Tidak seseram namanya, Pantai Gondo Mayit di Blitar sebenarnya memiliki pemandangan yang mempesona - WisataHits
Jawa Timur

Tidak seseram namanya, Pantai Gondo Mayit di Blitar sebenarnya memiliki pemandangan yang mempesona

Tidak seseram namanya, Pantai Gondo Mayit di Blitar sebenarnya memiliki pemandangan yang mempesona

Surabaya (beritajatim.com) – Perjalanan ke pantai adalah pilihan yang tepat untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Di pantai Gondo Mayit Blitar Anda bisa langsung merasakan keceriaan suasana ini, menginjakkan kaki di pasir pantai yang halus, merasakan deburan ombak atau sekedar beristirahat dan menikmati semilir angin senja dengan pemandangan yang menakjubkan.

Gondo Mayit yang dalam bahasa Indonesia berarti “bau mayat” menjadi salah satu daya tariknya. Tidak seseram namanya, Pantai Gondo Mayit merupakan salah satu destinasi wisata alam di Blitar yang mendapat penghargaan karena potensinya. Ombaknya yang besar cocok untuk berselancar. Wisatawan juga dapat menikmati trekking dan penjelajahan karena perbukitan hijau di sekitarnya.

Pantai Gondo Mayit terletak di bagian selatan Kota Blitar. Tepatnya di Desa Krajan, Kecamatan Wonotirto. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Tambakrejo yang terkenal memudahkan para wisatawan untuk hilir mudik di antara pantai-pantai tersebut.

Untuk lebih memperluas pilihan destinasi wisata Anda, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang pantai Gondo Mayit berikut ini.

1. Pesona Pantai Gondo Mayit

Nama seram Gondo Mayit sebenarnya menjadi salah satu daya tarik pantai ini. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengetahui cerita di balik nama tersebut. Menurut warga sekitar, pantai Gondo Mayit memiliki sejarah yang cukup tragis. Konon pada masa penjajahan dan orde baru, banyak ditemukan mayat di kawasan tersebut sehingga menimbulkan bau tak sedap. Ada juga legenda lokal yang percaya bahwa pantai ini terkait dengan Nyi Roro Kidul atau Ratu Laut Selatan.

Selain namanya yang unik dan seram, pantai Gondo Mayit juga memiliki pesona pantai khas wilayah selatan pulau Jawa. Ombaknya cukup besar sehingga cocok untuk berselancar, pemandangan yang menakjubkan dengan siluet bukit saat senja dan pasir halus membuat pantai ini benar-benar terasa seperti rumah sendiri.

2. Suasana di Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit dekat dengan Pantai Tambakrejo yang lebih terkenal. Keduanya dipisahkan oleh bukit yang cukup tinggi. Meski lokasinya berdekatan, namun perbedaan keramaian terlihat cukup besar. Pantai Gondo Mayit biasanya memiliki lebih sedikit pengunjung, sehingga terasa lebih damai dan pribadi.

3. Kegiatan yang disarankan untuk dilakukan di Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit berwarna coklat muda dan memiliki tekstur yang lembut. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil mengobrol santai atau berfoto bersama teman atau rekan kerja. Namun, karena teriknya matahari, lebih baik tidak memilih waktu di siang hari. Pilih waktu pagi atau sore sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan langit jingga.

Anda juga bisa memanfaatkan ombak di Pantai Gondo Mayit yang cukup besar untuk berselancar. Namun karena ombaknya cukup besar dan terkadang sulit diprediksi, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di laut tanpa izin. Hanya perenang atau peselancar profesional yang bisa memanfaatkan ombak besar di pantai ini.

Untuk makan, ada baiknya jika Anda membawa makanan dan air minum sendiri saat berkunjung ke pantai. Tapi kamu harus ingat untuk selalu membawa kembali sampah yang kamu tinggalkan.

4. Bagaimana menuju ke Pantai Gondo Mayit?

Untuk mencapai Pantai Gondo Mayit, wisatawan harus terlebih dahulu menuju Kota Blitar. Misalnya, dari ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya, Anda dapat mengambil jalan tol Surabaya – Mojokerto dan berkendara langsung ke tujuan Anda. Perjalanan dari Surabaya ke Blitar memakan waktu sekitar 3 jam 30 menit. Setelah sampai di Blitar, tujuan selanjutnya adalah desa Krajan di kabupaten Wonotirto dan Anda bisa langsung menuju pantai Gondo Mayit tanpa melalui jalur yang sulit. Ambil Jalan Pasiraman yang berjarak sekitar 34,2 km. Setelah sekitar 1 jam perjalanan Anda dapat menginjak pasir.

Sementara itu, tiket masuk pantai Gondo Mayit dibanderol sekitar Rp 7.000 untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak gratis.

Sudah terbukti bahwa suatu tempat bisa bertolak belakang dengan namanya, salah satunya adalah Pantai Gondo Mayit. Pantai ini menjadi rekomendasi bagi anda yang berencana mengunjungi kota Blitar untuk menikmati suasana pantai yang menyegarkan. (kai/ian)

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button