Pantai Sadranan, pantai yang indah dan eksotis di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Sadranan, pantai yang indah dan eksotis di Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan menjadi salah satu daya tariknya pantai favorit di gunung kidul jogja. Pantai yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan beragam aktivitas liburan seru, mulai dari snorkeling, canoeing hingga camping.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Sidoarjo, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang memiliki pemandangan yang sangat sejuk. Tak jarang turis asing berbondong-bondong ke Indonesia untuk mengagumi keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata alam yang sering dikunjungi banyak wisatawan adalah Pantai Sadranan.

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata utama di Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di kawasan Gunung Kidul. Gunung Kidul memang sudah terkenal memiliki banyak tempat wisata utama, jadi Anda tidak perlu meragukan lagi keindahan Pantai Sadranan. Dijamin Anda tidak akan kecewa saat berlibur di lokasi ini.

Banyak orang lokal dan asing yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengumpulkan informasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa pantai ini layak untuk dikunjungi. Berikut beberapa informasi mengenai tempat wisata tersebut.

Atraksi Pantai Sadranan

Kekuatan Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps Anita Yuliani

Tentu saja pantai ini memiliki beberapa pesona karena berhasil menarik banyak orang untuk datang dan mengunjunginya. Berikut beberapa daya tarik pantai ini.

1. Kecantikan Alami

Pantai ini sangat indah walaupun masih belum bisa dibandingkan dengan keindahan pantai-pantai terkenal seperti Pantai Kuta. Air lautnya juga masih sangat biru dan cukup jernih. Hamparan pasir putihnya juga sangat luas dan indah, sehingga akan sangat menyenangkan untuk bermain disana.

2. Tiket murah

Biaya masuk ke Pantai Sadranan cukup murah. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantainya. Meskipun ada biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas tersebut, Anda juga tidak perlu khawatir karena biaya tambahannya juga cukup murah.

3. Memiliki surga bawah laut

Keindahan bawah lautnya sangat sejuk. Banyak orang pergi snorkeling untuk melihat surga bawah laut tempat wisata ini. Biasanya wisatawan akan membawa kamera anti air untuk mengabadikan keindahan bawah laut ini dalam foto.

4. Tidak ramai

Tempat ini tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Lokasinya yang cukup sulit diakses menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini tenang. Namun, justru inilah daya tarik pantai. Banyak orang ingin menghabiskan liburannya di pantai yang sepi agar bisa lebih leluasa menikmatinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sadranan

Alamat dan Rute Pantai SadrananKredit gambar: Instagram Anik Zaenab Djaelani

Lokasi tempat wisata ini berada di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di Desa Sidoharjo, Yogyakarta. Jika dilihat dari aplikasi Google Maps, pantai ini seolah diapit oleh pantai Krakal dan pantai Indrayanti.

Akses menuju tempat ini agak sulit mengingat lokasinya yang agak terpencil. Jalan menuju tempat ini sedikit rusak, jadi anda harus berhati-hati saat berkendara ke tempat ini.

Ambil jalan ke Yogyakarta untuk sampai ke pantai. Secara umum, akan memakan waktu sekitar dua jam dalam lalu lintas normal. Dari Yogyakarta, pilih jalan menuju Wonosari. Setelah itu, Anda bisa menuju ke selatan, yaitu Pantai Baron.

Setelah tiba di area selatan, Anda akan datang ke pos hukuman. Anda akan menemukan pertigaan dan ambil jalan lurus menuju pantai Krakal karena letaknya dekat dengan pantai Sadranan.

Anda juga dapat memilih rute dari Klaten. Dari Klaten, ambil jalan menuju Tanjungsari. Setelah sampai di Tanjungsari, Anda akan melihat gerbang tiket koleksi kawasan Pantai Gunung Kidul. Dari pintu tersebut Anda bisa langsung mengambil jalan menuju tempat wisata ini.

Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena jalannya cukup sulit. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan ojek online untuk menuju lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Gunung Kidul

Tiket Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps Raditya Hendra Pratama

Sama seperti pantai Gunung Kidul, pantai ini memiliki tiket masuk yang cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp10.000 per orang untuk bermain dan menikmati pemandangan tempat wisata ini.

Anda juga akan dikenakan biaya tambahan jika menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti parkir. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 2.000,00 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sadranan

Aktivitas di Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps Dewi Intan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berlibur di tempat ini. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi ini.

1. Snorkeling

Pemandangan bawah laut pantai yang indah ini tidak bisa diabaikan. Ada banyak kehidupan laut dan terumbu karang yang menarik untuk dilihat. Tentunya tidak akan menarik jika Anda tidak mencoba melakukan aktivitas ini selama liburan di tempat ini. Anda juga bisa melihat beberapa jenis ikan yang dilindungi.

Biaya untuk melakukan kegiatan ini sekitar Rp 50.000.00. Biaya tersebut adalah sewa peralatan. Disarankan untuk snorkeling sekitar pukul 06:00-08:00 atau 16:00-18:00. Banyak orang memilih sore hari karena juga ingin melihat matahari terbenam.

