Pantai Walakiri, pantai indah dengan biota laut menawan di Sumba Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Walakiri, pantai indah dengan biota laut menawan di Sumba Timur

Pantai Walakiri, pantai indah dengan biota laut menawan di Sumba Timur

Pantai Walakiri di Sumba Timur merupakan pantai yang menawan dan istimewa. Untuk melihat keistimewaan pantai yang indah ini, wisatawan harus datang ke sini saat senja.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Watumbaka, Kec. Pandawa, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Sumba Timur sangat kaya akan wisata bahari. Hampir semua lokasi wisata bahari ini menawarkan panorama yang mempesona. Salah satunya adalah Pantai Walakiri. Walakiri adalah pantai pasir putih yang indah. Uniknya, ada dua jenis pasir putih yang bisa ditemukan di pantai ini.

Jenis pasir yang pertama adalah pasir putih yang banyak terdapat di pantai-pantai di Indonesia. Sedangkan pasir putih yang kedua merupakan pasir yang sangat lembut seperti bubuk dan jika basah akan terlihat seperti semen basah. Pasir ini terlihat saat air pasang surut. Uniknya, batas antara kedua jenis pasir tersebut cukup tajam.

Keistimewaan lain dari Walakiri adalah hutan bakau yang tidak biasa. Mangrove ini tumbuh terpisah satu sama lain. Saat senja, pohon-pohon ini akan membentuk siluet seperti pohon menari dengan latar belakang langit jingga. Untuk menikmati keindahan pantai yang indah ini, wisatawan bisa mengunjunginya dengan gratis.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Walakiri

Atraksi di Pantai WalakiriKredit gambar: Google Maps Fathoni

Pantai Walakiri merupakan pantai yang unik dan menarik. Oleh karena itu, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara asal Sumba. Mereka biasanya ramai pada sore hari dan baru pulang setelah magrib. Apa yang membuat mereka tertarik untuk berlibur di pantai yang indah ini?

✦ Pemandangan pantai yang indah

Walakiri adalah pantai yang indah. Perpaduan antara pasir putih, laut biru yang luas dan tumbuhan hijau sangat memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke sana. Selain indah, pantai ini juga cukup sejuk, apalagi di sekitar rimbunan pohon kelapa yang tumbuh disana. Di bawah pepohonan tersebut wisatawan dapat bersantai dan menikmati keindahan pantai.

✦ Mangrove kerdil

Daya tarik utama Pantai Walakiri adalah hutan bakau kerdil. Hutan mangrove di pantai ini berbeda dengan hutan mangrove di pantai lainnya. Di sini, pohon bakau tidak hanya tumbuh sendiri-sendiri, tetapi juga tidak bisa tumbuh. Jika dilihat di foto, mangrove ini terlihat setinggi turis.

Namun, sebenarnya foto ini hanyalah efek pemotretan dari suatu sudut. Selain kerdil, mangrove Walakiri juga memiliki daun yang kecil dan ranting yang meliuk-liuk. Begitu banyak orang menyebutnya pohon menari. Untuk mengamati pohon ini lebih dekat, wisatawan harus menunggu air laut surut.

✦ Matahari terbenam seperti dalam dongeng

Siluet unik mangrove dengan latar belakang langit senja menciptakan pemandangan magis pantai ini. Keindahan sunset di Walakiri sudah sangat terkenal beberapa tahun belakangan ini. Sehingga banyak wisatawan dari luar Sumba yang penasaran dengan keindahan pemandangan alamnya dan datang ke pantai ini pada sore hari.

✦ Masakan seafood segar

Hasil tangkapan ikan hasil tangkapan masyarakat setempat dijual kepada wisatawan. Olahan makanan laut ini rasanya enak karena bahan-bahannya segar dan berkualitas tinggi. Kuliner ini merupakan salah satu daya tarik dari pantai yang indah ini. Menikmati menu-menu lezat tersebut dibarengi dengan suasana pantai yang menawan membuat liburan Anda semakin berkesan.

✦ Laut yang relatif tenang

Ombak di Pantai Walakiri cenderung tenang. Dengan demikian, wisatawan dapat melakukan olahraga air dengan aman. Namun, belum tersedia persewaan peralatan olahraga air di kawasan pantai ini. Sehingga, wisatawan yang ingin berlatih olah raga ini di pantai ini harus membawa peralatan sendiri dari rumah atau hotel.

