiket masuknya yang sangat terjangkau. Harga tiket masuk pantai Jatimalang Rp 5.000 per orang dan tiket masuk kolam Rp 10.000.

Melihat informasi tersebut, terlihat bahwa harga tiket masuk wisata bahari terbagi menjadi 2 kategori yang berbeda. Jadi, bagi wisatawan yang ingin mandi di kolam khusus harus mengeluarkan biaya tambahan yang sebenarnya tidak terlalu mahal.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai JatimalangFoto: Google Maps/Ilham Maulana Ash Shiddieq

Sama seperti wisata pantai lainnya di Indonesia, Pantai Jatimalang juga memiliki beberapa wahana yang bisa dinikmati pengunjung. Dengan adanya wahana tersebut, wisatawan tidak mudah bosan saat berkunjung ke sini. Nah, kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di sini?

1. Snorkeling

Aktivitas seru pertama yang wajib dicoba wisatawan di pantai Jatimalang adalah tuba. Kegiatan ini dapat membawa wisatawan untuk melihat secara langsung keindahan alam bawah laut, mulai dari terumbu karang, berbagai jenis ikan, hingga berbagai biota laut yang indah lainnya dapat anda nikmati dalam kegiatan ini.

2. Berenang di Pantai Jatimalang

Jika orang yang menyukai aktivitas menantang bisa melakukannya tuba berkunjung ke sini, sedangkan orang yang lebih suka kegiatan santai tapi menyenangkan bisa melakukan kegiatan ini sendirian. Namun saat berenang di sini, pengunjung tidak boleh ke tengah laut, karena akan sangat berbahaya.

Bagi wisatawan yang ingin berenang lebih leluasa, bisa masuk ke area kolam renang yang telah ditata. Namun, untuk bisa berenang di kolam ini, mereka harus membayar ekstra. Meski begitu, biaya tiket masuk akan langsung terbayar dengan momen liburan yang lebih menyenangkan.

3. Main pasir hitam

Dibandingkan dengan wisata pantai berpasir putih, jumlah wisata pantai pasir hitam cenderung lebih sedikit. Manfaatkan kesempatan ini dengan mengajak anak-anak Anda bermain pasir di sini. Saat ini banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk melihat pasir unik ini secara langsung.

4. MTB

Hampir semua wisata pantai Indonesia dilengkapi dengan kegiatan yang menggairahkan ini, tidak terkecuali pantai Jatimalang. Dengan menggunakan sepeda motor ATV yang telah disediakan di pantai indah ini, wisatawan dapat berkeliling pantai dengan lebih mudah dan tanpa lelah.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai JatimalangFoto: Google Maps/Lody S

Keseruan berlibur di sini juga didukung dengan fasilitas lengkap yang terdapat di sini. Jika suatu objek wisata tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, maka dapat membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Selama kunjungan ke pantai ini sendiri telah disediakan beberapa fasilitas umum seperti :

  • Kolam
  • MTB
  • ruang sholat
  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Warung makanan dan minuman
  • penjaga pantai

Masyarakat yang masih merasa bingung menentukan tujuan liburan selanjutnya bisa menjadikan Pantai Jatimalang sebagai pilihan yang paling cocok. Memang wisata pantai ini cocok tidak hanya untuk mengunjungi teman atau pasangan, tapi juga untuk mengunjungi keluarga tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button