Wisata Alternatif Pantai Marunda Pelepas Kepenatan Kota Besar - WisataHits
wisatahits

Wisata Alternatif Pantai Marunda Pelepas Kepenatan Kota Besar

Wisata Alternatif Pantai Marunda Pelepas Kepenatan Kota Besar

Harga tiket masuk pantai Marunde : Parkir Rp 5.000 Jam buka : 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14150.

Pantai Marunda salah satu pantai wisata di jakarta utara. Menawarkan pemandangan Laut Jakarta serta hutan bakau. Merupakan pilihan yang sangat cocok untuk menghilangkan penatnya kehidupan kota besar.

Tidak seperti kebanyakan pantai di pesisir, tidak ada pasir. Garis pantai terdiri dari bebatuan dan beton sebagai penahan abrasi dan banjir rob. Di sektor ini pula pengunjung rutin melakukan berbagai kegiatan. Seperti bersantai dan menikmati sunset.

Tiket masuk ke Pantai Marunda

Berwisata ke Pantai Marunda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena tidak ada biaya pendaftaran atau gratis. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraannya.

tiket parkir
Parkir kendaraan Rp5.000

Baca: Tiket Pantai Ancol Jakarta dan 5 Aktivitas Seru

Jam buka

Kawasan Pantai Marunda buka setiap hari selama sehari penuh. Memang tidak ada implementasi operasional bagi pengunjung untuk bebas datang ke sini. Namun waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sore hari dari jam 4 sampai jam 6 sore, karena terhindar dari terik matahari dan memungkinkan Anda untuk menikmati sunset.

Daya tarik

Memang kawasan sekitar pantai ini bukanlah pantai terbaik. Namun itu cukup untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota metropolitan. Kawasan ini masih tergolong sepi dan terdapat fasilitas yang memadai. Bagi yang berencana datang ke sini, berikut beberapa atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan.

Area pantai berpagar beton

Pantai MarundeTanggul dan tetrapoda di pinggiran pantai Marunda. Foto: google maps/Nusantara Petanesia

Pantai Marunda berbeda dengan pantai lainnya karena pantainya tidak berpasir. Di pinggir pantai, terdapat tanggul pengaman beton. Tanggul dilengkapi dengan tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah gelombang. Hal inilah yang membuat struktur pantai ini cukup kuat untuk mengurangi resiko abrasi.

hutan mangrove

Hutan mangrove di pantai MarundaHutan mangrove di pantai Marunda. Foto: google maps/Bagas Kresno Fathurrachman

Tidak jauh dari pantai terdapat hutan bakau. Hutan mangrove ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas air limbah di sekitar pantai. Kawasan hutan ini juga merupakan tempat yang menarik. Sementara itu, lokasi hutan bakau dapat ditemukan jika pengunjung menyusuri tanggul ke arah timur.

Kawasan hutan mangrove di Pantai Marunda juga sering dijadikan sebagai lokasi pembelajaran. Selain itu, kawasan hutan ini bisa menjadi tempat berteduh dari terik matahari di pantai. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan hutan mangrove sebagai tempat berfoto.

Baca: Tiket dan Aktivitas MANGROVE TOUR di Jakarta

Menikmati sunset di pantai Marunda

Menunggu sunset di pantai MarundaMenunggu sunset di pantai. Foto: google maps / dunia agustiano

Tak perlu ragu, pantai memang menjadi destinasi yang tepat untuk mengagumi sunset. Tidak terkecuali Pantai Marunda, wisatawan datang sebelum jam 6 sore untuk menunggu sunset. Banyak juga pengunjung yang mengabadikan momen sunset melalui kamera handphone mereka. Pemandangan laut saat senja di sekitar pantai cukup eksotis.

Sambil menunggu sunset, pengunjung bisa berjalan-jalan santai di tanggul. Ada juga spot khusus yang sering dijadikan tempat berenang atau berbasah-basahan. Masih banyak jenis aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung sambil menunggu matahari terbenam, seperti bersepeda. Kawasan sekitar pantai akan lebih ramai saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Pemandangan kapal dan perahu nelayan

Pemandangan pantai MarundePemandangan perahu dan perahu nelayan. Foto: google maps/Fahroji 1989

Dari pantai ini pengunjung dapat melihat dengan jelas aktivitas lalu lalang kapal besar maupun kecil. Sebagian besar kapal tersebut memiliki rute menuju pelabuhan Tanjung Priok. Di pesisir pantai juga terdapat pangkalan kapal nelayan yang bersandar di laut, umumnya para nelayan yang berdomisili di Marunda melaut pada sore atau malam hari.

Tempat memancing

Banyak yang datang ke Pantai Marunda untuk kegiatan memancing. Tempat mancing favorit biasanya di pantai atau di jembatan bambu yang menjorok ke laut. Pengunjung hanya perlu membawa kail dan umpan sendiri, lalu duduk memancing dari tanggul. Anda juga bisa memancing di laut lepas dengan menyewa perahu.

Bagi yang ingin memancing tapi tidak memiliki peralatannya, jangan khawatir. Karena ada jasa persewaan alat pancing di dekat pantai. Lokasi persisnya ada di Jalan Kp. Marunda Kepu No.rt 08/07. Penyewaan peralatan memancing buka sepanjang hari setiap hari Minggu dan Senin.

Sewa perahu di pantai Marunda

Sewa perahu di pantai MarundeSewa perahu di pantai Marunda. Foto: google maps/Jonas Elroy Aditama

Masih di Jalan Kp. Marunda Kepu tidak jauh dari pantai tempat penampungan yang menyewa perahu. Base camp juga menjadi tempat berkumpulnya para maniak mancing. Jika tidak suka memancing, pengunjung bisa menyewa perahu untuk berlayar mengelilingi laut di sekitar pantai. Kegiatan ini akan menjadi hiburan bagi pengunjung.

Berbagai makanan ringan di pantai

Pengunjung bisa menikmati kuliner di pinggir pantai sambil mengagumi panorama laut, karena banyak warung yang menawarkan menu yang berbeda. Mulai dari makanan ringan seperti mie hingga menu seafood seperti ikan bakar. Untuk minuman, wisatawan bisa membeli kopi panas, es teh, dan minuman lainnya.

Dekat masjid dan museum sejarah

Pantai Marunda dekat dengan tempat ibadah bernama Masjid Al Alam Marunda. Letaknya di pinggir pantai dan merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Kemudian tempat wisata lain yang tak kalah menarik adalah cagar budaya “Rumah Si Pitung”. Jaraknya hanya sekitar 3 menit atau 650 meter dari pantai Marunda.

Akses ke Pantai Marunda

Di tempat parkir, wisatawan akan disambut dengan pemandangan kolam yang luas. Jika Anda melihat ke kiri dan ke kanan, itu semua adalah air kolam. Di tempat parkir, pengunjung bisa melihat kios-kios.

Kemudian, di sebelah tribun terdapat pintu masuk menuju pantai. Akses ke pantai melalui jembatan bambu di atas kolam. Jembatan bambu itu terlihat begitu kokoh dan cukup besar.

Kemudahan

Memang tidak banyak fasilitas yang tersedia. Hanya tersedia toilet dan area parkir. Lalu, tak jauh dari pantai juga terdapat masjid.

Lokasi Pantai Marunda

Pantai ini terletak di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Bagi yang tidak memiliki kendaraan bisa naik angkutan umum. Dari terminal Tanjung Priok, turun di depan Rusun Marunda lalu jalan kaki menuju pantai.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button