Tiket dan aktivitas PINDUL GOA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan aktivitas PINDUL GOA

Tiket dan aktivitas PINDUL GOA

Harga tiket masuk Gua Pindul : Rp 40.000 – Rp 450.000. Jam buka: 07:00 – 16:30 WIB. Nomor telepon: 0822-2515-2172. Alamat/Lokasi: Jenderal2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55891.

Yogyakarta memiliki banyak potensi wisata alam, termasuk yang menawarkan petualangan. Salah satunya adalah pariwisata Gua Pindul, Yogyakarta. Gua kuno yang akan membawa wisatawan menyeberangi sungai menyusuri jalan setapak gua.

Berbagai kegiatan tamasya bisa dilakukan di gua yang terletak di Gunung Kidul ini. Padahal, kegiatan utamanya adalah tabung gua. Namun jangan salah, aktivitas lain di sekitar goa juga patut untuk dicoba.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Pembayaran tiket masuk kawasan ini relatif terjangkau. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek puluhan ribu rupiah untuk memasuki area gua. Harga berbeda tergantung pada pilihan aktivitas.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogjakarta
Beli perjalanan sehari Rp 970.638
Beli paket wisata dan river tubing Rp42.500
Tiket masuk Gua Pindul Rp40.000
Tiket Masuk Oyo River Tube Rp60.000
Tiket masuk ke Gua Kristal Rp30.000
Tiket masuk ke Wren’s Cave Rp35.000
Tiket masuk Gua Sriti Rp35.000
Keluar Rp 50.000
Tiket masuk Goa Tanding Rp 150.000
Tiket masuk wisata off road Rp450.000

Baca: Tiket Masuk BUKIT BINTANG Yogyakarta dan 4 Tempat Wisata

Jam Buka Goa Pindul Jogjakarta

Wisatawan bisa datang dan melakukan berbagai aktivitas di goa ini dari pagi hingga sore hari. Kawasan goa dibuka mulai pukul 07:00 WIB.

Jam buka
Setiap hari 07.00 – 16.30 WIB

Ragam aktivitas wisata di Goa Pindul

Wisatawan yang datang ke sini akan menemukan berbagai aktivitas wisata. Mulai dari penjelajahan gua, cave tubing, melihat stalaktit dan stalagmit serta menjelajahi keindahan gua. Berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

1. Tabung Gua di Gua Pindul

wisata tubing di goa PindulCave Tubing adalah salah satu kegiatan utama yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Gua Pindul, Jogja. Foto: Google Maps/Nobel Sutresman

Terdapat 3 area di Gua Pindul yaitu area terang, gelap dan gelap. Di area yang cerah, pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berenang dan lompatan yang indah. Selain itu, Anda juga bisa melihat ikan-ikan besar di kawasan ini.

Aktivitas tubing di Gua Pindul berarti menjelajahi 3 area ini. Waktu tempuh untuk jalur bawah tanah ini kurang lebih 45 menit. Underground tubing ini hampir mirip dengan rafting atau lebih dikenal dengan rafting.

Keduanya menjelajahi sungai. Jika Anda rafting menggunakan perahu, lakukan tubing di gua-gua menggunakan ban dalam. Air gua yang tenang berarti siapa pun dapat melakukan tubing di dalam gua, termasuk pemula.

Baca: Tiket Masuk BECICI PEAK Yogya dan 6 Aktivitas Serunya

2. River Tubing di Kali Oyo

River Tubing Sungai Oyo Goa PindulTuris melakukan river tubing di Sungai Oyo. Foto: Google Maps/Budi Berhaya

Jika kurang puas dengan underground tube, pengunjung bisa melanjutkan explore Kali Oyo. Sungai yang masih mengelilingi kawasan gua ini panjangnya 1.500 meter. Seperti underground tubing, kegiatan ini juga menyusuri sungai dengan menggunakan ban dalam.

