8 oleh-oleh khas Mojokerto, ada onde-onde hingga sepatu kulit - WisataHits
Jawa Timur

8 oleh-oleh khas Mojokerto, ada onde-onde hingga sepatu kulit

mojokerto

Rasanya liburan belum lengkap jika tidak membeli oleh-oleh. Berikut sejumlah oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan saat berlibur di Mojokerto.

Ada banyak oleh-oleh khas Mojokerto. Mulai dari makanan ringan hingga kerajinan tangan. Berikut ratingnya.

1. Onde onde

Onde-onde adalah jajanan khas Mojokerto. Onde-onde khas Mojokerto terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang diwarnai.

Kamu bisa membelinya di Onde-onde Bo Liem Empunala. Sekarang juga ada versi mini onde-onde alias bentuk kecil yang dijual pedagang kaki lima.

2. Kerupuk rambak

Kerupuk rambak sering hadir saat lebaran. Kerupuk rambak kulit sapi memiliki tekstur yang renyah dan beraroma.

Rambak terkadang berserat, sehingga sering dipasangkan dengan sirup segar atau minuman es agar tidak lengket. Pembuatan Rambak diawali dengan merendam kulit sapi dalam larutan kapur untuk membersihkannya. Setelah itu, dicuci dengan air dan direbus.

Kemudian dipotong memanjang lalu dijemur di bawah terik matahari lalu dibumbui sebelum dikemas. Produsen Rambak di Mojokerto berlokasi di kawasan Bangsal.

3. Upil kerupuk

Upil bukanlah arti sebenarnya di sini. Kerupuk upil dibuat dengan cara digoreng dengan pasir sebagai pengganti minyak. Ada variasi warna seperti merah, putih dan kuning.

Rasa kerupuk Upil asin dan renyah. Ada juga rasa pedas yang sering dipadukan dengan sambal terasi.

4. Sepatu kulit

Kota Mojokerto dikenal sebagai salah satu produsen sepatu di Jawa Timur. Meski sepatu buatan UMKM, kualitasnya diakui hingga level Asia.

Salah satu produsernya adalah Ahmad Muhajir, putra kedua H. Samsi, yang banyak meraih penghargaan dari tingkat kota hingga tingkat Asia.

Di level kota Mojokerto, dia dianggap sebagai salah satu desainer terbaik. Salah satu sentra produksi sepatu kulit adalah kawasan Puri Mojokerto.

5. Biji wijen

Keciput memiliki tekstur yang renyah dan gurih dengan bentuk lonjong atau bulat. Camilan ini mudah ditemukan di snack bar.

Biji wijen berwarna coklat muda dan diisi dengan wijen di permukaannya. Jajanan ini terdiri dari tepung beras ketan, telur, gula pasir, garam dan wijen.

Selain renyah, rasanya juga manis. Sempurna untuk ngemil film atau melakukan pekerjaan rumah. Anda bisa membeli keciput di toko Bo Liem Empunala.

6. Penyeberang Sambal

Wader sering menjadi salah satu lauk pauk di warung makan. Wader memiliki bentuk yang kecil, biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Agar lebih mantap ditambahkan saus sambal. Sambal di sini terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit dan juga tomat.

Bahan-bahannya dihaluskan dan dibumbui agar enak. Setelah itu disajikan dengan wader goreng dan disajikan dengan lalapan.

Kuah wader bisa Anda temukan di warung pinggir jalan yang juga menjual ikan sungai dan berbagai jenis sambal.

7. Sinonim

Minuman menyegarkan ini sangat cocok untuk hari yang panas. Jangan lupa disajikan dengan es batu.

Sinom terbuat dari daun asam muda yang sehat. Minuman herbal ini mudah ditemukan di berbagai lokasi.

8. Botox Tempe

Botok identik dengan daun pisang. Anda harus mencoba tempe botok khas Mojokerto.

Botok Tempe terbuat dari ampas kelapa yang diperas sarinya lalu dibumbui dan dicampur dengan tempe, tahu, teri dan udang.

Botok Tempe biasanya disajikan dengan nasi jagung. Botok Tempe di Mojokerto yang terkenal adalah Botok Mbah Parti yang letaknya di depan Masjid Al-Fatah dekat Alun-alun Mojokerto.

Simak video “Hutama Karya kembangkan kompos dari maggot di JTTS”.
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button