Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Benih Siklon Tropis 98W, Bencana Hidrometeorologi - WisataHits
Jawa Barat

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan, Benih Siklon Tropis 98W, Bencana Hidrometeorologi

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca pada Rabu 12 Oktober 2022 dengan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia. BMKG juga memantau keberadaan siklon tropis 98W dan memperingatkan bencana hidrometeorologi.

Ibu kota provinsi yang diprakirakan hujan petir adalah Bandung dan Pekanbaru. Di Yogyakarta dan Medan diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas sedang.

Hujan ringan berpotensi terjadi di Denpasar, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Kupang, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, dan Manado Palembang.

Beberapa provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori waspada bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dll) akibat potensi hujan lebat adalah Jawa Barat dan Banten.

BMKG memantau keberadaan Siklon Tropis 98W di Laut Filipina, tepatnya di sekitar 16,1°LU dan 124,7°BT dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1006,6 mb. Potensi sistem untuk berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan termasuk dalam kategori rendah.

Dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan adalah tingginya gelombang 1,25-2,5 meter di perairan Laut Natuna Utara dan Kepulauan Natuna.

Daerah tekanan rendah diamati di Laut Cina Selatan, yang mengarah ke pembentukan daerah konvergensi di Laut Cina Selatan.

Daerah konvergensi lainnya terbentang di Samudera Hindia sebelah barat daya Banten, Samudera Hindia sebelah barat Lampung hingga Jambi, Jawa Timur hingga Jawa Barat, Jawa Timur hingga Jawa Barat.

Juga dari Sulawesi Selatan hingga Teluk Tomini, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Maluku Utara hingga Laut Halmahera, di Papua Barat dan dari Papua Nugini hingga Laut Arafuru.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar depresi dan di sepanjang daerah konvergensi

Suhu udara berkisar antara 17-34°C dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Surabaya.

Membaca:
Prakiraan cuaca BMKG: hujan, gelombang tinggi, peringatan bencana hidrometeorologi

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button