Namun, Anda juga harus mematuhi beberapa peraturan yang berlaku saat snorkeling. Anda dilarang keras mengambil biota laut atau terumbu karang yang hidup di perairan Sadranan. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga kelestarian tempat wisata alam.

2. Kano

Jika Anda ingin melakukan aktivitas yang jarang dilakukan di pantai lain, Anda bisa menyewa kano di sini. Sangat menyenangkan untuk mendayung perahu ini dan menjelajahi keindahan pantai Sadranan. Anda hanya perlu membayar Rp50.000,00 untuk dapat menikmati wahana ini.

Pada umumnya sampan dapat menampung dua orang, sehingga Anda dapat menaikinya bersama teman atau keluarga. Anda bisa merasakan deburan ombak, melihat jernihnya air laut, menikmati angin sepoi-sepoi dan melihat keindahan perbukitan karang.

3. Perkemahan

Terdapat area camping yang cukup luas untuk menampung wisatawan yang datang bermalam di pantai. Jika Anda membawa keluarga atau rekan kerja, kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

Disarankan untuk membawa tenda dan perlengkapan camping lainnya dari rumah. Namun jika Anda tidak membawa alat tersebut, Anda bisa menyewanya dari pengelola. Anda akan mendapatkan tenda dome yang dapat menampung 4 orang dengan harga sekitar Rp 50.000.

Di malam hari, Anda bisa menyalakan api unggun sambil mengobrol dengan keluarga atau teman. Biasanya wisatawan juga saling mengenal di area perkemahan ini. Tentu saja cukup untuk menambah pertemanan Anda.

4. Melihat matahari terbit dan terbenam

Rasanya ada yang kurang jika liburan ke pantai tanpa melihat sunset atau sunrise. Pantai Sadranan juga menawarkan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang indah, jadi Anda tidak boleh melewatkannya.

Saat sore dan subuh telah tiba, banyak wisatawan berbondong-bondong ke pantai untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Pemandangannya juga sangat romantis, sehingga akan cocok jika Anda membawa pasangan ke tempat ini.

5. Perburuan Foto

Banyak tempat menarik yang bisa Anda foto. Anda akan menemukan banyak orang yang membawa kamera profesional hanya untuk memotret keindahan pantai ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen liburan berharga Anda.

6. Bermain pasir

Pasir pantai Sadranan sangat halus dan lembut. Banyak anak-anak bermain di pasir. Hal ini mungkin karena banyaknya batu sehingga orang tua tidak mengizinkan mereka bermain karena takut terluka oleh karang. Meski terdengar membosankan, aktivitas ini tetap bisa dilakukan oleh orang dewasa.

7. Berenang

Berenang di sini harus hati-hati jika tidak ingin terluka oleh bebatuan. Anda bisa berenang agak jauh dari pantai jika tidak ingin dirusak oleh karang. Namun, seseorang tidak boleh berenang terlalu jauh atau melebihi batas yang ditentukan oleh pengelola karena cukup berbahaya.

Penginapan murah di sekitar pantai Sadranan

Rumah Bambu SadrananKredit Gambar: Google Maps Rumah Bambu Sadranan

Beberapa hostel terletak di sekitar kawasan wisata ini. Berikut beberapa rekomendasi akomodasi yang bisa Anda pilih.

1. Rumah Bambu Sadranan

Hostel ini terletak di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp 500.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, area parkir, kipas angin dan lain-lain. Hostel ini cukup dekat dengan lokasi pantai Sadranan, sehingga bisa menjadi pilihan jika Anda mencari akomodasi terdekat.

2. Dari Omah Slili

Hostel ini terletak di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp250.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, parkir, AC, televisi dan lain-lain. Desainnya cukup sederhana namun cukup nyaman. Harganya juga terjangkau, sehingga cocok untuk wisatawan yang mencari penginapan murah.

3. Keluarga Omah Sundak

Homestay ini terletak di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp 269.000,00.

Beberapa fasilitas yang akan Anda nikmati adalah parkir, layanan kamar, kamar mandi, kipas angin atau AC, dll. Pemandangan laut yang langsung menghadap hostel ini membuat banyak wisatawan memilihnya sebagai tempat bermalam.

4. Sundak Indraprastha

Hostel ini terletak di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp250.000,00.

Beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah area parkir, TV kabel, kamar mandi, kipas angin dan lain-lain. Desain rumahnya cukup nyaman dan sederhana sehingga semua orang bisa betah berada di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps Niam Abdul Kharim

Fasilitas yang disediakan oleh manajemen sudah memadai. Kebersihannya juga cukup terjaga karena selalu dibersihkan setiap hari. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah area parkir, gazebo, warung makan, persewaan alat snorkeling, persewaan kano, persewaan tenda, ruang ganti, gazebo, kamar mandi, fotografi dan layanan lainnya.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi saat ingin berlibur ke Pantai Sadranan. Banyak sekali review bagus dari para wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini sehingga anda harus ragu lagi untuk pergi ke tempat ini. Biaya yang dibutuhkan juga tidak mahal dan sangat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button