Potret Keseruan Kejuaraan Nasional Sindoro Sumbing Duathlon di Perkebunan Teh Tambi Wonosobo - WisataHits
Jawa Timur

Potret Keseruan Kejuaraan Nasional Sindoro Sumbing Duathlon di Perkebunan Teh Tambi Wonosobo

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO – Puncak dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sindoro Sumbing Duathlon #3 sukses digelar di Perkebunan Teh Tambi Blembem pada Sabtu (29/10/2022).

Ajang Sindoro Sumbing Duathlon #3 diikuti oleh 130 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, 50 di antaranya adalah atlet nasional.

Beberapa atlet nasional yang harus berlaga di ajang ini adalah Eva Destiana yang meraih perunggu di Asian Games dan emas di Putri Pon Papua Duathlon, Ridwan dan Hati Rochman yang memenangkan Olimpiade Triathlon di Wuhan China dan Muhammad Syifa Jagadnata dari Grobogan, Jawa Tengah , yang meraih medali perak PON Papua.

Duathlon sendiri merupakan olahraga yang terdiri dari lari dan bersepeda dalam waktu yang bersamaan. Kegiatan ini sekaligus mengukur kekuatan atlet Jateng jelang XXI. Babak kualifikasi PON di Aceh, Sumatera Utara.

Acara Sindoro Sumbing Duathlon tidak hanya sekedar ajang olahraga, tetapi juga memiliki misi untuk mempromosikan tempat wisata di daerah Blembem yang begitu asri dengan udaranya yang sejuk dan hamparan kebun teh yang memikat.

Ada juga Danau Bedakah yang tak kalah menarik bagi peserta dan pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagi seluruh peserta yang telah mengikuti kunjungan dinas bersama keluarga angkat di wilayah Pagerejo dan Tlogomulyo.

Panitia Sindoro Sumbing Duathlon FTI Jateng, Ripto menjelaskan, Sindoro Sumbing Duathlon terdiri dari lintasan lintas alam sepanjang 5 kilometer melalui pemukiman penduduk.

Kemudian bersepeda (road bike) sepanjang 20 kilometer jalan Keseneng – Candiyasan, diakhiri dengan lari lintas alam di perkebunan teh PT. Tambi panjangnya 2,5 kilometer.

Hadir dalam acara pembukaan Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat yang didampingi oleh Forkopimda dan pimpinan OPD se-Kabupaten Wonosobo, KONI Jawa Tengah, KONI Wonosobo, Kodam IV Diponegoro dan FTI Pusat yaitu Brigjen (Purn.) Rogan Napitupulu sambil mengibarkan bendera start.

Bupati Wonosobo menyambut baik acara ini sebagai ajang sport tourism untuk datang ke Wonosobo dalam sambutannya.

Acara ini bukan hanya ajang performance bagi para atlet, tetapi juga sebagai strategi untuk memperkenalkan pariwisata Wonosobo dan menggairahkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi pertandingan, seperti B. Desa wisata dan pelaku industri pariwisata yang ada.

Setelah melalui berbagai rute yang telah ditentukan, berhasil mencapai tujuan dan menjadi pemenang untuk mendapatkan medali di ajang olahraga ini, yaitu:

Kategori master 40+
Juara 1 Basirun dari Navy Riad Surabaya
Juara 2 Solihin oleh Black Bear
Tempat ketiga Aan Gunawan dari Cheesoen

Kategori Umum Sprint Putra
Juara 1 Ahmad Syahidin Fahreza, (FTI DKI Jakarta)
Juara II Luqman Hakim (FTI DIY)
Juara 3 Muhammad Ridwan (Hasanuddin Triathlon)

Kategori Umum Sprint Putri
Juara 1 Eva Desiana (Tricamp Bandung)
Juara II Shelma R Aisya (FTI Kabupaten Jepara)
Juara III Naura Syahda Kamilah (Shima SC)

Kategori TNI/POLRI
1st Jefri Kabula Dewa (Navy Road Bike Surabaya)
Runner-up Hari Rohman (Kopaska Koarmada I)
Juara Ketiga Jefi Muhqlison (Shark Triathlon)

kategori estafet
Juara 1 FTI DIY
Juara 2 JEPARA Fisik
Juara 3 HOEIS TASIKMALAYA

Acara ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Persatuan Triatlon Indonesia Jawa Tengah dan dengan dukungan berbagai sponsor.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button