Pesona Waduk Riam Kanan, danau buatan terbesar di Kalimantan Selatan - WisataHits
wisatahits

Pesona Waduk Riam Kanan, danau buatan terbesar di Kalimantan Selatan

Waduk Riam Kanan, danau buatan terbesar dan terindah di Kalimantan Selatan. Waduk yang menawarkan pesona alamnya yang memukau sebagai destinasi melepas penat dan penat.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Kota Banjar, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Terkenal dengan julukan Bumi Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan memiliki beragam keindahan di kotanya. Selain itu, terdapat danau buatan bernama Waduk Riam Kanan yang merupakan waduk terbesar di kawasan ini. Banyak sekali wisatawan yang datang hanya untuk bersantai dan menghabiskan akhir pekan. Lantas seperti apa keindahan alam waduk ini? Periksa ulasan.

Jelajahi legenda waduk terbesar di Kalimantan Selatan

Jelajahi reservoir di tepi kananKredit gambar: Google Maps Ade Jäger

Menurut cerita yang beredar, dahulu kala, di sebuah Puncak Meratus, hiduplah dua orang bersaudara. Nama kakak laki-lakinya adalah Utuh Pujung dan nama adik laki-lakinya adalah Anang. Saat itu, keduanya rajin dan senang mencari madu, garu dan damar di hutan belantara Meratus. Hanya saja kedua anak ini memiliki karakter yang sangat berbeda.

Kakak laki-lakinya keras kepala dan sangat berbeda dari adiknya. Anang adalah anak dengan sifat yang menerima berbagai pendapat dan sudut pandang dari siapapun. Alkisah, mereka sedang mencari madu dan bertemu dengan seorang gadis desa yang sangat cantik. Wanita itu bernama Galuh Sakadut, yang membawa harta karun berisi berlian dan emas.

Sementara itu, dua saudara laki-laki memiliki kesepakatan untuk bersaing dengan kekuatan gaib untuk memenangkan hati gadis cantik itu. Seketika, Pujung langsung berusaha menunjukkan kekuatannya. Pujung mulai dengan tangan kirinya bergerak dan permukaan tanah mulai retak dan disertai deru air yang mengalir dari Pegunungan Meratus.

Kemudian getaran tersebut juga diiringi dengan banyaknya material alam yang dikeluarkan. Seperti mangan, bijih besi, batu, intan, emas, batu akik, kecubung, hingga kalulu ekor. Hingga akhirnya tempat ini mendapat nama atau julukan bernama Riam Kiwa. Berbeda dengan adiknya yang juga berusaha memamerkan kekuatan supranatural yang dimiliki dalam dirinya.

Anang mulai menunjukkan kekuatannya dengan menggerakkan tangan kanannya. Hingga tiba-tiba terdengar suara guntur yang sangat keras. Itu disertai dengan angin kencang, kilat, dan bahkan bumi mulai bergetar. Saat itu sedang terjadi gunung api tektonik yang mengeluarkan berbagai kandungan dari perut bumi yang sangat melimpah.

Hujan mulai turun dengan deras. Saat itu, daratan telah terbagi menjadi sungai dan air terjun. Saat itu, warga mulai khawatir dan panik. Sampai saat itu, daerah ini dikenal sebagai Riam Kanan. Karena Agung menunjukkan kesaktiannya dengan tangan kanannya dan arusnya saat ini dibendung dan menjadi Danau Lingkar Kanan.

Atraksi Danau Lingkar Kanan Lainnya

Atraksi Danau Cascade KananKredit Gambar: Instagram.com __sandaljapit_

Danau buatan terbesar di Kalimantan Selatan ini terletak di dekat kawasan hutan. Bahkan untuk sampai ke sana, Anda harus menempuh perjalanan yang jauh. Meski harus menempuh perjalanan jauh, nantinya Anda akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai tanaman yang tumbuh di bawah rindang di sekitar kawasan waduk Riam Kanan.

Dengan banyaknya tanaman yang rindang mampu menghasilkan suasana yang nyaman dan tenang. Selain itu menjadi sangat segar dan semua disertai dengan suara air yang dapat menenangkan suasana. Tentu menjadi daya tarik tersendiri ketika wisatawan berkunjung ke kawasan wisata alam yang indah ini, yang jarang Anda dapatkan di kawasan wisata alam lainnya.

Tidak hanya pemandangannya yang sangat indah dan menawan, Anda juga akan disuguhkan dengan pesona yang sangat unik. Hijaunya dedaunan pepohonan yang ada dapat membuat udara menjadi lebih sejuk dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat atau stress. Atau bahkan Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat peristirahatan yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Saat mengunjungi kawasan ini, Anda akan melihat hamparan air yang luas dan sangat tenang. Meski begitu, air di danau buatan ini memiliki kedalaman yang cukup tinggi. Jadi, pengunjung yang datang ke kawasan ini tidak diperbolehkan berenang atau melakukan aktivitas apapun yang berhubungan dengan air dan hanya boleh dari jarak jauh.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di area waduk

Kegiatan di area wadukKredit Gambar: Instagram Dhanie Marlonk

Waduk Riam Kanan terletak di dekat hutan cagar alam setempat. Sehingga suasana yang ditawarkan destinasi wisata ini jauh lebih sejuk, segar dan damai. Tak heran, banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Meski hanya untuk menikmati keindahan alam di sekitar danau buatan. Atau bahkan hanya untuk bersantai setelah perjalanan panjang.