✦ Biota laut

Saat air laut mulai surut ke pantai, wisatawan bisa melihat berbagai biota laut yang menarik. Hewan laut ini ada yang masih kecil dan ada yang sudah dewasa. Beberapa biota laut yang ada di pantai ini antara lain bintang laut, siput, bulu babi, dan berbagai jenis ikan. Keberadaan biota laut yang beraneka ragam ini membuktikan bahwa pantai yang indah ini masih alami.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Walakiri, Sumba TimurKredit gambar: Google Maps Mirza Nuryady

Pantai Walakiri terletak di Sumba Timur, tepatnya di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, NTT. Lokasi pantai mudah diakses karena jarak ke kota Waingapu hanya sekitar 24 km atau 40 menit dengan mobil. Akses jalan bagus dan bisa dilintasi mobil dan motor. Namun, angkutan umum menuju pantai ini cukup sulit didapat.

Sehingga, wisatawan dari luar daerah harus menyewa mobil atau motor untuk menuju ke sana. Dari Waingapu, wisatawan dapat menempuh jalan melalui Jl. H. Adam Malik menuju ke timur menuju Jl. Matawai Amahu. Kemudian belok kiri di Jl Beringin. Lanjutkan dengan Bantuan Gmaps untuk detail lebih lanjut.

Pantai ini buka 24 jam sehari. Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Mereka tidak akan dikenakan biaya masuk ke pantai karena masuk ke Pantai Walakiri gratis. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya parkir jika datang dengan kendaraan pribadi. Biaya parkir di pantai ini adalah Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Menarik di Pantai Walakiri Sumba TimurKredit gambar: Google Maps Ivan Veriswan

Menghabiskan liburan di pantai indah Walakiri adalah salah satu cara untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Berbagai aktivitas bisa dilakukan wisatawan, mulai dari bersantai hingga aktivitas yang cukup menantang, selama berlibur di pantai. Kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan disini?

1. Berenang di Pantai Walakiri

Wisatawan bisa berenang dan mandi di pantai. Air laut di pesisir Walakiri jernih, segar dan bersih. Dengan demikian, wisatawan akan merasa segar setelah berenang atau berendam di sini. Meski ombak di pantai ini cukup tenang, namun wisatawan harus tetap waspada saat mandi. Demi keamanan, bagi yang kurang mahir berenang sebaiknya menggunakan jaket pelampung.

2. Berjemur di pantai

Berjemur sambil menikmati keindahan pantai Walakiri merupakan perpaduan aktivitas liburan yang dapat merelaksasikan pikiran dan tubuh. Namun, wisatawan harus ingat untuk memakai tabir surya selama aktivitas ini agar kulit tidak terbakar. Selain berjemur, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai sambil duduk di bawah pohon kelapa.

3. Menikmati matahari terbenam

Pemandangan matahari terbenam di pesisir Pantai Walakiri tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke sini. Berlibur di pantai yang indah ini tidak akan sempurna tanpa menikmati sunset. Saat itu, keindahan pantai sedang mencapai puncaknya. Selain itu, pemandangan sunset di sini tidak akan didapatkan di pantai lain.

4. Ambil gambar

Tidak ada fasilitas spot foto di pantai cantik ini. Namun, keindahan alam yang mengelilinginya cukup membuat foto yang diambil wisatawan menjadi menarik dan Instagrammable. Salah satu view yang wajib diabadikan adalah view sunset.

5. Permainan pasir

Hamparan pasir putih pantai Walakiri bisa dijadikan tempat bermain bagi anak-anak. Pasirnya lembut dan bebas sampah sehingga wisatawan bisa bermain di atasnya dengan aman. Agar permainan ini semakin seru dan menyenangkan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan sandplay dari rumah. Sambil bermain pasir, wisatawan juga bisa berinteraksi dengan berbagai hewan laut.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Walakiri Sumba TimurKredit gambar: Google Maps Reyner Gunawan

Fasilitas wisata di Pantai Walakiri cukup memadai. Tempat parkir pantainya luas, dan jumlah kabin serta toiletnya juga banyak. Di pantai ini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Jika wisatawan ingin menginap di sekitar pantai, mereka dapat dengan mudah menemukan hotel dan hostel. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Pantai Walakiri adalah pantai khusus matahari terbenam. Pemandangan sunset di pantai cantik ini bak negeri dongeng. Pantai ini juga memiliki ciri khas lain, misalnya memiliki dua jenis pasir, memiliki hutan bakau dan dapat mengamati biota laut saat air laut mulai surut. Di sini, wisatawan juga dapat melakukan banyak kegiatan rekreasi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button