Museum Pribadi Tumurun Solo, museum yang penuh dengan karya seni yang berharga - WisataHits
wisatahits

Museum Pribadi Tumurun Solo, museum yang penuh dengan karya seni yang berharga

Deposit Museum Pribadi termasuk museum seni pribadi di Solo yang menarik untuk dikunjungi untuk melihat berbagai koleksi karya seni yang unik dan berharga milik keluarga besar Lukminto.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, kota Surakarta, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Museum ini berbeda dengan museum lain di Jawa Tengah. Mengusung konsep seni modern yang indah, Tumurun Private Museum menghadirkan sejuta budaya Solo. Mulai dari memasak hingga seni. Museum ini selesai dibangun dan dibuka pada tahun 2018. Oleh karena itu, Anda dapat berjalan-jalan di sekitar museum seolah-olah Anda sedang berjalan melalui pusat perbelanjaan dengan karya-karya yang berjejer di dinding.

Museum ini dikelola oleh keluarga HM ​​Lukminto yang menjalankan PT. Sritex adalah turun temurun. Tentu saja cukup unik dan juga menarik untuk dipelajari. Museum ini berisi koleksi pribadi HM Lukminto yang sangat banyak. Beberapa dari koleksi ini sangat berharga. Ketertarikannya pada seni membuat koleksi museum ini sangat menarik.

Museum ini dikelola secara turun temurun dan secara kekeluargaan. Oleh karena itu, setiap kunjungan ke museum ini harus melalui izin resmi dari pemilik museum. Berikut beberapa informasi mengenai Museum Pribadi Tumurun di Solo yang bisa Anda baca sebelum memutuskan untuk mengunjungi gedung ini.

Daya Tarik Museum Pribadi Tumurun

Atraksi Museum Pribadi KeturunanKredit gambar: Google Maps Restu Mustaqim

1. Koleksi karya seni

Meski resmi diresmikan, koleksi Museum Tumurun tak diragukan lagi unik. Anda dapat melihat berbagai koleksi lukisan sejarah serta karya seni yang unik. Karya-karya yang dipamerkan memiliki nilai tersendiri yang tentunya tidak dapat tergantikan oleh apapun.

Anda dapat menikmati berbagai jenis karya seni yang indah dan unik. Beberapa di antaranya bisa berupa koleksi kain, koleksi lukisan, koleksi patung, atau koleksi mobil-mobil vintage yang hanya bisa Anda hargai di satu museum. Banyaknya koleksi Museum Pribadi Tumutun tidak akan membuat Anda bosan.

2. Koleksi barang berharga

Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai koleksi seni yang sangat unik. Anda bisa melihat karya-karya dari pelukis Indonesia hingga pelukis asing. Di lantai satu, Anda bisa menikmati koleksi karya-karya unik seperti karya Affandi, Raden Saleh, Johan Rudolf Bonnet. Nama-nama ini adalah seniman terkenal yang lukisannya selalu menjadi pusat perhatian.

Sementara di lantai dua, Anda akan disuguhkan dengan berbagai karya seni kontemporer Indonesia seperti lukisan karya Eddy Susanto, Tisna Sanjaya, Rudi Mantofani atau Hery Dono. Lukisan-lukisan yang dipajang cukup besar dan bisa dilihat dengan jelas. Koleksi museum lukisan kontemporer cukup besar untuk memenuhi seluruh dinding lantai 2 museum.

3. Kerahasiaan yang ketat

Untuk hal yang satu ini, Museum Tumurun sangat ketat. Siapapun yang akan memasuki museum ini harus mendaftar dari satu minggu sebelum kedatangannya. Anda harus mendaftar melalui situs resmi Tumurun Private Museum. Setelah melakukan registrasi, Anda harus mengisi data diri dan rombongan yang akan datang ke museum.

Setelah pendaftaran selesai, Anda dapat mengajukan permintaan kunjungan di bagian menu, lalu pilih bagian Pesan Anda. Di bagian ini Anda dapat menulis rincian grup pengunjung museum pribadi Anda. Anda wajib mengisi data ini dengan benar dan jujur ​​serta mengunjungi museum sesuai waktu yang ditentukan.

Alamat dan arah ke lokasi Museum Tumurun

Museum Pribadi Tumurun alamatKredit gambar: Google Maps prisca evanthia

Museum Pribadi Tumutun terletak tepat di jantung Kota Solo. Museum yang berdiri di Jalan Kebangkitan ini terletak tidak jauh dari Museum Batik dan Tugu Pers. Tentunya kedua referensi ini dapat memudahkan Anda untuk mengorientasikan diri di kota Solo. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi ini menggunakan GPS atau Google Map.

Masuk ke tur museum pribadi ini gratis. Namun Anda harus mengisi berbagai data yang tepat satu minggu sebelum kunjungan dengan persetujuan pemilik museum. Hal ini dilakukan karena pengamanan yang ketat yang diberlakukan di Museum Swasta Tumurun Solo. Koleksi barang antik yang banyak dan tak ternilai harganya membuat keamanan di museum ini harus sangat terjaga.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Museum Tumurun

Aktivitas Museum Keturunan PribadiKredit gambar: Google Maps Yanyan Wibawa Prayogi

1. Kunjungi museum

Mengunjungi museum adalah tujuan utama kunjungan Anda. Selama perjalanan, Anda akan dipandu oleh pemandu yang memahami segala seluk beluk setiap karya seni yang ditampilkan di Tumurun Private Museum. Anda diperbolehkan untuk mengambil gambar atau memotret setiap sudut yang Anda kunjungi.

