Pesona Situ Cilembang, Situ Biru Indah di Sumedang - WisataHits
Jawa Barat

Pesona Situ Cilembang, Situ Biru Indah di Sumedang

EINFALL24.COM – Keindahan yang menjadi daya tarik objek wisata Situ Cilembang terletak pada warna airnya yang biru dan jernih. Jika Anda memperhatikan warna biru, itu benar-benar terlihat seperti lukisan.

Lokasi Situ Cilembang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kec. Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45392.

Berdasarkan cerita, Situ Cilembang pada awalnya merupakan sumber yang lebih luas dari yang sekarang.

Seperti dikutip sumedangtandang.com, saat Gunung Galunggung meletus pada 1982, terjadi longsor di bukit di atas Cilembang. Material longsoran yang didominasi batuan ini mengubur sebagian sumber Cilembang.

Baca Juga: Sinopsis Film Host 2022, Bukan Horor Khas Mainstream, Dimainkan Naysila Mirdad

Hingga saat ini, Situ Cilembang dikelilingi oleh bebatuan, termasuk banyak bebatuan dengan berbagai ukuran. Kedalaman Situ Cilembang sekitar tiga meter.

Fungsi Danau Cilembang sebagai sumber air tidak berubah. Air dari sana di Cilembang merupakan sumber air bagi warga sekitar dan sumber irigasi untuk persawahan di hilir.

Debit air yang berasal dari mata air Cilembang tidak berubah pada musim hujan maupun kemarau. Situ Cilembang merupakan habitat berbagai jenis ikan seperti ikan Nil dan ikan wader. Bahkan ada yang melihat kura-kura air tawar muncul ke permukaan.

Karena memiliki warna air yang kebiruan, Situ Biru Cilembang menjadi daya tarik untuk dikunjungi dan menjadi tempat wisata.

Source: www.insiden24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button