UGM International Trail Run 2022 di Hutan Gunung Kidul, Ganjar Pranowo berpartisipasi - WisataHits
Yogyakarta

UGM International Trail Run 2022 di Hutan Gunung Kidul, Ganjar Pranowo berpartisipasi

TEMPO.CO, Yogyakarta – UGM International Trail Run 2022 kembali digelar di Yogyakarta setelah sempat dikosongkan akibat pandemi Covid-19. Kali ini akan dilaksanakan pada hari Minggu 16 Oktober 2022 di kawasan hutan Wanagama Science Edu Eco Park Forest di Gunungkidul, Yogyakarta.

“Ada 700 peserta yang akan mengikuti kegiatan ini,” kata Ketua Panitia International Trail Run 2022 UGM Nugroho Dewayanto, Rabu, 12 Oktober 2022.

Acara yang merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis UGM ke-73 ini juga rencananya akan dihadiri oleh Ketua Umum Keluarga Alumni UGM yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Gubernur Ganjar dan istrinya berencana lari di kelas 14km (14 kilometer),” kata Nugroho.

Nugroho menjelaskan, acara yang menyiapkan hadiah puluhan juta ini terdiri dari dua kategori utama, yakni kategori terbuka untuk umum dan kategori master untuk peserta berusia 40 tahun ke atas. Kedua kategori tersebut dibagi menjadi tiga kelas yaitu 7K, 14K dan 21K.

“Setelah banyak yang tahu kalau Pak Ganjar bertanding di kelas 14K, kelas ini menjadi yang paling diminati dan diminati peserta,” kata Nugroho.

Ajang UGM International Trail Run 2022 yang memasuki edisi ketiga tahun ini secara konsep berbeda dengan maraton. “Acara ini mengusung konsep trail run, ada unsur pariwisata, jadi background acaranya lewat Hutan Wanagama,” kata Nugroho.

Moto acara tahun ini adalah Lari, Edu, khawatir. Tujuannya untuk mendorong kecintaan pelari terhadap alam dan lingkungan.

Salah satu hal yang menarik dari lari melintasi hutan rindang di Gunungkidul adalah para peserta juga diajak untuk menyeberangi Sungai Oya yang melintasi hutan. Untuk memastikan keselamatan pelari, panitia telah melakukan persiapan serius untuk memastikan pelari lulus dengan selamat. Panitia melibatkan tim SAR, BPBD, dan kepolisian.

“Keselamatan pelari tetap menjadi prioritas utama karena pelari menikmati keindahan alam Wanagama, khususnya di sekitar DAS Sungai Oya,” kata Nugroho.

Race Director UGM International Trail Run 2022 Roostian mengatakan, jumlah peserta tahun ini meningkat dibandingkan event terakhir pada 2019. “Kategori kelas favorit 14. Kilometer,” katanya. Dari total 700 peserta, 60 persen pelari adalah UGM. keluarga, sedangkan 40 persen sisanya berasal dari masyarakat umum.

Baca juga: Ingat Kasus Covid-19 Masih Ada, BPBD Yogyakarta Masker Arak Gunungan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button