Keindahan Pulau Bintang, tempat terbaik untuk penggemar snorkeling di utara Kolaka - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Bintang, tempat terbaik untuk penggemar snorkeling di utara Kolaka

Keindahan Pulau Bintang, tempat terbaik untuk penggemar snorkeling di utara Kolaka
Biaya kunjungan: Mulai Rp 50.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: kecamatan Tolala, Kab. Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Kolaka Utara merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki berbagai keindahan alam, khususnya di Pulau Bintang. Berada di perbatasan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, pulau ini memiliki sudut keindahan alam yang tak kalah dengan Raja Ampat.

Mulai dari gugusan pulau kecil, keindahan alam bawah laut, biota laut yang beraneka ragam, pasir putih dan masih banyak atraksi menarik lainnya. Ada di Pulau Bintang! Pulau yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara di Sulawesi Tenggara ini menawarkan banyak keindahan alam dan eksotik.

Atraksi Pulau Bintang

Atraksi Pulau BintangKredit gambar: Google Maps Rahman Rauf

1. Panorama alam

Sesampainya di Pulau Bintang setelah menempuh perjalanan jauh, Anda langsung berhak melihat pemandangan yang begitu eksotis. Ada banyak pepohonan hijau yang ranting-rantingnya tampak siap menyambut pengunjung, mulai dari pantai berpasir hingga laut biru jernih. Di sekitar pulau juga terdapat beberapa pulau kecil yang tidak berpenghuni.

2. Keindahan Bawah Air

Berlibur ke pantai, pulau-pulau eksotis dan terumbu karang yang indah tidak lengkap tanpa menjelajahi keindahan alam bawah laut, keunikan terumbu karang yang berbeda dan biota laut yang beragam juga menjadi daya tarik Pulau Bintang yang wajib dikunjungi.

3. Pantai pasir putih

Namun, Anda bisa menemukan beberapa pantai cantik di kawasan Pulau Bintang, yang paling terkenal adalah Pantai Pasir Putih. Ya, seperti namanya, pantai ini memiliki pasir yang putih dan sangat manis seperti gula. Aktivitas pantai yang paling bagus adalah berenang, karena dibantu dengan kondisi ombak yang sangat tenang dan bentuk pantai yang cukup landai. Sangat disarankan untuk pergi ke pantai Pasir Putih di pagi hari sebelum air pasang.

Alamat, lokasi rute, dan biaya tur

Biaya pariwisata Pulau BintangKredit Gambar: Google Maps Giants Blog

Posisi Pulau Bintang yang berada di Desa Bahari Kecamatan Tolala dan Kabupaten Kolaka Utara, prov. Sulawesi Tenggara. Terdapat 3 jalur lokal yaitu jalur darat, laut dan udara. Di jalur darat, penumpang dapat melakukan perjalanan dari Kolaka ke Kolaka Utara atau Sulawesi Selatan melalui Luwu.

Sepanjang jalan, traveler bisa melihat keindahan alam lain yang menakjubkan. Melalui jalur laut, penumpang bisa naik perahu dari Pelabuhan Feri Siwa di Sulawesi Selatan menuju Pelabuhan Tobaku di Kolaka Utara. Untuk rute penerbangan, penumpang dapat terbang ke Kolaka dari Bandara Hasanuddin di Sulat menuju Bandara Sangia Nibandera di Sulawesi Tenggara.

Tidak sampai di situ saja, sesampainya di tempat wisata, Anda perlu menyewa perahu kecil milik penduduk setempat untuk menyeberang ke Pulau Bintang. Sebelum menjadi tujuan wisata, sangat sedikit yang diketahui tentang keberadaan pulau tersebut. Bahkan, penduduk setempat pun jarang mengunjungi pulau ini. Sehingga kemurnian dan keindahan alamnya tetap terjaga hingga sekarang.

Pengunjung tidak membayar tiket masuk ke Pulau Bintang, sehingga hanya perlu membayar sewa perahu dari desa Tolala menuju pulau tersebut. Biaya sewa perahu akan dihitung per kepala sekitar 50.000 per orang.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Bintang

Aktivitas Seru di Pulau BintangKredit gambar: Google Maps Achmad Tandi

1. Snorkling

Selain untuk menikmati permukaan air dengan pemandangan bawah laut, snorkeling juga bermanfaat untuk kesehatan. Snorkeling memaksa kita untuk banyak bergerak di dalam air. Tentunya memiliki efek pembakaran lemak yang merata di dalam tubuh, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Semakin lama Anda menyelam, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar. Snorkeling membakar 600 kalori setiap 60 menit. Bagaimana dengan snorkeling selama tiga jam? Bayangkan ya.

