Pelabuhan Sanur akan tingkatkan jumlah wisatawan ke Nusa Penida - WisataHits
Jawa Timur

Pelabuhan Sanur akan tingkatkan jumlah wisatawan ke Nusa Penida

DENPASAR – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Bali Wayan Koster meninjau pembangunan proyek Pelabuhan Sanur di Denpasar selatan, Bali. Pelabuhan ini diyakini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida.

“Hubungan antara Sanur dan Nusa Penida tidak bisa diputuskan. Oleh karena itu, kami berniat memperluas pariwisata Bali dengan Sanur,” kata Menteri Perhubungan, Jumat, 7 Oktober 2019.

Budi Karyya menegaskan pembangunan Pelabuhan Sanur tidak hanya menetapkan satu titik, tetapi juga membentuk “segitiga emas”, yaitu Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan.

“Dulu didekati dengan perahu seadanya, tanpa dermaga, tentu tidak bisa mendatangkan wisatawan secara kualitas maupun kuantitas. Dengan membangun Sanur dengan kualitas yang sangat baik dan juga Nusa Ceningan dan Sampalan. Kami berharap ketiga pelabuhan tersebut dapat menarik wisatawan secara kualitatif, artinya levelnya meningkat, dan secara kuantitas, karena jumlah masalah keamanan akan dipertahankan, jumlahnya akan meningkat, “tambahnya.

Dengan dibangunnya pelabuhan Sanur Denpasar, Sampalan dan Bias Munjul di Kabupaten Nusa Penida, jumlah wisatawan akan meningkat, kata menteri perhubungan.

“Kami berharap akan ada pengembangan pariwisata yang masif di Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Bahkan yang suka snorkeling dan sebagainya bisa menghabiskan waktu seminggu di sana dengan pelabuhan yang bagus dan kapal yang fokus pada keselamatan,” tambah Menhub.

Selain itu, pihak swasta juga bekerja sama dalam menyiapkan fasilitas restoran di Sanur.

“Jadi kalau kita ke Sanur, restoran-restoran top ada di sini. Ini bukan hanya tentang memanjakan selera wisatawan, ini tentang menghasilkan uang. Kalau kita dapat uang fasilitas ini bisa dikelola dengan baik, mereka akan bisa mensubsidi apa yang ada di Sampalan,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan progres pembangunan Pelabuhan Sanur sudah mencapai 96 persen. Proyek ini diharapkan akan selesai pada akhir bulan ini.

“Agar menteri melapor ke presiden nanti, presiden bisa meresmikannya pada akhir Oktober jika memungkinkan karena dia akan berkunjung ke Bali pada akhir Oktober,” katanya.

Source: voi.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button