Hotel "Fully Booked", meningkatkan pariwisata di kota Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Hotel “Fully Booked”, meningkatkan pariwisata di kota Yogyakarta

WAKTU INDONESIA, YOGYAKARTA – Pj Wali Kota Yogyakarta Sumadi optimis hingga akhir tahun jumlah wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta mencapai 7 juta pengunjung.

Sikap optimistis itu dinilai realistis mengingat hingga kemarin, 1 Oktober, 5,8 juta orang telah bermukim di Kota Yogyakarta dan hotel-hotel di kawasan itu sudah penuh dipesan hingga akhir tahun.

Keyakinan itu diungkapkan Sumadi saat menerima kunjungan kerja dari Pemkab Blitar yang dipimpin Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunaryo di Pendopo Yudhistira Balai Kota Yogyakarta.

“Oleh karena itu, kami optimistis jumlah wisatawan akan mencapai 7 juta orang pada bulan Desember, bulan ini akan banyak event, termasuk pernikahan putra presiden yang akan berdampak besar bagi kota Yogyakarta,” ujarnya. Sumadi.

Kunjungan ini merupakan kajian palsu kota Yogyakarta dalam bidang pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Lebih lanjut Sumadi menjelaskan, laporan dari PHRI untuk hotel di Kota Yogyakarta bagian utara sekitar 80 persen terisi, kemudian 70 persen di tengah dan 60 persen di selatan.

“Jadi hotel-hotel di Kota Yogyakarta sudah full booking dari kemarin tanggal 1 Desember sampai dengan 12 Desember 2022. Kemudian pengusaha rental keluar dari teman, bahkan ada permintaan harus menyediakan 40 mobil Alphard, tapi tidak bisa dipenuhi,” terangnya, Rabu (12/7/2022).

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya menggairahkan potensi wisata agar mampu bersaing melalui kerjasama atau sinergi dengan kabupaten-kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kalau bicara destinasi wisata, kebanyakan ada di kabupaten. Jadi fokus kita adalah meningkatkan pariwisata dari aspek sosial budayanya,” ujarnya.

Sumadi berharap Kabupaten Blitar juga mengembangkan objek wisatanya, terutama tempat-tempat bersejarah yang terdapat makam para pahlawan seperti Ir Soekarno, Supriyadi dan tempat lainnya sehingga memiliki potensi yang luar biasa.

Tidak hanya itu, potensi UMKM di kota Yogyakarta seperti Ecoprints, Jumputan dll juga menjadi daya tarik yang menjadi bagian dari peningkatan kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunaryo mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan saran serta kontribusi dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Ia berharap potensi yang ada di kota Yogyakarta dapat ditiru di kota Blitar sehingga dapat lebih baik lagi di bidang pariwisata dan UMKM ke depannya.

“Kami sangat senang bisa diterima di kota Yogyakarta. Tujuan utamanya adalah untuk tetap berhubungan. Selain itu, kami ingin belajar semuanya dimana kondisi di Yogyakarta sudah sangat kondusif, terutama di sektor pariwisata maju dan sektor UMKM,” ujarnya.

Tjutjuk mengatakan, pihaknya akan terus mengembangkan potensi yang ada agar Kota Blitar bisa menjadi destinasi wisata seperti Kota Yogyakarta.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button