Di lantai pertama, Anda dapat berjalan-jalan melalui koleksi 100 lukisan karya pelukis terkenal. Di lantai ini Anda juga bisa melihat mobil-mobil antik tua. Tentu saja, Anda bisa berfoto di depan mobil ini. meski masih bisa menyala, mobil ini sengaja tidak dinyalakan agar kondisinya tidak bertambah parah seiring bertambahnya usia.

2. Nikmati koleksi langka

Koleksi museum unik ini bisa dibilang cukup langka. Lukisan-lukisan yang dimiliki memiliki nilai yang tak terhingga. Selain itu, Anda dapat melihat banyak koleksi lukisan berharga ini. Di Museum Pribadi Temurun, Anda bebas melihat koleksi lukisan kuno dan unik. Anda dapat menghargai lukisan ini dari dekat.

Selain itu, di lantai dua, Anda bisa menikmati berbagai karya tiga dimensi yang unik. Karya ini berupa patung mata. Patung ini dapat diartikan dalam berbagai arti yang berbeda tergantung dengan siapa patung itu ditafsirkan. Selain itu, di lantai dua, Anda bebas berfoto dengan koleksi patung yang menarik dan unik ini.

Tapi kamu harus ekstra hati-hati. Meski diperbolehkan mendekat dan berfoto, jangan sampai Anda tersentuh atau terjatuh ke dalam patung ini. Anda harus selalu mentaati berbagai aturan yang telah ditetapkan dan diterapkan di Museum Pribadi Temurun.

3. Kenali kolektornya

Museum Pribadi Tumurun merupakan hasil koleksi milik HM Lukminto. Dia adalah penggemar dan juga kolektor seni. Ia juga yang memilih setiap barang antik yang ada di museum Tumurun. Karena itu, Anda bisa merasakan betapa kuatnya karakternya dengan memilih koleksi barang antik ini.

Anda akan terjebak dalam pengalaman dan cara HM Lukminto mengapresiasi karya seni. Seleranya cukup tinggi sehingga setiap karyanya memiliki makna yang dalam. Anda juga akan diberitahu tentang sejarah dan mengapa karya seni tersebut memiliki makna yang unik dan kuno.

4. Ambil gambar

Berfoto adalah hal yang wajib dilakukan saat berada di Tumurun Private Museum. Selain memiliki banyak sudut pandang yang indah, Anda juga bisa berfoto di samping berbagai koleksi karya seni anak-anak di tanah air yang begitu indah dan unik. Beberapa karya ini cukup besar untuk membuatnya indah di foto.

Anda juga dapat mengambil foto berbagai karya seni di lantai satu dan dua. Anda bisa menikmati deretan mahakarya seniman jenius ini dengan berfoto bersama karyanya atau sekedar memotret lukisan. Tentu saja, Anda tidak boleh menyentuh atau merusak karya apa pun yang sedang dipamerkan.

5. Pesan lokasi museum untuk acara

Museum Pribadi Temurun memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung galeri maupun pengunjung yang ingin mengadakan acara di museum ini. Yang harus Anda lakukan adalah mengirimkan beberapa surat lamaran dan mengatur semua kegiatan dalam satu proposal. Tentu saja, meskipun Anda telah diberi wewenang untuk melakukan aktivitas, Anda juga harus menjaga keselamatan kerja Anda.

Beberapa di antaranya bertanggung jawab atas setiap pengunjung yang datang, mengimbau untuk tidak merusak mahakarya, dan selalu mengawasi pengunjung agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan di Museum Tumurun pribadi solo ini.

Fasilitas yang tersedia di Museum Swasta Tumurun Solo

Fasilitas Museum Pribadi TumurunKredit Gambar: Google Maps Lie Ming

Di museum ini tentunya Anda akan menikmati fasilitas dasar. Fasilitas tersebut meliputi toilet, mushola dan area parkir. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar Museum Tumurun dengan nyaman dan aman. Selain itu, area museum ini telah dilengkapi dengan AC, sehingga Anda tidak diperbolehkan merokok di area ini. Selain bisa mengganggu orang lain, rokok juga tidak baik untuk melukis.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh museum. Salah satunya adalah kemudahan pemesanan waktu berkunjung dan juga fasilitas pemandu wisata yang akan selalu dengan senang hati memandu perjalanan Anda melewati museum unik ini. Ia juga akan bercerita tentang berbagai koleksi museum ini.

Setelah mengetahui berbagai informasi tentang Museum Swasta Tumurun di Solo, Anda bisa mulai merencanakan kegiatan bersama kerabat untuk mengunjungi museum ini. Selain perencanaan yang membosankan, Anda juga bisa menyiapkan hal-hal sederhana seperti kamera untuk dibawa ke museum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button