Prakiraan cuaca BMKG: hujan, bibit siklon, bencana hidrometeorologi Lampung-Jawa - WisataHits
Jawa Timur

Prakiraan cuaca BMKG: hujan, bibit siklon, bencana hidrometeorologi Lampung-Jawa

TEMPO.CO, jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca Rabu 26 Oktober 2022 dengan hujan yang mengguyur sebagian wilayah Indonesia. BMKG juga memantau perkembangan bibit siklon tropis 93W dan mengeluarkan peringatan bencana hidrometeorologi.

Ibu kota provinsi yang diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir adalah Jakarta Pusat, Jambi, Surabaya, Banjarmasin, Tarakan, Pekanbaru, Padang, dan Medan. Hujan deras berpotensi terjadi di Semarang.

Curah hujan sedang kemungkinan terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Pontianak, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram dan Mamuju. Hujan ringan berpeluang terjadi di Serang, Yogyakarta, Bandung, Palangkaraya, Bandar Lampung, Kupang, Manokwari, Makassar, Manado, dan Palembang.

Beberapa provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori waspada bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dll) akibat potensi hujan lebat adalah Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

BMKG memantau perkembangan bibit siklon tropis 93W di Samudera Pasifik timur Filipina. Benih siklon memiliki kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1003,9 mb bergerak ke barat.

Sistem ini membentuk area dengan peningkatan kecepatan angin (jet tingkat rendah) hingga lebih dari 25 knot yang diamati di Pasifik Utara Papua Barat-Papua dan Pasifik Timur Filipina. Selain itu, potensi sistem untuk berkembang menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan termasuk dalam kategori sedang.

Sementara itu, sirkulasi siklon terpantau di bagian timur Laut Natuna membentuk daerah pertemuan dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi) yang membentang dari Laut Natuna hingga pantai barat Kalimantan Barat.

Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan tinggi gelombang laut di sekitar daerah pemijahan/sirkulasi siklon tropis dan di sepanjang daerah jet/konvergensi tingkat rendah.

Suhu udara berkisar antara 19-33°C dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi terjadi di Gorontalo, Semarang dan Kupang.

Membaca:
Prakiraan Cuaca BMKG: Disiapkan Hujan, Bencana Hidrometeorologi di Jawa Barat-Jawa Tengah-Jawa Timur

Selalu Memperbarui informasi terkini. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih Tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button