Pantai berpasir Kadilangu, pantai indah dengan hutan mangrove di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Pantai berpasir Kadilangu, pantai indah dengan hutan mangrove di Kulon Progo

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Destinasi wisata populer bagi kaum milenial adalah kawasan yang mudah dijangkau, pemandangan alam yang indah, banyak spot foto yang menarik, indah dan eksotis. Spesifikasi tersebut ada di objek wisata Pantai Pasir Kadilangu, karena keberadaannya berada di tempat yang strategis, hanya 25 km dari pusat kota.

Apalagi panorama alam yang asri dengan konsep hutan mangrove menjadikan tempat ini sangat asri. Tempat favorit yang sering dikunjungi anak muda adalah spot foto desain cinta dengan bunga warna-warni dan background hutan mangrove. Begitu juga dengan jembatan kayu berbentuk love, terowongan kayu warna-warni dan masih banyak lagi.

Tempat wisata pantai pasir kadilangu pasir

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai Pasir KadilanguKredit gambar: Google Maps Imam Kurniawan

Era digitalisasi dan media sosial sangat membantu objek wisata di pedesaan, hal ini terbukti di destinasi wisata Pantai Pasir Kandilangu. Bagi warga sekitar, daya tarik kawasan ini terkesan biasa saja. Namun, ketika pengelola dan beberapa pengunjung mengunggah berbagai foto dan video ke media sosial, kawasan itu kini menjadi istimewa.

1. Hamparan hutan bakau yang luas

Meski ada yang namanya pasir, namun sulit bagi wisatawan untuk menemukan pasir di tempat ini. Karena tempat piknik yang indah hanya sebatas nama saja, tapi pasirnya tidak ada segenggam. Namun, meski tidak ada pasir yang berserakan, hal ini tidak mengurangi keindahan alam kawasan ini.

Sebaliknya, terdapat hamparan mangrove atau hutan mangrove yang sangat luas, sehingga bola mata wisatawan dimanjakan dengan pemandangan alam pantai dan hutan mangrovenya. Selain itu, hidung, paru-paru, dan seluruh anggota tubuh pengunjung dimanjakan dengan udara yang kaya oksigen ketika angin bertiup di area pantai.

2. Spot Foto Yang Indah dan Eksotis

Selain hamparan hutan mangrove, daya tarik lain dari Pantai Pasir Kadilangu adalah terdapat berbagai spot foto yang indah dan eksotis. Pada umumnya pantai ini hanya memiliki panorama alam laut, pasir, bebatuan dan sejenisnya. Namun, di tempat ini pengunjung bisa menikmati spot foto seperti gedung yang tidak terlalu tinggi mirip Menara Eiffel dengan bendera merah putih di atasnya.

Selain itu, ada juga spot foto dengan motif love kayu berhiaskan bunga warna-warni, dengan background pantai dan hutan mangrove. Daya tarik lain di daerah ini adalah jembatan kayu yang dirancang untuk membentuk cinta. Sehingga jika dilihat dari jauh atau mengambil foto atau video dengan drone terlihat sangat indah dan eksotis.

3. Jembatan Koneksi Tunggal

Tidak hanya hutan mangrove yang luas dan spot foto yang indah dan eksotis, pantai Pasir Kadilangu juga memiliki jembatan penghubung yang unik. Berbagai tempat di kawasan ini, mulai dari kawasan hutan mangrove, kawasan pantai dan tempat-tempat lainnya semuanya saling terhubung dengan baik dan sempurna. Memudahkan wisatawan untuk menikmati setiap kawasan destinasi wisata.

Apalagi yang menarik dan fantastis dari jembatan ini adalah bahan yang digunakan adalah bambu dan kayu. Bahkan ada jembatan yang dirancang untuk membentuk hati atau cinta, dan di tengahnya ditanami bendera merah putih. Sedemikian rupa sehingga terkadang pengunjung, terutama kaum milenial, mengadakan upacara bendera.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Pasir KadilanguKredit Gambar: Google Maps Imam Kurniawan

Bagi anda yang ingin berlibur ke Pantai Pasir Kadilangu, tempat wisata ini terletak di Pasir Kadilango, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam ini tidak jauh dari pusat kota, hanya 23 km dari Jalan Raya Nasional III Kabupaten Kulon Progo, dan hanya membutuhkan waktu 39 menit.

Jika perjalanan dimulai dari Kulonprogo, rutenya adalah berkendara ke Jalan Pengasih dan kemudian mengarahkan kendaraan ke Jalan Margosari. Setelah itu ada pertigaan, belok kanan ke Samsat Kulonprogo dan seberangi jalan kawasan Wates. Saat sampai di Simpang Tiga Toyan, arahkan kendaraan ke kanan menuju Siluwok.

