10 Tempat Wisata Pantai Terbaik Di Sulawesi Utara - WisataHits
wisatahits

10 Tempat Wisata Pantai Terbaik Di Sulawesi Utara

10 Tempat Wisata Pantai Terbaik Di Sulawesi Utara

Tertarik dengan liburan pantai? Simak daftar wisata pantai indah di Sulawesi Utara. Destinasi wisata bahari terindah, eksotis, dan terpanas yang bisa Anda jelajahi saat berlibur.

Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi yang memiliki perairan eksotis dan biota laut yang menakjubkan. Tak hanya itu, provinsi dengan ibu kota Manado ini juga memiliki pemandangan yang indah untuk sektor wisata baharinya. Oleh karena itu, wisata pantai di provinsi ini menjadi tujuan wisata yang digemari banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Berikut rekomendasi pantai-pantai terbaik di Sulawesi Utara yang bisa kamu jelajahi.

1. Pantai Pal

Pantai Minahasa Pal UtaraFoto: Google Maps/Lestari Wahyuningsih

Oleh karena itu menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Sulawesi Utara. Pantai Pal terletak di Kabupaten Minahasa bagian utara dengan keindahan yang luar biasa. Tak heran bila banyak wisatawan di akhir pekan atau liburan panjang, meski pantai cantik ini belum banyak diketahui orang.

Daya tarik utama yang dicari orang adalah hamparan pasir putih di pantai yang sangat lembut. Anda bisa berjalan tanpa alas kaki di pantai dan Anda akan merasa sangat nyaman. Memang bibir pantai Pal tidak dihiasi bebatuan yang bisa melukai kaki saat berjalan di atasnya, apalagi saat diterpa ombak.

Tak kalah menariknya, Anda juga akan disuguhi gulungan ombak tengah pantai yang sangat mempesona. Gulungan ombak ini akan terlihat seperti kertas putih yang menjadi ikon Pantai Pal. Wisata unik ini juga menawarkan keindahan alam lain yang menghiasi pantai, seperti suasana yang menenangkan dan pepohonan yang memberikan keteduhan di tepian pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

2. Pantai Temboko Lehi

Pantai Temboko Lehi Siau Tagulandang BiaroFoto: Instagram/Richard Adam

Diklaim sebagai salah satu pantai yang memiliki jumlah pengunjung cukup banyak baik yang sedang berlibur maupun tidak. Anda akan melihat semua jenis pengunjung, dari turis lokal hingga turis mancanegara. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena Pantai Temboko Lehi menawarkan daya tarik yang luar biasa menawan dan tentunya unik.

Anda berhak mendapatkan langit yang biru dan cerah, agar liburan Anda menyenangkan. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki air laut berwarna biru yang sangat jernih, sehingga biota laut di bawahnya dapat terlihat dengan jelas. Perpaduan langit biru dan air laut yang sangat jernih ini tentu membuat liburan Anda semakin menyenangkan bukan?

Letak persis pantai ini berada di kaki Gunung Karengetang, sehingga Anda bisa benar-benar merasakan indahnya suasana khas pegunungan. Uniknya, air laut di sepanjang garis pantai akan terasa hangat karena letak pantainya. Yang tak kalah menarik adalah pantai ini tidak memiliki air laut yang asin sehingga sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kabupaten Siau Barat, Kab. Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

3. Pita Pantai

Kisaran saluranFoto: Google Maps/Atlee ii Creative

Kunjungan berikutnya yang banyak dikunjungi orang adalah pantai Lakban dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Tak hanya menakjubkan, yang membuat pantai ini sangat digemari banyak orang adalah karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Manado. Cukup menempuh jarak sekitar 3 km untuk sampai ke tempat wisata bahari ini.

Pantai yang satu ini tidak hanya menawarkan panorama yang luar biasa, tetapi juga menjamin keamanan pengunjung. Di pinggir pantai terdapat pohon kelapa yang tumbuh berjejer di sepanjang bibir pantai dengan pohon yang cukup tinggi. Kehadiran pohon ini membuat wisatawan merasa aman karena ombak bisa dihalau jika terlalu tinggi.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Ratatotok Timur, Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

4. Pantai Pulisan

Pantai PulisFoto: Google Maps/C’est Le

Pantai yang berada di sebelah utara Minahasa ini memakan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Manado. Jarak yang cukup jauh ini tidak membuat takut wisatawan, namun justru banyak yang datang ke tempat wisata ini. Hal ini dipicu oleh daya tarik pantainya yang luar biasa dan tidak dapat Anda temukan di destinasi wisata lainnya.

Keindahan pertama yang disuguhkan yaitu hamparan pasir putih halus di pinggir pantai. Anda bisa berkeliling sambil bermain air di pantai dengan sangat nyaman. Pasir putihnya yang lembut di kaki serta bebatuan yang eksotik menambah keindahan pasir pantai ini. Perpaduan keduanya dapat menjadi daya tarik tersendiri yang tidak terdapat pada wisata lainnya.

Tak kalah menariknya, Anda juga berhak mendapatkan hutan lindung dengan keanekaragaman jenis pohon yang cukup banyak. Hutan lindung ini sudah berusia seabad dan kini sangat terjaga kelestariannya. Anda juga akan melihat perbukitan savana di kejauhan yang mampu memukau para pengunjung dan membuat mereka tertarik untuk mengunjunginya.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pulisan, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

5. Pantai Malalayang

Pantai MalalayangFoto: Google Maps/Arsenio

Destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan terkagum-kagum melihatnya. Tak heran jika pantai ini banyak dikunjungi orang pada akhir pekan karena biota yang melimpah. Beberapa jenis ikan yang sudah langka di Laut Sulawesi mudah ditemui di pantai ujung selatan Kota Manado ini.

