Pulau Bintang, Menikmati pesona gugusan pulau kecil eksotis di utara Kolaka - WisataHits
wisatahits

Pulau Bintang, Menikmati pesona gugusan pulau kecil eksotis di utara Kolaka

Pulau Bintang, Menikmati pesona gugusan pulau kecil eksotis di utara Kolaka

Pulau Bintang Tolala di Kolaka Utara memiliki keunikan keindahan dan karakter yang membuatnya sangat digemari wisatawan.

Harga tiket: Rp 50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Tolala, Kab. Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Dari Kolaka juga, tempat wisata bernama Pulau Bintang di Kolaka Utara menjadi destinasi menarik bagi wisatawan dari berbagai daerah. Pulau ini terletak di perbatasan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Keindahan pulau ini tidak kalah bagusnya dengan Raja Ampat. Wisata bahari sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata murah ala Raja Ampat. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih membuat siapa saja yang datang ke sini ingin berlama-lama.

Pulau ini terdiri dari beberapa pulau kecil yang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Wisatawan bisa melihat berbagai spesies laut di sini. Selain itu, pulau ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Atraksi Pulau Bintang

Atraksi di Pulau BintangKredit gambar: Google Maps Adriansyah Bakara

Sebelumnya, Pulau Bintang atau Pulau Bintang Tolala tidak dikenal orang. Namun setelah dijadikan sebagai tempat wisata, namanya mulai terkenal di seluruh Indonesia dan mancanegara.

Pulau ini juga terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Yang terpenting adalah keanekaragaman terumbu karang yang dimilikinya. Tentunya semua ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang datang ke sini.

✦ Panorama matahari terbenam

Pulau Bintang adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di pinggir pantai atau dari penginapan-penginapan di sekitar pulau.

Matahari terbenam di pulau ini sangat menakjubkan. Ini adalah pemandangan matahari terbenam terbaik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Jadi ajak orang terdekat dan nikmati suasana romantis sambil makan di pinggir pantai dan melihat-lihat pemandangan.

✦ Pemandangan indah

Pulau ini juga memiliki deretan pemandangan yang indah. Apalagi pantai-pantai di sana juga memiliki pasir yang halus dan air yang jernih. Tentu saja, pemandangan terbaik jarang ditemukan di tempat lain.

Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto. Pengunjung dapat melihat situs sambil menelusuri garis pantai atau bermain di air. Apalagi jika ia habiskan bersama orang tersayang, tentunya pemandangan akan semakin menarik.

✦ Gugusan pulau kecil

Pulau-pulau kecil yang ada di pulau tersebut membuat keindahan Pulau Bintang semakin sempurna. Pulau-pulau tersebut juga memiliki pesona tersendiri. Dengan demikian, wisatawan dapat mengunjungi beberapa pulau tersebut dan menikmati keunikan masing-masing pulau.

Untuk menuju beberapa pulau kecil tersebut, pengunjung bisa menyewa perahu yang banyak tersedia di sana. Ada pemandu yang akan menemani wisatawan mengunjungi masing-masing pulau tersebut.

✦ Hamparan pasir putih

Salah satu daya tarik utama Pulau Bintang adalah hamparan pasir putihnya yang indah dan halus. Semua pasir itu ada di deretan pantai di sana. Salah satu pantai yang paling terkenal adalah pantai pasir putih.

Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan indah. Pengunjung bisa berenang dan merasakan kesejukan air laut yang jernih. Namun, sangat disarankan untuk datang ke sana pada pagi hari, tepatnya sebelum air pasang.

✦ Vila di atas bukit

Ada vila kosong di atas bukit di pulau itu. Sehingga pengunjung bisa datang ke sini dan melihat berbagai vila yang indah. Selain itu view yang dilihat dari villa diatas bukit sangat bagus. Ini bisa menjadi saat-saat bahagia yang bisa menenangkan pikiran.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau BintangKredit gambar: Google Maps Rahman Rauf

Pulau Bintang sendiri terletak di Desa Bahari di Kecamatan Tolala. Wilayahnya berada di Wilayah Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menempuh 3 jalur. Cukup pilih jalur terdekat dan mudah diakses.

Jalur pertama adalah jalur darat. Wisatawan bisa berangkat dari Kolaka menuju Kolaka Utara. Pengunjung juga bisa berangkat dari Sulawesi Selatan dan melewati Luwu. Ada deretan pemandangan alam yang akan memanjakan mata selama perjalanan menuju pulau tersebut.

Jika melalui jalur laut, wisatawan harus menggunakan kapal feri dari pelabuhan Siwa di Sulawesi Selatan. Kapal akan menuju Pelabuhan Tobaku di Kolaka Utara. Jadi, jika menggunakan jalur udara, Anda bisa berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan.

Kemudian pesawat akan membawa wisatawan ke Bandara Sangia Nibandera di Kolaka. Dari sini, wisatawan bisa menggunakan berbagai sarana transportasi untuk menuju Pulau Bintang.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pulau Bintang memang masih terjaga. Sebab, suasana di sini selalu sejuk dengan pasir putih bersih dan air jernih. Untuk menikmati suasana yang nyaman, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang.

Harga tersebut tergolong murah karena dengan harga tersebut wisatawan dapat menikmati segala keindahan yang hadir di pulau tersebut. Namun harga tersebut belum termasuk harga penggunaan fasilitas lain seperti sewa perahu.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Star IslandKredit gambar: Google Maps Wahyu Hendri Yulianto

Keunikan dan keindahan Pulau Bintang akan membuat pengunjung ingin terus berada disana. Nah, jika kamu memang tertarik untuk datang ke sana, ada beberapa rekomendasi aktivitas seru yang wajib kamu coba di pulau tersebut.

1. Menikmati hamparan pasir putih

Karena memiliki hamparan pasir putih yang indah dan lembut, menikmati keindahan pasir pastinya menjadi aktivitas utama yang bisa dilakukan wisatawan. Pengunjung bisa menggelar tikar di pinggir pantai atau bermain pasir.

Anak-anak pasti akan menyukai ini. Jadi, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anaknya.

2. Snorkling

Sebagian besar wisatawan yang datang ke Pulau Bintang Kolaka masih snorkeling di keramba. Lokasi Keramba Ikan ini dekat dengan vila-vila yang bertengger di pulau tersebut. Ada deretan keramba ikan yang eye catching.

Selain itu, terdapat pula jembatan kayu yang berfungsi sebagai akses menuju kawasan tersebut. Nah, wisatawan bisa melihat keramba ikan dari atas jembatan kayu. Apalagi wisatawan juga bisa langsung berinteraksi dengan ikan-ikan yang ada di sana.

Ada berbagai jenis ikan berwarna-warni yang bisa ditemukan di tempat ini. Tentunya snorkeling di kawasan ini akan membuat waktu liburan Anda semakin menyenangkan.

3. Datanglah ke Villa di atas bukit

Ada sebuah vila tak berpenghuni di pulau itu. Itu terletak di atas bukit. Wisatawan bisa datang ke sini dan melihat pemandangan indah dari atas puncak. Ini akan menjadi pengalaman sempurna yang tidak bisa dirasakan di tempat lain.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Pulau BintangKredit Gambar: Google Maps Edward Armanda

Pulau ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Tidak ada toilet yang layak untuk digunakan di daerah tersebut. Selain itu, pengunjung juga harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena tidak ada warung di pulau ini.

Tentunya para pengunjung harus mempersiapkan segala keperluan dan perbekalan jika ingin datang ke Pulau Bintang, sebelah utara Kolaka. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan saat Anda datang ke pulau ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button