Pasar Keroncong Kotagede 2022, Ada Apa? - WisataHits
wisatahits

Pasar Keroncong Kotagede 2022, Ada Apa?

Event Pasar Keroncong Kotagede 2022 ini merupakan yang pertama kali digelar setelah pandemi Covid 19.

Setelah liburan di tahun 2020 dan pagelaran streaming online di tahun 2021, Pasar Keroncong Kotage diharapkan tetap menjadi tempat bertemunya para pelaku keroncong dan penikmat keroncong.

Pasar Keroncong Kotage 2022Pasar Keroncong Kotage 2022

Tahun ini, kembali dengan 2 panggung dan berbagai orkestra keroncong, diharapkan menjadi ajang interaksi antara pemain dan penikmat keroncong.

Bertempat di sekitar Pasar Kotagede, Pasar Keroncong Kotagede akan menampilkan 14 Orkestra Keroncong dari Kotagede dan daerah lainnya.

Kapan Pasar Keroncong Kotagede 2022?

Pasar Kotage di Keroncong tahun ini kembali hadir di tengah situasi pemulihan dari pandemi Covid 19.

Pasar Keroncong Kotagede 2022 yang akan berlangsung pada Sabtu (3/12/2022), di Pendopo Sopingen dan Pendopo Kajengan.

Keroncong bertemakan hati yang nyaman

Slogan tahun ini “Keroncong Nyaman Hati” harus menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk tetap mengunjungi kota Yogyakarta.

“Di tengah berbagai situasi yang menganggu kenyamanan Pasar Keroncong Kotagede, kami hadir dengan harapan dapat memberikan wawasan tentang pariwisata DIY agar dapat kembali dengan nyaman, apalagi jika bisa hadir di Pasar Keroncong Kotagede. .

Musik keroncong yang benar-benar menerima perbedaan dan menyatu di dalamnya.

Kami pun rukun di tengah semua situasi ini untuk terus berkreasi di Pasar Keroncong Kotagede ini,”

ujar salah satu penggagas Pasar Keroncong Kotagede, M Natsir.

Pria yang akrab disapa Dabey ini juga menjelaskan bahwa Pasar Keroncong Kotagede tetap menjadi sarana komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di Kotagede.

Artinya, jelas Natsir, Pasar Keroncong Kotagede bukan sekedar pertunjukan atau pagelaran musik keroncong saja.

Lebih lanjut, Natsir mengatakan, event Pasar Keroncong Kotagede memiliki pesan nilai-nilai, di antaranya bagaimana mengenalkan adab musik keroncong kepada anak-anak, serta generasi muda.

Selain itu, event Pasar Keroncong Kotagede ini untuk mengenal Kotagede sebagai kota yang memiliki jutaan cerita kehidupan masyarakat yang unik, baik sejarah maupun kekinian, karena merupakan kawasan cagar budaya sebagai peninggalan pusat peradaban pada masa Mataram. Kerajaan.

“Banyak hal yang bisa dilihat dan dirasakan orang saat datang ke Kotagede.

Kami hanya membuka pintu melalui acara Pasar Keroncong, agar masyarakat yang datang ke Kotagede bisa melihat langsung beberapa peninggalan sejarah Mataram, rumah adat dengan kehidupan masyarakat yang khas.

Termasuk, tentang makanan khas Kotagede yang bisa langsung dilihat pengunjung, misalnya membuat roti kembang waru, kipo, yangko, sambil jalan-jalan keliling kampung di Kotagede,”

Untuk itu, harapannya Pasar Keroncong Kotagede dapat menarik minat masyarakat untuk datang ke Kotagede menjelang perhelatan musik keroncong.

Sekali lagi, Pasar Keroncong berada di antara gerbang bagi pengunjung untuk merasakan kawasan wisata dan keunikan budaya Kotagede.

Seperti perhelatan Pasar Keroncong Kotage tahun lalu, kali ini akan ada dua panggung yang menghadirkan sejumlah band Keroncong.

Artis tampil di pasar Kotage di Keroncong

Yakni Panggung Pendapa Sopingen dan Panggung Pendapa Kajengan. Grup musik keroncong yang akan tampil di Pasar Kotage Keroncong tahun ini antara lain

  • Setuju Karisma
  • Orkestra Keroncong Sarlegi
  • Oke Sakpenak
  • Los Fugos
  • Oke Horockoncong
  • D’jancuk
  • Oke Ya Ya
  • Anak muda
  • Pesona Ritme
  • Bintang Kanistha
  • Oke Gita Bahana
  • Sisi X
  • Bintang tamu Hannah Marie Standiford dan Podhang Mas

Banyak Stand Kuliner tradisional!

Selain itu, Pasar Kotage di Keroncong menyajikan jajanan kuliner tradisional selama acara yang berlokasi di Wetan Kanthil, area penghubung Balai Kajengan dan Balai Sopingen.

Dapur tradisional ini dijalankan oleh masyarakat setempat dengan menampilkan UMKM lokal. Selamat datang di Kotagede, nikmati orkestra keroncong di Pasar Keroncong Kotagede 2022.

Nikmati eksotisme Kotagede sebagai kawasan kota cagar budaya.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button