Tak hanya ikan khas Sulawesi, Anda juga akan menikmati taman laut yang sangat indah di bawah perairannya. Bagian dari keindahan yang dihadirkan yaitu koral dengan berbagai warna sehingga memanjakan mata. Anda juga akan disuguhi dengan berbagai jenis spesies ikan dan kombinasi pemandangan yang luar biasa di sekitar pantai di Malalayang ini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

6. Pantai Lihaga

Pantai LigaFoto: Google Maps/Keziah Tuerah

Jika ingin mencari ketenangan dari wisata bahari, maka pantai Lihaga adalah pilihan yang tepat. Pasalnya pulau ini tidak berpenghuni namun telah disediakan fasilitas umum yang sangat lengkap untuk wisatawan. Anda dapat menikmati bangunan kayu besar sebagai akomodasi tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan apapun, sehingga sangat ekonomis.

Tidak hanya menawarkan fasilitas lengkap, wisata ini juga ideal bagi penyelam pemula yang ingin menikmati pemandangan bawah laut. Anda dapat menyelam dengan aman karena tersedia berbagai alat pengaman. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang tidak diragukan lagi, karena memiliki terumbu karang yang berwarna-warni dan ikan berwarna-warni yang indah.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gangga Satu, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

7. Pantai Pasir Putih Lembeh

Pantai pasir putih LembehFoto: Instagram/stefanijunitaa

Anda tidak hanya akan menikmati pantai sebagai daya tarik utama, tetapi Anda juga akan menikmati hutan bakau. Kawasan ini telah dilengkapi dengan alat pencegah abrasi yang dapat mengikis bibir pantai secara perlahan. Dengan cara ini, pohon ditanam di beberapa daerah untuk mencegah pengikisan tanah oleh air laut yang cukup berbahaya.

Hutan mangrove ini tidak hanya dikelola untuk pelestarian alam, tetapi juga sebagai tujuan wisata yang dapat menghasilkan keuntungan. Anda bisa mengunjungi 2 tempat sekaligus jika memilih destinasi wisata ini, jadi tips cerdas liburan yang efektif. Di kawasan ini, Anda akan menikmati pantai yang menenangkan dan hutan bakau yang sejuk.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Moto, Kec. Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

8. Pantai Likupang

Pantai LiputanFoto: Google Maps/Grace Kelly Hosea

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Likupang yang cukup menjadi simbol Sulawesi Utara. Tak lengkap rasanya jika berlibur ke provinsi yang beribukota Manado, namun jangan manfaatkan suguhan pantai ini. Daya tarik yang disuguhkan kepada wisatawan adalah pasir putihnya yang sangat lembut dan air lautnya yang biru jernih.

Selain menikmati keindahan alam Pantai Likupang, Anda juga harus melihat penyu hijau secara langsung. Spesies tunggal ini semakin hari semakin langka, sehingga kita harus mulai melestarikannya agar keberadaannya tetap terjaga. Oleh karena itu, pemerintah setempat menetapkan Pantai Likupang sebagai tempat perlindungan dan pelestarian.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Likupang II, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

9. Pantai Mahembang

Pantai MahembangFoto: Google Maps/Charles Franklin

Diklaim sebagai destinasi wisata favorit kedua di Minahasa Utara, sehingga Pantai Mahembang digandrungi banyak orang. Anda akan melihat banyak turis di sini pada akhir pekan atau liburan panjang. Bukan tanpa alasan tentunya karena destinasi ini memiliki daya pikat pasir putih yang sangat lembut.

Yang membuat pantai ini menarik juga karena adanya gugusan bukit di pinggir pantai dengan ketinggian yang menjulang tinggi dan terlihat terjal. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata keluarga dengan potret ikonik yang tidak boleh Anda lewatkan. Pengunjung pasti akan mengabadikan momen bersama keluarga mereka dengan bukit di belakang mereka.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Mahembang, Kec. Kak, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.

10. Pantai Gangga

Pantai GanggaFoto: Google Maps/Emmanuel Grady

Tempat wisata ini berada tidak jauh dari pantai Lihaga, sehingga Anda bisa mengunjunginya untuk liburan yang tak kalah menarik. Wisatawan yang ingin menuju ke tempat ini hanya perlu menempuh perjalanan darat sekitar 10 menit. Pantai seluas 14,5 hektar ini memiliki penginapan yang bisa digunakan untuk bersantai setelah mengunjungi kawasan Likupang.

Kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini cukup beragam yaitu diving, snorkeling, kano dan berenang. Sekitar 3-4 titik penyelaman cocok untuk Anda untuk kunjungan malam atau lebih tepatnya memilih tempat di kawasan perlindungan laut karena memiliki terumbu karang yang lebih terlindungi. Kawasan ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati sunset dan sunrise.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gangga Satu, Kec. Likupang Barat, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Anda bisa rehat dari hiruk pikuk aktivitas dengan berlibur ke pantai eksotis di Sulawesi Utara. Provinsi ini memiliki sederet pantai yang indah dan eksotis dengan berbagai icon yang membuat liburan Anda semakin berkesan. Berdasarkan ulasan tersebut, pantai mana yang akan Anda kunjungi pada liburan berikutnya?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button