Dispar akan kembangkan destinasi wisata alam di Rawa Kerbau - WisataHits
Jawa Barat

Dispar akan kembangkan destinasi wisata alam di Rawa Kerbau

Rabu 14 September 2022 | 20:27 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Banjarmasin, InfoPublik – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pariwisata Kalsel (Dispar) telah menyiapkan rencana pembangunan fisik Destinasi Wisata Alam Kerbau Rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Ketua Dispar Kalsel Muhammad Syarifuddin mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan konsultan asal Bandung dalam mempersiapkan perencanaan pengembangan destinasi wisata.

Destinasi wisata kerbau rawa ini memiliki keunikan tersendiri, sehingga akan kami kembangkan pada tahun 2023 dengan membangun serangkaian sarana penunjang dan infrastruktur lainnya, kata Syarifuddin, Banjarmasin, Rabu (14/9/2022).

Syarifuddin mengatakan, salah satu fasilitas yang akan dibangun di destinasi wisata tersebut adalah sirkuit khusus pacuan kerbau rawa.

Dana dari APBD 2023 akan digunakan untuk pembangunan itu sendiri.Namun demikian, Syarifuddin juga berharap pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat membantu pengembangan destinasi wisata ini.

“Dulu acara ini sukses di tahun 2000 ke bawah, itupun diikuti 23 negara. Kami ingin menghidupkannya kembali dengan perkembangan ini,” jelas Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, pengembangan destinasi wisata kerbau rawa juga dilakukan untuk menyambut relokasi ibu kota negara ke Kaltim, dimana Kalsel nantinya akan menjadi pintu gerbang IKN baru.

Tidak hanya Kaltim, lanjut Syarifuddin, posisi destinasi wisata kerbau rawa di HSU pun strategis karena berdekatan dengan sejumlah kabupaten dan provinsi lain seperti Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tapin, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Kapua, Provinsi Kalimantan Tengah.

Syarifuddin juga berharap dengan pengembangan destinasi wisata ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Semoga ini bisa menjadi potensi wisata yang bisa dikenal tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri,” kata Syarifuddin. (MC Kalimantan Selatan/Nomor/YIN/toeb)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button