Pesona keindahan sungai ini terdapat pada tebing-tebing yang melapisi sungai. Meski kedalaman sungai ini antara 7 hingga 11 meter, pengunjung tak perlu khawatir. Karena pengunjung akan dibekali perlengkapan life jacket dan pemandu.

3. Stalaktit dan stalagmit yang unik

Stalagtig dan stalagmit Gua PindulStalagtig dan stalagmit dari Gua Pindul. Foto: google maps/Herwanto Sulistyo Budi

Stalaktit dan stalagmit selalu ada di lokasi wisata alam, terutama goa. Batuan yang terbentuk dari proses alam memiliki keunikan tersendiri. Jika pada umumnya stalagtit dan stalagmit terpisah satu sama lain, maka tidak dengan goa ini.

Stalagtit dan stalagmit di sini tidak terpisah, melainkan menyatu. Batuan yang digabungkan terlihat seperti pilar tinggi. Dia sangat besar, dia kira-kira selebar lima rentang lengan orang dewasa.

Dengan ukurannya yang tidak biasa, stalagmit dan stalaktit ini adalah yang terbesar di dunia. Terletak di tengah gua, stalagmit dan stalaktit ini juga disebut pilar gua. Ruang antara stalaktit dan stalagmit hanya cukup untuk satu orang.

Keindahan kawasan wisata ini semakin lengkap dengan adanya ornamen di sepanjang dinding goa. Ornamennya seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai harganya. Dekorasinya semakin lengkap dengan mata kelelawar kristal yang tergantung di lorong.

Baca: Tiket Masuk Goa Jatijajar Kebumen dan 7 Tempat Wisata

4. Sungai Gua Pindul

Sungai di dalam guaSungai di Gua Pindul. Foto: Google Maps/ Aji Suyatna

Sungai di dalam Gua Pindul menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Goa ini memiliki panjang sekitar 350 meter, sedangkan lebarnya 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap goa 4 meter, kedalaman air 5-12 meter.

Untuk dapat menjelajahi sungai ini, pengunjung tidak hanya harus menyelam ke dalamnya. Pengunjung harus memakai perlengkapan lengkap dan dipandu oleh petugas. Kegiatan menjelajahi sungai di gua ini disebut cave tubing.

5. Keindahan Sumur Terbalik

Menyelam dari bibir gua yang terlihat seperti sumur Terjun dari bibir atas lubang goa yang bentuknya mirip sumur. Foto: Google Maps/Maha Karya

Saat menjelajahi gua, tepat di tengahnya terdapat ruangan yang cukup luas. Bagian ini sangat menarik karena ada lubang di dalamnya. Penduduk setempat menyebut ruangan ini sebagai sumur terbalik.

Bukan tanpa alasan ruangan ini disebut sumur terbalik. Penyebutan ini terkait dengan keindahan sinar matahari melalui lubang yang membawa keindahan. Selain itu lubang ini juga digunakan untuk masuk tim SAR atau latihan.

Baca: Tiket Masuk Hutan Pinus MANGUNAN dan 4 Aktivitas Utamanya

6. Menikmati kuliner khas di Gua Pindul

Setiap tempat wisata selalu menawarkan kuliner khas yang khas. Tak terkecuali di sini, beberapa kuliner khas tersedia di sini. Setelah lelah bermain air Gua Pindul, pengunjung bisa mulai menikmati teh jahe.

Setelah itu, Anda bisa mulai menyantap hidangan utama yaitu nasi trancam. Nasi trancam adalah nasi yang berisi sayuran seperti tauge, lamtoro dan kemangi. Sayuran ini semakin nikmat jika ditemani dengan kuah parutan kelapa.

Bisa dibilang ini adalah hidangan vegetarian khas dari Indonesia. Pedasnya sambal berpadu dengan nasi yang masih panas benar-benar melekat di lidah. Selain sehat, hidangan ini juga sangat terjangkau.

Lokasi Gua Pindul

Gua ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya Tutupan2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button