Pintu Masuk PELABUHAN BUYUK Surga Wisata Nusa Penida - WisataHits
wisatahits

Pintu Masuk PELABUHAN BUYUK Surga Wisata Nusa Penida

Pintu Masuk PELABUHAN BUYUK Surga Wisata Nusa Penida

Harga tiket masuk pelabuhan Buyuk : Rp 0-200.000 Jam buka : 06:00-18:00 WITA. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Nusa Indah No.53, Kutampi Kaler, , Nusa Penida, Klungkung, Bali, Indonesia, 80771.

Nusa Penida memang hanya sebuah pulau kecil di wilayah Bali. Namun, berkat keindahannya, kini menjadi tujuan wisata yang sangat populer. Di pulau ini terdapat sebuah pelabuhan utama bernama Pelabuhan Buyuk. Pelabuhan ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pelabuhan Buyuk merupakan dermaga tempat kapal ro-ro dan ferry berlabuh. Dari Bali, rute melayani tujuan di Kusamba, Padangbai, Serangan dan Sanur. Selain itu juga melayani rute Lombok seperti Gili Gede, Gili Trawangan, Bangsal dan Gili Air. Sedangkan lokasinya sendiri berada di bagian utara Pulau Nusa Penida.

Harga Tiket Penyeberangan Pelabuhan Sanur ke Bunyuk

Harga tiket ferry dari Sanur ke Pelabuhan Buyuk bervariasi. Pengunjung biasanya ramai menggunakan jasa speed boat. Kalau promosi, harga tiket bisa lebih murah. Berikut harga yang disepakati Asosiasi Speedboat Sanur sejak 7 September 2022.

Harga Tiket Fast Boat dari Sanur ke Pelabuhan Bunyuk
Lokal 100.000
Luar negeri 200.000

Baca: PANTAI BERLIAN Daya tarik Nusa Penida yang mempesona

Jam buka

Dari pelabuhan Sanur ke pelabuhan Buyuk memakan waktu sekitar 45 menit menggunakan kapal cepat. Penyeberangan jalur Sanur – Buyuk biasanya dimulai jam 8 pagi. Sedangkan untuk rute Buyuk – Sanur pemberangkatan dilakukan pada pukul 16.30. Namun, waktu keberangkatan dapat berubah tergantung kondisi cuaca.

Jam Buka Pelabuhan Buyuk
Setiap hari 06.00-18.00 WITA

Atraksi Pelabuhan Bunyuk

Memang fungsi utama dari dermaga ini adalah untuk menampung kapal-kapal yang datang dari Sanur. Tapi jangan salah, dermaga ini punya daya tarik juga. Dari dek tunggal ke pantai. Tak heran jika banyak pengunjung yang mengambil foto saat berlabuh di dermaga ini.

Pintu masuk ke Pelabuhan Buyuk di Nusa Penida

Tidak bisa dipungkiri bahwa pulau nusa penida memiliki beberapa tempat wisata yang indah. Oleh karena itu tidak heran jika nama Nusa Penida terkenal hingga mancanegara. Sebut saja Bukit Teletubbies, Angel Billabong, serta sejumlah pantai di Nusa Penida. Destinasi wisata yang disebutkan di atas sangat populer di kalangan anak muda.

Pelabuhan Buyuk menjadi pintu masuk dan keluar wisatawan. Sehingga aktivitas penyeberangan sehari-hari hampir tidak pernah sepi.

Baca: Tiket dan Aktivitas CRYSTAL BAY Nusa Penida

Pantai yang indah

Pantai di kawasan pelabuhan BuyukPantai di kawasan pelabuhan Buyuk ini sangat menawan. Foto: google maps/Dian Eka Puspitasari

Di sekitar pelabuhan terbentang garis pantai yang indah, bersih, dan jarang berserakan. Dihiasi pasir bersih berwarna coklat susu. Di perairan dangkal dekat pantai, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan berenang. Air laut memantulkan warna biru muda mengundang untuk berenang atau sekedar berlama-lama memandangi laut.

