Raja Ampat Papua - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Raja Ampat Papua – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Raja Ampat salah satu wisata bahari yang populer di Papua yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Memiliki beberapa pulau dengan keindahan bawah laut dan pantai yang menjadi tujuan favorit para pecinta snorkeling dan diving.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 500.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Raja Ampat, Papua Barat; Kasus: Cek lokasi

Papua dikenal sebagai daerah dengan budaya dan pariwisata yang unik. Bagaimana tidak, Raja Ampat merupakan salah satu pulau yang sangat mirip dengan burung dan menjadi tempat wisata yang menarik. Nama Raja Ampat sendiri memiliki arti empat raja yang cantik jelita.

Apalagi wisata bahari di Papua adalah tempat terbaik untuk menyelam. Untuk itu, pulau ini setiap tahun akan dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri bahkan dari luar negeri.

Ada biota laut yang sangat beragam yang membuat pulau Raja Ampat menjadi tujuan wisata yang terkenal. Pulau ini sendiri terletak di antara samudra Hindia dan Pasifik, sehingga suhu di pulau ini sangat cocok untuk menyelam bagi para wisatawan.

Daya Tarik Raja Ampat Papua

Daya Tarik Raja Ampat PapuaKredit gambar: Google Maps

Meski terletak di daerah yang cukup terpencil, Raja Ampat Papua menjadi destinasi wisata yang populer sepanjang tahun. Artinya tidak akan ada yang menyesal datang ke pulau tersebut. Tentu saja, dengan daya tariknya yang menakjubkan, semua orang siap untuk datang.

1. Menjadi surga bawah laut

Objek wisata yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah biota laut Pulau Raja Ampat. Badan konservasi internasional telah melaporkan bahwa kawasan ini merupakan rumah bagi sekitar 75% spesies laut yang ada di dunia. Dengan luas laut kurang lebih 4,6 juta hektar, tempat ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 jenis ikan, dan ribuan biota laut lainnya.

Dengan keunggulan yang dimiliki destinasi wisata. Tak heran jika pulau-pulau tersebut dinobatkan sebagai surga bawah laut terindah di dunia.

2. Memiliki banyak pantai yang indah

Pulau Raja Ampat merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pantai. Umumnya semua pantai memiliki pasir putih halus hampir seperti tepung. Tak hanya itu, banyak sekali pulau-pulau yang membentuk deretan tebing-tebing tinggi.

Dan yang paling unik dari pulau ini adalah wisata Teluk Kabui, Piaynemo dan Wayag. Yang sudah terkenal di Nusantara.

3. Ada hutan hujan

Hal yang Dapat Dilakukan di Raja Ampat PapuaKredit gambar: Google Maps

Pulau ini memiliki banyak hutan hujan yang menarik. Bahkan di dua desa bernama sawinggrai dan juga saporkrein, ada beberapa burung langka dan cantik yang hidup. Kedua desa memelihara dan merawat burung langka seperti burung cenderawasih. Alangkah indahnya burung cenderawasih menjadi ciri khas Papua.

4. Memiliki budaya yang unik

Pulau-pulau ini juga memiliki budaya yang unik dan mampu menarik wisatawan. Salah satunya adalah desa wisata bernama Arobek. Meski merupakan desa yang terletak di pulau kecil, kesenian di sini cukup beragam.

Dari tarian tradisional, membuat kerajinan anyaman dari daun pandan, dan ada makanan sinole yang terbuat dari sagu. yang telah diturunkan dari generasi ke generasi dari nenek moyang hingga saat ini.

Bahkan, ada mitos tentang nama Raja Ampat. Nama tersebut sebenarnya diambil dari 7 telur yang sebelumnya ditemukan oleh nenek moyang perempuan mereka. Tempat telur itu kemudian menetas dan menjadi tempat sang pangeran.

Yang pada saat itu menjadi raja dari 4 pulau besar yaitu Pulau Salawati, Pulau Misool, Pulau Batanta dan juga Pulau Waigeo. Adapun telur lainnya yang menetas pada seorang wanita, menjadi hantu, dan juga menjadi batu.

