PLN UIP JBT dan Pemkab Kendal meresmikan kawasan wisata kawasan Hutan Pendidikan Susuh Umbul - WisataHits
Jawa Barat

PLN UIP JBT dan Pemkab Kendal meresmikan kawasan wisata kawasan Hutan Pendidikan Susuh Umbul

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) bersama Pemerintah Kabupaten Kendal meresmikan Susuh Umbul – Kawasan Wisata Hutan Mlengkung di Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal Sabtu (27/8) lalu.

Wisata hutan edukasi ini menjadi kawasan wisata sejak tahun 2020 yang dijalankan oleh PLN Peduli dengan memanfaatkan potensi hutan sebagai sarana edukasi dan hiburan bagi masyarakat wilayah Sidodadi.

Dengan banyaknya potensi wisata yang ada di Kabupaten Kendal, PLN UIP JBT turut berperan dalam meneliti dan mengembangkan potensi wisata yang diimpikan masyarakat desa Sidodadi untuk menciptakan wisata hutan edukasi melalui program PLN Peduli.

Baca Juga: Persiapkan Musim Kemarau, PLN UIP JBT Aktifkan Air Bersih dan MCK untuk 4 Desa di Jabar

Mulai tahun 2020 hingga 2022, PLN Peduli bersama Bumdes Dadi Rejo dan pemerintah desa Sidodadi mengembangkan kawasan hutan mlengkung seluas 10 hektar yang dilaksanakan secara bertahap, mulai dari meratakan lahan sebagai area camping, membangun joglo dan menambah listrik serta pendidikan. fasilitas dan taman bermain untuk anak-anak untuk lebih meningkatkan daya tarik wisata.

Pada acara peresmian Wisata Hutan Pendidikan Susuh Umbul – Mlengkung Sabtu lalu, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBT Agus Djauhari mengatakan, program pengembangan wisata hutan dilaksanakan sebagai bagian dari upaya PLN untuk mewujudkan dua pilar pembangunan berkelanjutan, yaitu pembangunan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, serta nilai-nilai budaya KEBIJAKSANAAN BUMN, khususnya yang berkaitan dengan pilar Amanah dan Kolaborasi.

“Kami berusaha menjalankan misi perusahaan dengan ikut serta dalam pengembangan potensi wisata kawasan sekitar wilayah kerja PLN UIP JBT melalui kerjasama dengan Desa Sidodadi dan Dadi Rejo Bumdes sehingga dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat. desa dan masyarakat sekitar,” kata Agus.

PT PLN (Persero) Unit Utama Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) bersama Pemerintah Kabupaten Kendal meresmikan Kawasan Wisata Hutan Pendidikan Susuh Umbul - Mlengkung di Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal Sabtu (27/8) lalu.
PT PLN (Persero) Unit Utama Pembangunan Jawa Tengah (PLN UIP JBT) bersama Pemerintah Kabupaten Kendal meresmikan Kawasan Wisata Hutan Pendidikan Susuh Umbul – Mlengkung di Desa Sidodadi, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal Sabtu (27/8) lalu. (Dok JBT PLN UIP)

Kini Hutan Mlengkung telah menjadi kawasan wisata edukasi yang bernama Susuh Umbul – Mlengkung yang banyak dikunjungi orang. Kawasan wisata ini tidak hanya dikunjungi untuk taman bermain anak tetapi juga untuk berbagai kegiatan lainnya seperti pertemuan instansi dan kegiatan camping untuk anak sekolah.

Fasilitas yang tersedia antara lain aula pertemuan, jogging track, jalur menunggang kuda, bumi perkemahan, taman bermain anak, area instruksi listrik, spot foto, light park, fasilitas sepeda dan skuter listrik, serta jalur olahraga Gledkan.

Turut hadir dalam peresmian Wisata Hutan Pendidikan Susuh Umbul – Mlengkung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal Yanuar Fatoni, Muspika Patean, Kepala Desa Sidodadi, Sukoco, Direktur dan Anggota Bumdes Dadi Rejo, PLN, sebagian Manajer UPP JBT 4, Dede Mairizal dan timnya PLN Peduli. Acara ini bertepatan dengan pembukaan Festival Gledekan Nusantara Musim 3, acara tahunan permainan tradisional Gledekan di desa Sidodadi.

Baca Juga: PLN UIP JBT Berikan Dukungan TJSL Untuk Pembangunan Bank Sampah Taruna Karya Mekarsari

“Kami berterima kasih kepada PLN Peduli yang telah mewujudkan wisata hutan edukasi di desa Sidodadi. Tentunya kami Pemerintah Kabupaten Kendal sangat mendukung kegiatan ini karena sejalan dengan visi dan misi Bupati Kendal untuk mewujudkan Kabupaten Kendal yang handal, unggul, sejahtera dan berkeadilan dengan 4 program prioritas yaitu Industri, Pariwisata, UMKM dan Sumber Daya Manusia. Pembangunan atau Generasi 4.0. kata Januari.

Selain pengembangan kawasan wisata hutan, PLN juga menghadirkan kelompok UMKM pengolah kopi “Bagor Mas” pada acara tersebut yang menjadi mitra binaan TJSL PLN Peduli dari Desa Kalibogor, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Kendal. Produk utama Bagor Mas adalah olahan biji kopi Robusta dan Excelsa, dikemas dalam ukuran besar dan kantong agar lebih mudah dikonsumsi.

Melihat lebih jauh, Kabupaten Kendal memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Melalui Skema Pendampingan Pengembangan Wisata Hutan dan Pengembangan UMKM PLN Peduli, PLN UIP JBT berharap roda perekonomian masyarakat dan daerah di Kabupaten Kendal tumbuh dan dimanfaatkan serta lestari memberikan sarana pemberdayaan dan pendidikan yang baik bagi gereja menjadi .

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button