Tempat yang bagus untuk bersantai

Tempat bersantai di pelabuhan BuyukTempat bersantai di pelabuhan Buyuk. Foto: google maps/Hanks Wu (Apocalypse)

Banyak turis mancanegara yang datang ke pelabuhan Buyuk jatuh cinta dengan pantainya. Sering ditemui turis asing berjemur di bawah sinar matahari. Banyak juga wisatawan yang mengajak anaknya bermain pasir. Di Pantai Pelabuhan Buyuk ini juga bisa menjadi tempat piknik keluarga.

Baca: Manta Point Nusa Penida Melihat Ikan Pari di Habitat Aslinya

Surga bagi penggemar snorkeling dan diving

Nusa Penida sudah lama dikenal dengan spotnya menyelam dan snorkeling terkenal di Bali. Dan wisatawan bisa melakukan aktivitas tersebut di laut dekat pelabuhan ini. Pengunjung bisa merasakan serunya snorkeling di perairan dangkal. Ombak air yang tenang juga akan mendukung aktivitas snorkeling dan diving.

Samudera Pelabuhan Buyuk memiliki berbagai macam biota laut yang menghiasi alam bawah lautnya. Ada belut moray, belut besar yang habitatnya di celah-celah karang. Ada juga mola-mola, spesies ikan yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dan tentunya masih banyak spesies hewan laut menarik lainnya yang terdapat di sana.

Jembatan terapung

Jembatan Apung di Pelabuhan BuyukJembatan Apung di Pelabuhan Buyuk. Foto: google maps/Dian Eka Puspitasari

Jembatan ponton merupakan jembatan ponton yang menjorok ke laut sekaligus berfungsi sebagai pangkalan kecil kapal. Jembatan apung yang dibangun di pelabuhan Buyuk berfungsi sebagai jalan setapak. Adanya floating deck membuat para tamu tidak perlu kebasahan saat naik ke kapal.

Menjadi pangkalan untuk banyak kapal

Kapal di pelabuhan BuyukBeberapa kapal berlabuh di pelabuhan Buyuk. Foto: google maps/James oahuwaii

Ada beberapa perahu atau perahu nelayan yang berlabuh di pelabuhan Buyuk. Diantaranya kapal milik PT Caspla Bali, Yamuna Express, Wijaya Buyuk dan Gangga Express. Beberapa kapal ro-ro dari Pelabuhan Padang Bai juga sering beroperasi di Pelabuhan Buyuk.

Dekat dengan restoran

Banyak sekali pilihan tempat makan yang bisa pengunjung temukan di kawasan pantai dekat pelabuhan. Mulai dari warung, rumah makan, hingga rumah makan Minang. Banyak warung yang menyajikan makanan khas Bali dari Nusa Penida. Bagi pengunjung muslim tidak perlu khawatir karena banyak warung makan yang juga menawarkan menu halal.

Dekat dengan akomodasi

Bicara soal akomodasi bagi pengunjung Nusa Penida, ada banyak pilihan. Setelah turun di pelabuhan Buyuk, wisatawan bisa menyusuri jalan Nusa Indah. Ada banyak homestay yang bisa disewa pengunjung dengan budget kurang dari 200.000 per malam. Tersedia juga bungalow, hotel, resort, chalet, villa dengan harga bervariasi.

Fasilitas lengkap dan pelayanan bagus

Fasilitas cukup lengkap dan bersih. Di Pelabuhan Buyuk, pengunjung dapat dengan mudah menemukan jasa sewa sepeda motor seharga Rp 70.000 per hari. Toilet hanya tersedia dengan membayar 2000 untuk sekali pakai. Parkir mobil yang luas meringankan pengunjung.

Kemudian terdapat ruang tunggu yang nyaman bagi pengunjung. Pelayanan ABK cukup baik dimana mereka selalu berusaha tepat waktu untuk pemberangkatan. Ingatlah untuk menjaga keselamatan penumpang sampai tujuan.

Lokasi

Pelabuhan Buyuk terletak di Jl. Nusa Indah No.53, Kutampi Kaler, Kec. Nusa Penida. Dan masih termasuk Kabupaten Klungkung, Bali (80771). Penyeberangan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Buyuk menempuh perjalanan laut sejauh 25 km. Penyeberangan bisa dilakukan dengan menggunakan fast boat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button