Alamat dan Arah Lokasi Raja Ampat

Alamat Raja AmpatKredit gambar: Google Maps LouLou

Raja Ampat terletak di salah satu kabupaten yang masih termasuk dalam provinsi Papua Barat. Untuk bisa menuju ke pulau tersebut, Anda harus terlebih dahulu datang ke Kota Sorong. Umumnya, wisatawan akan menggunakan penerbangan untuk sampai ke kota.

Selain itu, dari kota Sorong, kita akan menggunakan speed boat untuk menuju Waisai yang merupakan ibu kota kabupaten ini. Dari kota Sorong ke kota Waisai memakan waktu sekitar 2 jam sampai 3 jam.

Meskipun akses untuk menuju ke tempat ini memiliki keterbatasan. Namun Raja Ampat sendiri selalu melakukan pembenahan agar bisa memberikan berbagai jenis fasilitas untuk semua kalangan.

Biaya Perjalanan di Raja Ampat Papua

Biaya Perjalanan di Raja Ampat PapuaKredit Gambar: Google Maps Alfan Nofear

Ada orang yang terbiasa berwisata, akan mudah menentukan budget yang harus dikeluarkan ketika ingin berlibur wisata bahari di Papua Barat. Namun, bagi orang yang belum pernah ke sana, akan sulit.

Padahal, berwisata ke Raja Ampat di Papua akan jauh lebih murah secara rombongan. Untuk 15 orang saja, per orang hanya dikenakan biaya Rp 500.000.

Namun, jika ingin pergi bersama pasangan, tentunya budget yang disiapkan harus tinggi. Selain itu, biaya akomodasi di sana cukup tepat dan bila menggunakan beberapa jasa, seperti sewa speedboat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Raja Ampat

Kegiatan menarik di Raja AmpatKredit Gambar: Google Maps Ryan Aranggangang

1. Menyelam di Perairan Raja Ampat yang Penuh Kejutan

Seperti disebutkan di atas, wisata bahari ini merupakan pulau yang menyimpan kekayaan laut dari hampir seluruh lautan di dunia. Dengan demikian, sebagian besar wisatawan akan datang untuk menikmati pesona bawah laut sambil menyelam. Ada begitu banyak tempat menyelam di daerah ini dengan pemandangan taman laut yang indah.

Karena keberadaan ribuan jenis ikan, tak salah jika pulau Raja Ampat dinobatkan sebagai ibu kota ikan dunia. Bahkan, banyak orang penting seperti pendiri Google telah menyaksikan kekayaan alam perairan di tempat ini.

2. Snorkeling di perairan dangkal

Snorkeling merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh wisatawan selama berada di Raja Ampat. Untuk bisa melihat betapa indahnya bawah laut, Anda bisa snorkeling di daerah yang dangkal.

Selain itu, hampir semua perairan di pulau ini memiliki jarak pandang yang sangat baik hingga beberapa meter. Sehingga wisatawan tidak perlu menyelam di laut lepas, di mana Anda bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil berwarna-warni.

3. Pergi mendaki alam

Kegiatan menarik di Raja AmpatKredit gambar: Google Maps Foto Thomas

Trekking di sini adalah salah satu hal yang paling mudah karena hanya mengikuti rute yang telah disediakan. Tempatnya adalah pulau yang tidak berpenghuni, jadi akan lebih sulit untuk membuat jalan sendiri. Jangan heran jika selama perjalanan Anda banyak bertemu dengan biawak, tumbuhan kantong semar bahkan burung maleo.

Saat sampai di puncak bukit, Anda akan menemukan pemandangan yang bagus. Ada beberapa pemandangan gugusan karang yang super keren yang tidak bisa dilihat di internet begitu saja.

4. Beri makan ikan di laut

Memancing ikan adalah salah satu kegiatan yang paling umum dan ramah dilakukan oleh wisatawan yang takut menyelam atau snorkeling. Wisatawan masih bisa melihat bagaimana kehidupan biota laut dari atas perahu.

