Pantai Nglambor - WisataHits
wisatahits

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Obyek wisata pantai di Jogja terbentang dengan ciri khas dan daya tarik tersendiri. Jika ingin menikmati deretan pantai dengan ombak yang besar, di Jogja tujuan kita bisa langsung ke kawasan Gunung Kidul.

Kawasan Gunungkidul yang terletak di bagian selatan Jogjakarta memiliki pantai dengan ombak yang besar dan tinggi. Banyak orang mengatakan bahwa di pantai jenis ini Anda tidak bisa sembarangan jatuh berenang karena berbahaya bagi keselamatan kita.

Ya. Itu benar. Namun jika Anda berencana mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul untuk tujuan berenang, sebenarnya ada Pantai Nglambor cukup aman untuk kegiatan ini.

pantai-nglambor-yogyakarta

Ternyata tidak hanya berenang, di Pantai Nglambor ini Anda juga bisa berenangtuba ria memanfaatkan kekayaan bawah lautnya yang berlimpah dengan berbagai bentuk ikan dan biota laut.

aktivitas tuba bahkan menjadi aktivitas utama dan favorit yang sering dilakukan wisatawan saat berwisata Pantai Nglambor.

Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai pantai Gunung Kidul ini, berikut ulasannya untuk Anda.

Pantai Nglambor

Seperti pantai lainnya di Gunung Kidul, pantai ini juga menghadap Samudera Hindia.

Jika melihat fakta ini, seharusnya pantai Nglambor memiliki ombak yang besar seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Namun kekhasan pantai ini adalah terdapat dua bukit karang besar di setiap sisinya.

Bukit karang inilah yang menahan gelombang besar sehingga gelombang yang sampai ke pantai menjadi lebih kecil.

pantai-nglambo-gunung-kidulmelalui instagram.com/pantai_nglambo

Pantai ini diapit oleh dua pantai lainnya yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Dibandingkan keduanya, Pantai Nglambor terbilang masih baru karena baru dikenal sebagai tempat wisata pada tahun 2013 lalu.

Padahal, pembangunan infrastruktur untuk memudahkan kunjungan wisatawan ke pantai ini sudah dibangun sejak 2010.

Namun entah mengapa pantai ini masih belum terlihat oleh wisatawan, sehingga saat itu pengunjung masih diam.

Baru setelah foto-fotonya tersebar di media sosial, Pantai Nglambor perlahan mulai dikenal dan sejak tahun 2013 hingga sekarang selalu mendapat cukup banyak kunjungan wisatawan.

Aktivitas wisata di pantai Nglambor

Seperti yang kami tulis di awal, aktivitas utama yang paling cocok dan banyak diminati wisatawan di pantai Nglambor adalah tuba. Selain itu, di pantai ini kita juga bisa melakukan aktivitas lain yang cukup menarik.

Memang di pantai ini tidak tersedia permainan air seperti itu perahu pisang atau wahana kano seperti yang bisa kita mainkan saat berkunjung ke Pantai Sadranan.

Meski begitu, di Pantai Nglambor kita bisa melakukan beberapa aktivitas lain yang tak kalah seru.

Berikut rekomendasi aktivitas wisata di Pantai Nglambor:

1. Santai

pantai-nglambor-wonosarimelalui instagram.com/kusukaaid

Meski sudah mulai rutin dikunjungi wisatawan, namun kealamian dan keindahan pantai ini masih terjaga hingga saat ini.

Oleh karena itu, jika Anda terlalu malas untuk beraktivitas, Anda tetap bisa menikmati liburan yang menyenangkan dengan bersantai di pantai ini.

Apalagi jika kebetulan kita datang saat pengunjung sedang sepi. Suasana santai pun akan sangat nyaman karena minim gangguan.

Selain itu, pantai ini juga sangat teduh. Anda bahkan bisa menikmati saat-saat relaksasi hingga siang hari tanpa kepanasan.

Di pantai ini terdapat tebing-tebing tinggi yang menghalangi sinar matahari. Jadi sampai jam 1 siang pun Anda masih bisa duduk atau berbaring dengan sangat nyaman di atas pasir.

2. Berenang

Ombaknya yang cukup tenang membuat pantai ini cocok untuk berenang. Apalagi airnya juga bersih dengan suhu yang cukup dingin sehingga akan sangat menyegarkan tubuh Anda.

Namun di pantai ini banyak terdapat bebatuan yang berbatu dan tajam.

Jadi saat berenang, tetap waspada dan hati-hati jangan sampai terbentur batu.

Baca juga : Keunikan pantai Ngobaran di Jogja

3. Snorkling

pantai-nglambo-snorkelingmelalui instagram.com/tata.dhyta

Banyak wisatawan yang datang ke pantai Nglambor dengan tujuan menyelam dengan topeng dan snorkeling dan berburu Foto kapal selam.

Meski tak seindah Raja Ampat atau Bunaken Wakatobi, suasana bawah laut pantai ini juga sangat menyenangkan untuk dipandang.

Peralatan tuba kita bisa menyewa langsung di pantai ini dengan harga sewa sekitar 50 ribu rupiah. Jika Anda ingin pada saat yang sama dengan kamera kapal selamdia, kita harus membayar sekitar 70 ribu rupee.