Saat berada di sini, Anda dapat menghabiskan waktu bersenang-senang sambil menaiki perahu. Untuk menggunakan perahu yang ada, Anda harus menyewanya terlebih dahulu dari pengelola wisata. Dia menyediakan fasilitas ini dengan tarif yang telah ditentukan sebelumnya. Meski begitu, harga yang dikenakan tetap bersahabat dengan kantong pengunjung.

Dengan cara ini Anda bisa menikmati pemandangan kawasan wisata ini lebih dekat. Selain itu, mengendarai perahu ini juga bisa menghilangkan kejenuhan dari berbagai aktivitas pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari. Dalam penggunaan perahu ini tentunya selalu didampingi oleh pihak pengelola, mengingat airnya memiliki kedalaman yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, selama di kawasan ini Anda juga bisa menemukan berbagai tempat indah seperti Pulau Pinus, Pulau Rusa dan Bukit Batas. Beberapa lokasi tersebut merupakan destinasi wisata lain yang sangat dekat dengan kawasan waduk ini. Bahkan untuk mengunjungi kawasan wisata, cukup memanfaatkan perahu motor yang tersedia.

Tidak berhenti sampai di situ, bagi Anda yang hobi memancing, aktivitas tersebut bisa Anda salurkan ke dalam kawasan Waduk Riam Kanan. Anda dapat memiliki berbagai tempat menarik untuk melakukan aktivitas ini. Anda hanya perlu menyewa perahu dan Anda akan segera ditemani oleh pemandu yang dapat membantu Anda memuaskan hobi memancing Anda.

Bahkan lokasi kawasan ini juga menawarkan berbagai spot foto menarik yang bisa dijadikan spot instagenic. Sebagian besar pengunjung berfoto sambil berdiri di tepi waduk. Hal ini dapat membahayakan keselamatan pengunjung itu sendiri. Jika ingin mendapatkan bidikan yang bagus, cobalah mengabadikan indahnya langit biru di siang hari.

Usahakan untuk selalu mematuhi aturan bahkan larangan yang telah dibuat. Hal ini berguna untuk mencegah Anda dari melakukan hal-hal yang berbahaya atau hasil yang buruk pada diri Anda sendiri. Jika Anda senang mengabadikan momen tersebut, maka tak ada salahnya mencicipi sajian camilan yang bisa memuaskan lidah dan perut Anda. Camilan ini bahkan bisa Anda nikmati sebagai oleh-oleh.

Fasilitas yang tersedia di Riam Kanan Reservoir

Fasilitas Reservoir Tepi KananKredit Gambar: Google Maps Allen Turnip

Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, jadi Anda tidak perlu khawatir. Dari kamar mandi bersih, fasilitas kesehatan, layanan pemandu yang bisa memandu Anda, berbagai restoran, tempat parkir, atau bahkan akomodasi yang nyaman. Semua fasilitas tersebut bisa Anda nikmati di kawasan wisata ini.

Saat berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa membawa perbekalan, jadi jangan takut. Karena di sekitar kawasan ini sudah banyak terdapat warung-warung kecil yang menjajakan makanan, minuman dan jajanan. Tak hanya itu, tempat ibadah pun telah disediakan bagi Anda yang akan beribadah. Bahkan ada layanan pemandu yang dapat membantu Anda di area ini.

Tidak berhenti sampai disitu saja, bagi anda yang menggunakan sepeda motor atau kendaraan pribadi. Saat ini telah disediakan area parkir khusus untuk menyimpan kendaraan Anda. Meski lokasinya sedikit di lereng, tempat parkirnya sangat luas dan tentunya cukup untuk berbagai jenis kendaraan yang Anda gunakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Waduk Riam Kanan

Alamat Waduk Riam KananKredit gambar: Google Maps Akhmad Solihin

Kawasan ini terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya Sultan Adam yang tentunya berada di Kalimantan Selatan. Jika Anda ingin mengunjunginya, Anda harus melalui beberapa jalur yang berbeda. Jika Anda datang dari Banjarmasin, ikuti saja Jalan Ahmad Yani yang akan mengarahkan Anda ke kota Banjarbaru. Perjalanan diperkirakan sekitar 36 km.

Saat berada di perempatan bundaran Banjarbaru, langsung ambil Jalan Ir.PHM Noor yang akan ditempuh sekitar 30 km. Setelah menyeberang jalan, Anda akan menemukan papan bertuliskan Danau Waduk Riam Kanan. Untuk wilayah atau lokasi tepatnya berada di Pelapuan Tiwingan, Kecamatan Aranio.

Karena fungsinya, waduk atau danau buatan ini berguna untuk menampung air. Tempat ini memiliki jam buka yang panjang atau cukup lama. Untuk menikmati keindahan panorama alamnya, Anda cukup merogoh kocek dalam-dalam. Memang, kawasan wisata ini dikelola oleh masyarakat setempat.

Ini penjelasan lengkap tentang tank Riam Kanan. Dengan keindahan alam yang ditawarkan memang tidak bisa dipungkiri. Hal ini karena pepohonan dan badan air mampu menghadirkan pesona yang menyejukkan mata. Selain bisa dijadikan kawasan wisata, tempat ini masih berfungsi sebagai pembangkit listrik atau kawasan pembangkit listrik tenaga air. Keindahan lingkungan yang ditawarkan, mendatangkan banyak pengunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button