Pantai Sendang Biru, Pesona Pantai Yang Indah dan Indah di Malang - WisataHits
wisatahits

Pantai Sendang Biru, Pesona Pantai Yang Indah dan Indah di Malang

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Seperti yang telah diketahui sejak lama, Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki beragam tempat wisata yang menakjubkan. Banyak sekali pantai-pantai indah yang ada di kawasan ini, dan semuanya memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri yang bisa membuatnya semakin diminati oleh para penggemarnya, termasuk Pantai Sendang Biru.

Pantai ini sebenarnya terletak di daerah Malang Selatan dan terkenal dengan air lautnya yang berwarna biru cerah. Berada di tepi lautan membuat pantai ini mampu menyuguhkan pemandangan laut yang begitu indah dan pengunjung akan dibuat takjub dengan gambaran laut yang seolah tak berujung.

Banyak sekali hal menarik yang bisa pengunjung temukan di pantai ini. Tidak hanya indah, pantai ini juga sering menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berada di Malang.

Atraksi Pantai Sendang Biru

Daya tarik pantai sumber biruKredit Gambar: Instagram Hizbul Maulana

1. Lokasi bagus di pantai

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Sendang Biru adalah lokasi pantai yang begitu sejuk. Saat berada di tempat ini, pengunjung tidak perlu khawatir kulitnya akan terbakar matahari saat siang hari, karena pantai ini sangat sejuk dan dijamin akan melindungi pengunjung dari terik matahari.

Hal itu bisa terjadi karena pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan dedaunan yang cukup lebar. Sebut saja pohon kelapa dan berbagai pohon lainnya yang berperan penting dalam menjaga keserasian dan kesegaran suasana di pantai ini. Keberadaan pohon tersebut juga mampu membuat udara pantai menjadi sangat segar dan alami.

2. Suasana tenang dan damai

Apalagi Pantai Sendang Biru memiliki suasana yang cukup tenang dan damai. Anda tidak akan mendengar suara keras yang terkadang mengganggu pengunjung, seperti suara knalpot kendaraan, suara manusia yang mengganggu, dll. Sebaliknya, Anda akan dimanjakan dengan suasana teduh yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Untuk itulah, pantai ini disebut sebagai pantai yang sempurna untuk bersantai, baik bersama keluarga atau pun sendirian. Merasakan rasa damai yang tidak bisa dirasakan di perkotaan mampu membuat pikiran kita lebih tenang dan melupakan segala masalah atau kerja keras yang terkadang melelahkan otak kita.

3. Gelombang Gemuruh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai ini memang terkenal dengan ombaknya yang begitu populer di kalangan peselancar. Bagaimana tidak, ombak di sini cukup besar dan mampu membantu para peselancar merasakan sensasi digulung ombak laut yang sangat mengasyikkan.

Meski begitu, pengunjung tidak perlu merasa terlalu khawatir saat ingin berenang di pantai ini. Karena ombak di sekitar pantai tidak terlalu besar bahkan terasa cukup tenang, sehingga saat berenang di tepi pantai, Anda dan pengunjung lainnya tidak perlu takut hanyut oleh ombak. Namun, Anda harus selalu berhati-hati saat berada di tempat ini.

4. Tempat favorit ikan cantik

Objek wisata yang dimiliki oleh Blue Spring BeachKredit Gambar: Instagram Hizbul Maulana

Salah satu hal utama yang membuat Pantai Sendang Biru begitu populer di kalangan wisatawan adalah tempatnya yang sangat alami dan dapat memukau semua orang. Banyak sekali hal yang membuat pantai ini begitu dicintai tidak hanya oleh manusia, tetapi juga oleh ikan-ikan yang sesekali melintas di bawah air yang jernih.

Ikan-ikan tersebut dari berbagai jenis yang sama-sama cantik, dan Anda dapat dengan mudah melihat perilaku mereka ketika Anda berada di atas kapal. Apalagi saat hari cerah dan matahari bersinar terik, Anda bisa melihat betapa lucunya ikan-ikan berenang di air yang tenang.

5. Pemandangan matahari yang tidak terhalang

Semua pantai tersebut memang terkenal dengan indahnya pemandangan matahari, dan hal ini juga terdapat di Pantai Sendang Biru. Pantai yang menghadap ke Samudra Selatan ini tentunya mampu membuat pengunjung melihat pemandangan matahari baik itu terbenam maupun terbit dengan leluasa.

Tidak ada penghalang yang ditemukan di tempat ini tidak seperti daerah perkotaan atau pedesaan yang terhalang oleh beberapa bangunan yang menghalangi kita untuk melihat matahari. Karena manfaat tersebut, banyak yang menyarankan pengunjung untuk mengunjungi tempat ini pada sore hari sebelum matahari terbenam.

6. Asal-usul yang menarik

Daya tarik terakhir yang dimiliki pantai ini adalah asal usulnya yang cukup menarik. Ada beberapa cerita mistis yang mengelilingi pantai ini, dan ini berasal dari cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi oleh masyarakat yang tinggal di sekitar tempat tersebut.

Namun kabarnya sejarah penamaan pantai ini tak lepas dari keberadaan mata air di bawah bukit. mata air atau musim semi Memiliki air yang biru dan sangat jernih, itulah mengapa dikatakan sebagai alasan mengapa nama pantai ini disebut Sendang Biru.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai mata air biruKredit gambar: Twitter Paling Indonesia

Pantai Sendang Biru terletak di Kecamatan Sumbermanjing, salah satu kecamatan yang masih dalam lingkar yang sama dengan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Lokasinya yang tidak terlalu terpencil dan sulit diakses akan membantu pengunjung untuk sampai ke sana dengan mudah. Namun, pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum di sini.

Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Malang, karena jaraknya hanya sekitar 65 kilometer. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju kawasan Galang kemudian lanjutkan mengikuti rambu menuju Pabrik Gula Krebet. Dari pabrik, akan ada banyak petunjuk arah yang bisa Anda perhatikan untuk sampai ke pantai sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai Blue SpringKredit Gambar: Kunjungan Instagram Malang Raya

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya, jika ingin berkunjung ke Pantai Sendang Biru juga akan dikenakan biaya masuk. Biaya masuk yang harus dikeluarkan untuk menikmati semua keindahan pantai ini juga tidak terlalu mahal yaitu hanya sekitar 12.000 rupiah untuk satu orang.

Harganya yang sangat murah tentunya mampu menarik banyak peminat untuk berkunjung ke pantai ini. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar tiket parkir tergantung kendaraan yang dibawa. Namun, harga tiket dapat mengalami perubahan tertentu tergantung pada perubahan kondisi dan situasi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sendang Biru

Aktivitas di Pantai Mata Air BiruKredit gambar: Facebook Kabar Surabaya

1. Naik perahu

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Sendang Biru adalah naik perahu. Perahu bisa disewa dengan harga yang cukup bersahabat dan tidak perlu membuat Anda mengeluarkan uang terlalu banyak.

Dengan perahu ini, Anda akan diajak oleh para nelayan untuk mengelilingi laut yang begitu megah. Anda dapat melihat dengan mata kepala sendiri betapa indahnya pemandangan tempat ini, serta pemandangan bawah laut yang dapat dilihat dengan jelas secara sekilas meskipun Anda tidak sedang menyelam di dalamnya.

2. Kunjungi Pulau Sempu

Di pantai ini terdapat sebuah pulau kecil yang dianggap sangat dilindungi oleh pemerintah karena pulau tersebut memang merupakan cagar alam yang dikelola dengan sangat hati-hati. Pulau ini bernama Pulau Sempu, letaknya tidak terlalu jauh dari Sendang Biru, bahkan bisa dibilang cukup dekat.

Pengunjung yang singgah di pantai ini akan selalu melihat seperti apa keadaan Pulau Sempu. Hamparan yang tidak terlalu luas membuat pulau ini memiliki begitu banyak keindahan alam yang belum terjamah oleh tangan manusia biasa, sehingga tidak heran jika pulau ini sangat dilindungi. Untuk mengunjungi pulau ini, Anda harus merogoh kocek sebesar 100 ribu rupiah.

3. Memancing

Yang membuat pulau ini begitu terkenal adalah ikannya yang sangat beragam dan berukuran besar. Ikan ini bisa ditangkap dengan mudah saat hari sudah sore dan airnya cukup tenang.

Anda bisa mengikuti para pemancing mencari ikan dan melihat sendiri betapa serunya prosesnya. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan berukuran raksasa yang tentunya sangat lezat untuk diolah menjadi ramuan masakan yang menggugah selera.

4. Lihat festival tradisional

Ketika Anda berkunjung ke Pantai Sendang Biru pada bulan September, jika Anda datang di waktu yang tepat, Anda dapat melihat adat istiadat yang dipraktikkan oleh masyarakat sekitar. Pesta dilakukan dengan khidmat dan Anda bisa melihat keindahan yang ditawarkan oleh masyarakat.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat pantai sumber biruKredit gambar: Google Maps Kukuh Hari Prayogo

1. Pondok Bambu

Asrama pertama yang bisa Anda pilih saat ingin mengunjungi pantai Sendang Biru adalah Pondok Bamboe. Untuk menginap di tempat ini, Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 340.000 per malam. Jaraknya sendiri cukup dekat dengan pantai yang hanya berjarak sekitar 2 kilometer.

2. Ariesta Homestay

Apalagi ada Homestay Ariesta yang sangat dekat dengan pantai yang indah ini. Hostel ini sudah lama dikenal sebagai pilihan sempurna bagi wisatawan luar kota saat berkunjung ke pantai ini sendirian. Harga yang harus dikeluarkan untuk menginap disini selalu ramah dompet.

3. Lina Homestay

Terakhir, Lina Homestay. Dengan jarak yang cukup dekat yaitu 5 kilometer ke pantai, kamu bisa menginap di sini dengan harga yang terjangkau, mulai dari 260.000 per malam. Fasilitas yang disediakan hostel juga sangat memuaskan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Mata Air BiruKredit gambar: Google Maps Warung Bu Wit Ikan Bakar Sendang Biru

Seperti tempat wisata lainnya, Pantai Sendang Biru juga menawarkan fasilitas yang dapat membantu pengunjung merasa senang. Ada kamar mandi, warung makan, persewaan perahu, tempat parkir, pos jaga, tempat ibadah, dan lainnya.

Semua fasilitas tersebut dapat digunakan secara bebas oleh pengunjung tanpa dikenakan biaya apapun. Meski tidak selengkap pantai lainnya, namun fasilitas yang ada tetap mampu membuat pengunjung merasa nyaman dan tidak ada masalah lagi.

Apalagi fasilitas keamanan di pantai ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, pengunjung yang sedang berlibur di tempat ini dapat merasakan sensasi liburan tanpa terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian informasi pantai Sendang Biru yang bisa anda dapatkan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang bisa menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini wajib dikunjungi saat mengunjungi kota apel.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button