Dua turis yang sudah pintar tuba atau tidak akan menerima peralatan tuba dan juga memandu.

Selain menjadi panduan bagi yang belum menguasai tubapara memandu itu juga akan membantu wisatawan ketika mereka ingin berfoto di dalam air.

Baca juga : Pantai Timang

4. Berburu Foto

image-beach-nglamboremelalui instagram.com/pantai_nglambo

Marah berburu foto di dalam air, wisatawan yang suka berfoto juga bisamengeksplorasi berbagai macam tempat foto di sekitar pantai.

Satu dari tempat yang bisa anda coba adalah di pulau karang untuk menuju ke sana anda harus melewati jembatan gantung.

tempat foto-foto di pulau karang sangat indah dan beberapa wisatawan mengakui keindahannya.

Di pulau karang yang bisa Anda gunakan untuk berfoto konteks Samudra Pasifik yang luas dengan perairan biru.

Baca juga : Pantai Wediombo Jogja

5. Matahari terbit dan terbenam

artikel-nglambore-pantaimelalui instagram.com/ditadityasp

Matahari terbit dan matahari terbenam adalah dua momen indah yang bisa dinikmati saat mengunjungi pantai Nglambor. Kita bisa membuat kecantikan seperti konteks foto yang sangat bagus.

Untuk bisa mengikuti dua momen tersebut, tentunya Anda harus datang pagi-pagi sekali dan juga menginap di pantai hingga sore hari.

Untuk itu sebaiknya kita menginap saja di beberapa hostel yang letaknya tidak jauh dari pantai jika kita memang memiliki liburan yang cukup panjang.

Alamat Pantai Nglambor

Pantai ini terletak di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jarak tempuh dari pusat kota Jogja cukup jauh, sekitar 71,8 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Titik lokasi pantai Nglambor dapat dicapai melalui jalur yang sama dengan yang Anda tuju Pantai Siung. Kita bisa memulai perjalanan melalui Jalan Wonosari menuju Piyungan.

Dari Piyungan, lanjutkan perjalanan menuju Kompleks Pemerintahan Daerah Wonosari. Nah dari sini kita bisa menuju desa Purwodadi yang terletak di kecamatan Tepus.

Letak pantai dari tempat parkir cukup jauh, sekitar 500 meter. Jika anda datang menggunakan kendaraan roda empat, dari tempat parkir anda bisa berjalan kaki menuju lokasi atau menggunakan jasa moto taxi dengan biaya kurang lebih 5.000 sekali jalan.

Kondisi jalan dari tempat parkir menuju lokasi pantai agak terjal. Jadi bagi yang menggunakan sepeda motor harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Air Terjun Sri Gethuk jogja

Jam Buka Pantai Nglambor

Pantai Nglambor buka setiap hari selama 24 jam.

Hari Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Namun bagi yang menginginkan suasana pantai yang tidak terlalu ramai, sebaiknya datang pada hari kerja antara jam 8 sampai 10 pagi.

Baca juga : Menyusuri Pantai Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati keindahan Pantai Nglambor. Tiket masuk dijual dengan harga Rp 6.000 per orang pada hari kerja dan hari libur nasional.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk RDI 6000
Parkir hanya untuk sepeda motor RDI 2000
Tempat parkir mobil RDI 5000

Selain tiket masuk ini, ada biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk pengguna sepeda motor dan Rp5.000 untuk pengguna mobil.

Namun jika dijumlahkan, nominal tersebut masih sangat murah dan akan terbayar lunas dengan pesona keindahan Pantai Nglambor.

Fasilitas umum

jalan-pantai-nglambomelalui instagram.com/setyo_arii

Di pantai ini juga tersedia beberapa fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir, mushola, warung makan, toilet dan tempat duduk.

Akomodasi di Pantai Nglambor

Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam, di suatu tempat yang tidak terlalu jauh dari pantai, tersedia beberapa penginapan yang bisa disewa.

Rekomendasi penginapan lumayan dekat dengan pantai nglambor termasuk Orchid Inn Hotel (18.2 km), Omah Sundak (8.9 km), The Royal Joglo (9.8 km) dan Sea View Sundak Indraprastha (8.9 km).

Selain dekat dengan hostel di atas, juga bisa disewa dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kisaran harga sewa antara 200.000 hingga 350.000 per malam.

Wisata dekat Pantai Nglambor

Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, Anda juga bisa menjelajahi beberapa objek wisata yang terletak di dekat Pantai Nglambor.

harga-tiket-masuk-pantai-nglabormelalui instagram.com/dodi_saputra58

Obyek wisata yang cukup dekat dengan pantai ini antara lain Pantai Ngandong, Pantai BaronBaron Techno Park, Gua Jomlang, Gua Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai SadrananPantai Siung, Pantai Timang dan lain-lain.

Kesimpulan

Pantai Nglambor, Gunung Kidul Ini memang tempat wisata baru di Jogja. Namun dengan keindahannya dan fasilitas yang memadai, pantai ini segera menjadi salah satu tempat wisata favorit di Yogyakarta.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button