Pantau Pasca Tahun Baru 2023 di Pacitan Polda Jatim, Irwasda Sebut Tiga Kerentanan - WisataHits
Jawa Timur

Pantau Pasca Tahun Baru 2023 di Pacitan Polda Jatim, Irwasda Sebut Tiga Kerentanan

TIMESINDONESIA, PACITAN – Saat memantau posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Pacitan, Kombes Mohamad Aris menilai ada tiga potensi kerawanan yang patut mendapat perhatian, yakni longsor, banjir, dan kecelakaan.

Menurutnya, Jalan Ponorogo-Pacitan memiliki beberapa titik rawan longsor yang dapat menutup akses jalan. Namun, dari laporan yang diterimanya saat memantau posko Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Pemkab Pacitan sudah menyiapkan alat berat untuk penanganan.

“Ada beberapa titik rawan longsor, namun Pemkab Pacitan sudah menyiapkan alat berat. Karena situasi alam, kita tidak bisa mengaturnya, tapi kita bisa antisipasi atau mitigasi,” ujarnya, Rabu (28/12). 2022).

Kesiapsiagaan Bencana

Jika sewaktu-waktu terjadi tanah longsor atau banjir. Sebab, kata Kombes Mohamad Aris, manusia tidak bisa mengendalikan alam, tapi bisa mengantisipasi atau menanggulanginya agar semuanya berjalan lancar dan terkelola.

“Kapolres Pacitan (AKBP Wildan Alberd) dan kepala satuan lalu lintas sebelumnya telah menyatakan alat berat tersedia di setiap pos, sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi bencana atau luapan penduduk,” imbuhnya.

Irwasda-Polda-Jawa Timur-Kombes-Mohamad-Aris-a.jpgIrwasda Polda Jatim, Kombes Mohamad Aris tiba di posko jaga tahun baru 2023 di Pacitan (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

Apalagi selama 4 hari terakhir cuaca hujan terus mengguyur wilayah Jawa Timur termasuk Kabupaten Pacitan. Dia juga berharap tidak ada lagi banjir dan tanah longsor di masa mendatang. Sehingga masyarakat bisa menikmati libur tahun baru 2023.

“Semoga daerah Pacitan aman dan tidak terjadi bencana. Juga sudah 4 hari ini hujan, semoga tidak terjadi banjir dan longsor, itu harapan kita bersama,” jelasnya.

Harapkan kecelakaan

Selain bencana alam, Irwasda Polda Jatim Kombes Mohamad Aris menjelaskan, karena Kabupaten Pacitan merupakan daerah perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, maka antisipasi kecelakaan sangat diperlukan.

Ia meyakini, selama libur tahun baru 2023, banyak orang yang berkunjung dari luar wilayah Kabupaten Pacitan yang memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari daerah Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Selain bencana yang harus diwaspadai karena wilayah Pacitan berbatasan dengan Jawa Tengah dan Jawa Tengah, jalanannya lebar dan sudah bagus, maka kecelakaan juga bisa terjadi. Kami yakin di wilayah Solo dan Yogyakarta banyak yang mengalami kemacetan,” jelas Irwasda Polda Jatim Kabupaten Pacitan.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button