Karena ikan-ikan kecil tidak takut mendekati wisatawan yang memberi mereka makan. Anda hanya perlu menyiapkan makanan ringan seperti cookies atau roti untuk memberi makan ikan.

Kegiatan ini sendiri dapat dengan mudah dilakukan oleh wisatawan tanpa mengeluarkan biaya apapun. Tentunya kegiatan ini menyenangkan bila dilakukan bersama anak-anak Anda.

5. Lihat burung cendrawasih hidup

Seperti yang kita ketahui, daratan Raja Ampat memiliki banyak sekali jenis burung. Dan salah satunya adalah burung cenderawasih. Namun, Anda bisa melihat burung secara langsung ketika datang ke wisata bahari ini.

Untuk bisa melihat burung Cendrawasih secara langsung, Anda bisa datang mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB dini hari. Dan untuk yang kedua kalinya yaitu pada pukul 16.00-17.00 WIB sore.

Akomodasi murah di sekitar Raja Ampat

Akomodasi murah di sekitar Raja AmpatKredit gambar: Google Maps Julizar Sayuti

1. Akomodasi berkelanjutan

Untuk hostel ini berada di Jalan Yan Mamoribo nomor 80, Kota Waisai. Hostel ini menawarkan fasilitas yang memadai bagi para traveler. Dari AC, televisi, ada free wi-fi dan juga kamar mandi pribadi. Dengan fasilitas yang lengkap di setiap kamar, ternyata tarif untuk malamnya sendiri cukup murah.

2. Akomodasi Cemara Resort dan Homestay

Untuk akomodasi ini saja sudah cukup anti mainstream, hostel yang terletak di Jalan Saporkren, Pantai Saleo ini dibangun sebagai rumah panggung kayu. Hostel ini terletak di dekat pantai. Sehingga Anda dapat menikmati perasaan tinggal di alam.

3. Penginapan Resor Menyelam Gurara

Hostel yang terletak di Jalan Trans Wisata No. 88 ini menawarkan fasilitas yang tak kalah memadai dengan hotel bintang 5 di perkotaan. Hostel ini juga menawarkan kegiatan menyelam dan Anda bahkan dapat mengikuti kelas yoga.

4. Homestay Jam Tangan Kacang

Untuk hostel ini sangat terkenal dengan lokasinya yang cocok sebagai pusat menyelam. Karena berada langsung di pinggir pantai dan tentunya menawarkan suasana tenang yang kondusif untuk beristirahat setelah menjelajahi Raja Ampat.

Fasilitas yang ada di Raja Ampat Papua

Fasilitas Raja Ampat PapuaKredit gambar: Google Maps Ian Otard Kognac

1. Sewa speedboat

Untuk bisa menjelajahi keindahan laut di Raja Ampat, Anda bisa menyewa speedboat yang sudah disediakan. Ada beberapa jasa yang menyiapkan fast boat agar Anda tidak salah cari rental.

2. Banyak penginapan dengan harga terjangkau

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pulau ini memiliki banyak hostel mulai dari resort hingga hotel. Akomodasi dapat dengan mudah ditemukan dengan menyesuaikan anggaran yang Anda miliki. Selain itu, semua hostel dilengkapi dengan fasilitas yang biasa digunakan seperti toilet dalam kamar, wi-fi gratis, dan AC.

3. Toko suvenir murah

Beberapa desa di kabupaten ini memiliki kekhasan dalam membuat barang-barang unik, sehingga banyak terdapat toko-toko suvenir. Dan Anda dapat menjelajahi toko-toko suvenir yang berjejer di sana untuk mengambil oleh-oleh.

Nah, jika Anda ingin datang ke Raja Ampat untuk menghabiskan liburan, jangan lupa siapkan budget yang besar karena wisata bahari di Papua penuh dengan spot-spot menarik untuk dijelajahi. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button