Haornas 2022, Ganjar telah dianugerahi lima tujuan wisata olahraga terbaik - WisataHits
Jawa Tengah

Haornas 2022, Ganjar telah dianugerahi lima tujuan wisata olahraga terbaik

SOLO, KOMPAS.com – Untuk menekan wisata olahragaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui ada lima daerah yang muncul sebagai destinasi wisata unggulan di daerah ini.

Kelima kota tersebut adalah Kota Solo, Kota Semarang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Semarang.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Kadisporapar Banyumas, Kadisporapar Semarang dan Kadisporapar Magelang menerima penghargaan dari Ganjar.

Baca Juga: Pembukaan Haornas ke-39, Wapres: Olahraga Sebagai Sarana Menjaga Perdamaian Dunia

“Selamat kepada walikota dan bupati yang menerima penghargaan dan kita salut untuk semuanya,” kata Ganjar pada pembukaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 2022 di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (9 2022).

Kawasan tersebut diyakini mampu mengembangkan wisata olahraga berkelanjutan dengan rangkaian acara.

Ganjar juga mendorong setiap daerah di Jawa Tengah untuk menciptakan dan mengembangkan wisata olahraga yang berkelanjutan.

Dalam konteks ini, Ganjar mengingatkan Daerah agar dalam pelaksanaannya pelaksanaan sport tourism tidak berhenti pada suatu event.

Pasalnya, Jawa Tengah memiliki bentang alam dan potensi besar yang dapat dimanfaatkan untuk wisata olahraga berkelanjutan.

Apalagi sejak pandemi COVID-19, orang cenderung mengunjungi destinasi wisata alam.

Baca juga: Memorial Haornas Nasional Jateng Digelar di Solo, Ini Alasannya

Menggabungkan atraksi wisata alam dengan olahraga sudah lama menjadi fokus Pemprov Jateng untuk pengembangan pariwisata Jateng.

Seperti halnya maraton, Gowes kerap memilih wilayah Jawa Tengah sebagai tuan rumah. Bahkan kejuaraan menerbangkan layang-layang internasional yang kelima kalinya digelar di Telomoyo, Kabupaten Semarang.

Peraturan untuk pengembangan wisata olahraga di daerah ini juga sedang disusun oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Tiba di Balikpapan Untuk Klimaks Acara Haornas, Menpora: Bikin Orang Suka Olahraga

Ganjar meminta Disporapar Jateng setidaknya memenuhi tiga kriteria. Yakni keberlangsungan acara tersebut setidaknya selama tiga tahun berturut-turut.

Dari situ, pihaknya akan menilai kelayakan kawasan itu sebagai destinasi wisata olahraga unggulan untuk masuk dalam kalender kegiatan Jateng.

“Misalnya kita ada Borobudur marathon, Magelang sudah siap. Mungkin bisa solo juga,” pungkas Ganjar.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terbaru setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: regional.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button