Ikuti jalan utama hingga kendaraan mencapai Jalan Nasional III, lalu ambil jalur menuju Jalan Daendels, lalu belok kiri menuju Jalan Wanatirta. Nah, jika sudah sampai di Jalan Wanatirta maka perjalanan akan semakin dipermudah karena ada papan petunjuk arah menuju tempat wisata, ikuti petunjuk tersebut hingga sampai di kawasan wisata.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk pantai pasir kadilanguKredit gambar: Google Maps Mustopo Sugito Martodiharjo

Piknik di tempat wisata Pantai Pasir Kadilangu ini tidak mahal, tiket masuknya hanya Rp 3.000 dari hari Senin hingga Jumat. Namun, Sabtu dan Minggu, serta hari libur, hanya Rp 4.000. Harga yang sangat murah dibandingkan dengan berbagai atraksi yang ditawarkan.

Bagi pengunjung yang membawa sepeda motor, biaya parkirnya hanya Rp 2.000, sedangkan wisatawan yang hanya membawa karcis parkir Rp 5.000 saja. Berbagai biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan yang diambil oleh pengelola. Jam buka kawasan liburan ini buka dari pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB

Aktivitas Menarik di Pantai Pasir Kadilangu

Aktivitas Menarik di Pantai Pasir KadilanguKredit Gambar: Google Maps ocha maosawati

Pantai Kadilangu adalah tempat wisata yang anti mainstream. Sehingga pengunjung tidak menemukan aktivitas bermain air dan pasir, apalagi mandi di kawasan wisata ini. Meski berbagai aksi tersebut tak bisa dilakukan, namun masih banyak aktivitas lain yang tak kalah seru.

1. Nikmati indahnya panorama alam yang mempesona

Tempat wisata di Jogja ini memiliki konsep pantai yang dibalut hutan mangrove yang panjang dan luas. Selain itu, ada jembatan bambu dan kayu yang unik dan menarik. Mempermudah akses wisatawan ke berbagai tempat di kawasan ini sambil menikmati panorama alam yang sangat indah.

Hutan mangrove yang hijau dan asri membentang bermil-mil membuatnya enak dipandang dan menyejukkan jiwa. Berbagai desain bangunan bambu dan kayu menambah keindahan tersendiri di kawasan wisata ini. Pengelolanya sangat kreatif dan inovatif dalam pengelolaan tempat ini, karena memadukan konsep alam dan kontemporer.

2. Di Sekitar Jembatan dan Berburu Foto

Jembatan yang membentang dan saling berhubungan dengan Pantai Pasir Kadilangu ini dapat dimaksimalkan oleh pengunjung untuk beraktivitas di sekitar pantai. Kegiatan menarik ini sering dilakukan oleh wisatawan di kawasan wisata ini. Karena tempat-tempat indah dan eksotis yang berbeda, seperti bangunan Menara Eiffel, menyukai desain dengan bunga berwarna-warni di samping dan lain-lain.

Berbagai keindahan yang ada, membuat jiwa para fotografer para pengunjung mulai bangkit, dan tanpa aba-aba, mereka mengelilingi jembatan dan mencari foto dan video di setiap sudutnya. Untuk menjadikan jalan-jalan di sekitar jembatan dan kejar-kejaran foto dan video menjadi aktivitas yang menarik, bahkan tidak terasa butuh waktu lama untuk lelah dan lapar.

3. Wisata kuliner

Saat Anda berjalan-jalan di sekitar jembatan untuk berburu foto di pantai yang indah ini, Anda mungkin merasa lelah dan lapar, Anda bisa beristirahat sambil menikmati wisata kuliner. Karena area piknik ini juga dilengkapi dengan warung makan yang menawarkan berbagai menu khas Jogja. Selain itu juga ada kopi, teh dan minuman lainnya, sehingga kawasan ini sangat cocok untuk jalan-jalan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Pasir KadilanguKredit gambar: Google Maps Iroel Fata

Fasilitas penunjang di kawasan wisata Pantai Pasir Kadilangu cukup lengkap. Dilengkapi dengan area parkir yang luas untuk kendaraan dan toilet umum. Ada juga mushola sebagai sarana ibadah bagi umat Islam. Selain itu, terdapat juga taman bermain dan fasilitas pendukung lainnya yang menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Ulasan di atas adalah dokumen referensi bagi penggemar perjalanan. Destinasi wisata ini merupakan kawasan piknik yang unik dan menarik karena dapat memadukan keindahan alam dengan konsep kekinian tanpa merusak alam sekitarnya. Pantai Pasir Kadilangu hanyalah salah satu contoh kreativitas yang bisa dicontoh oleh daerah Leon dalam bentuk pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button