Berenang sangat mempengaruhi kesehatan paru-paru, gangguan pernapasan dapat diatasi dengan snorkeling. Dari mendengkur hingga mudah lelah hingga efektif menghindari asma. Freediving juga memiliki efek positif pada otot dan tulang. Kondisi fisik juga sudah membaik. Itu karena energi yang digunakan untuk mendorong berat badan jauh lebih berat di dalam air daripada di udara Menurut sebuah laporan oleh WebMD, penelitian menunjukkan bahwa kita membutuhkan setidaknya 150 menit olahraga dalam seminggu untuk menjaga kesehatan organ kita, termasuk salah satu organ terpenting kita. , jantung.

Manfaat yang didapat dari air laut, saat snorkeling, kulit kita terpapar sinar matahari. Tahukah Anda bahwa sinar matahari mengandung vitamin D yang terbukti dapat mengurangi risiko kanker seperti kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita? Manfaat lain dari paparan sinar matahari saat snorkeling adalah detoksifikasi tubuh. Proses detoksifikasi ini meningkatkan fungsi hati, yang bertanggung jawab untuk menghilangkan racun.

2. Kegiatan menyelam

Kabupaten Kolaka terdiri dari beberapa pulau, dan setiap pulau tentunya menawarkan keindahan yang berbeda. Pulau Bintang yang eksotis adalah salah satu keistimewaannya. Tempat ini menawarkan berbagai macam panorama bawah laut yang indah. Pulau ini merupakan tempat yang direkomendasikan untuk kegiatan menyelam bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Jadi bagi anda yang ingin menyelam tentunya akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

3. Pulau yang selalu indah

Selain berbagai pesona alamnya, Pulau Bintang selalu sangat indah. Pasalnya Bintang belum banyak dijamah oleh tangan-tangan jahil yang menjadi daya tarik destinasi bahari ini. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Bintang, selalu perhatikan kelestarian alamnya baik di darat maupun di bawah air.

4. Menikmati matahari terbenam

Salah satu alasan banyak orang memilih untuk menikmati pantai adalah pemandangan indah saat matahari terbenam. Sunset adalah waktu yang dinantikan oleh banyak orang. Saat matahari terbenam, saat yang tepat untuk merenung dan mengagumi keindahan alam. Pemandangan yang indah seringkali menjadikan sunset sebagai salah satu momen yang paling dinantikan.

Banyak fenomena alam yang sering terjadi di sekitar Anda. Contoh fenomena alam yang bisa Anda temukan di belahan dunia manapun, bahkan setiap hari, adalah matahari terbenam. Semua orang menyukai matahari terbenam karena indahnya warna jingga yang mewarnai langit setiap sore. Ini menciptakan warna dan pola di langit yang begitu indah untuk dilihat. Tapi apa itu matahari terbenam? Matahari terbenam adalah salah satu fenomena atau proses matahari terbenam.

Saat matahari terbenam, itu adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan menikmatinya di pantai. Karena fenomena menikmati sunset di pantai ini sangat jernih dan sangat indah. Apalagi jika Anda menikmati sunset di pantai bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Oh, itu pasti sangat bagus, bukan? Itulah mengapa sangat disarankan untuk menikmati sunset di Pulau Bintang.

5. Menginap di Vila

Pulau eksotis ini memiliki vila-vila yang menghadap ke pulau dan keramba pemancingan. Dia terlihat seperti pengelana ramah yang sangat baik, Anda juga bisa melihatnya dari atas. Menikmati waktu luang sekedar untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang tersayang merupakan salah satu momen yang paling dinantikan. Tak heran jika banyak orang, termasuk Anda, merencanakan liburannya dengan baik. Salah satu pilihannya adalah menyewa vila di dekat beberapa tempat wisata.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Pulau BintangKredit Gambar: Google Maps Edward Armanda

Pulau Bintang minim fasilitas, bahkan wisatawan yang berkunjung pun masih kesulitan mencari toilet yang layak. Juga tidak ada warung yang menawarkan aneka minuman dan makanan ringan, sehingga wisatawan harus menyiapkan perbekalan pribadi sebelum menuju pulau.

Namun, keindahannya membuat pulau ini layak dijadikan tempat liburan akhir pekan keluarga. Namun, partisipasi wisatawan tetap diperlukan untuk menjaga karakter alam kawasan pulau.

Nah, ini dia hal-hal yang wajib kamu lakukan dan sangat direkomendasikan saat berkunjung ke Pulau Bintang di Kabupaten Kolaka Utara. Dengan destinasi wisata dan keindahan yang memanjakan mata tidak kalah dengan pantai indah lainnya di Indonesia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button