Pantai Peyuyon, pantai indah dengan keindahan biota laut di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Peyuyon, pantai indah dengan keindahan biota laut di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Peyuyon, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau di Gunung Kidul ini surga tersembunyinya. Beberapa turis datang, ini karena keterpencilannya. Kawasannya tidak seperti pantai-pantai Jogja pada umumnya, di sini panjangnya hanya beberapa puluh meter dan lebarnya hanya beberapa meter saja.

Namun, ada banyak keindahan yang akan Anda temukan di sini. Bagi mereka yang sedang menunggu liburan untuk mengisi ulang baterainya, datang dan hiruplah udara murni alam. Tapi Anda harus bersiap untuk melakukan perjalanan cukup lama. Perjalanan ini harus dilakukan dengan berjalan kaki, medannya cukup sulit.

Keindahan yang disuguhkan membuat sebagian pengunjung bersusah payah pergi ke pantai Peyuyon yang megah ini. Apalagi perjalanan tidak akan begitu melelahkan karena terabaikan oleh pesona perbukitan yang indah. Pepohonan yang hijau dan rindang selalu menemani perjalanan dan sekaligus sebagai seniman.

Daya tarik pantai Peyuyon

Objek Wisata Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Arkan Narendra

Sebelum mengunjungi suatu objek wisata, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja objek wisata tersebut. Hal ini juga berlaku untuk Pantai Peyuyon Gunung Kidul. Pembukaan kecil di atas sebenarnya menggambarkan daya tarik yang dimaksud. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan simak poin-poin berikut ini!

1. Diapit oleh tebing-tebing eksotis

Atraksi pertama yang langsung Anda lihat saat tiba di lokasi adalah dua tebing eksotis yang membatasinya. Tebing ini merupakan batuan karst yang memang banyak dijumpai di wilayah Jogja dan sekitarnya. Banyak pantai indah di Jogja yang dikelilingi perbukitan seperti ini, bahkan ada yang mustahil untuk dikunjungi karena tidak ada aksesnya.

Meski konon banyak pantai yang diapit tebing eksotis, namun masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Misalnya di Pantai Peyuyon, salah satu tebingnya mengalami depresi yang dalam. Dilihat dari kejauhan mirip sekali dengan goa, tempat ini biasa digunakan untuk berkemah wisatawan yang ingin bermalam.

2. Pemandangan Pantai Peyuyon

Tidak dapat dipungkiri bahwa keindahan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Keindahan yang dimaksud adalah tebing-tebing tinggi yang menjulang tinggi, sungguh terlihat eksotik. Bebatuan putih karst seolah menyatu dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh subur di sana. Rerumputan dan semak-semak sepertinya tak mau ketinggalan.

Tak hanya itu, air lautnya yang terlihat jernih pun tak kalah indah. Warnanya biru yang indah, terkadang beraksen putih dari buih yang dihasilkan ombak atau ombak. Meski tidak banyak dijumpai bebatuan, keberadaannya dapat mempercantik pemandangan pantai Peyuyon.

3. Banyak ditemukan biota laut

Daya Tarik Lain Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Satria Raka Siwi

Pantai eksotis Gunung Kidul ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun tetap saja ada yang datang setiap hari untuk menyaksikan keindahannya. Selain atraksi yang disebutkan di atas, keberadaan biota laut juga menjadi salah satu alasan lainnya. Beberapa pantai masih dihuni oleh hewan laut.

Di sini Anda dapat dengan mudah menemukan gurita yang tersangkut di balik bebatuan. Ada juga ikan-ikan kecil yang berlindung di antara bebatuan, serta beberapa jenis kerang. Biota laut ini sangat jelas terlihat karena air lautnya yang biru dan jernih. Jika beruntung, Anda juga dapat menemukan bulu babi yang tersembunyi di balik bebatuan.

4. Kondisi tenang dan damai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai Peyuyon masih sedikit dikunjungi wisatawan. Yang datang umumnya dari sekitar desa, ada juga yang sengaja datang dari jauh. Sepintas, itu bukan daya tarik, justru sebaliknya. Minimnya pengunjung membuat suasana tenang dan damai.

Wisatawan yang berlibur mencari ketenangan sangat cocok berada disini. Merasakan hembusan angin saat bersantai dapat menenangkan pikiran yang sedang galau. Menikmati pemandangan tumbuhan hijau, birunya air laut dan putihnya pasir dijamin kondusif untuk penyembuhan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Peyuyon, Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Nafis Hidayat

Pantai Peyuyon terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Gunung Kidul akan memakan waktu 1 jam karena jarak yang harus ditempuh sekitar 25 kilometer. Waktu ini bisa lebih lama atau lebih pendek, tergantung pada kecepatan kendaraan dan kondisi jalan.

Pantai ini belum begitu terkenal, Anda bisa mengambil arah pantai Widodaren. Bisa dibilang kedua pantai ini dekat, lokasi parkirnya sama. Namun, harus berjalan kaki dari pantai terdekat ini, karena akses jalan untuk kendaraan bermotor masih belum tersedia.

Anggap saja Anda sedang berada di pusat kota, silahkan menuju ke arah Pantai Baron. Kemudian menuju ke Jalan Pantai Selatan Jawa, ikuti jalan utama atau sepanjang jalan raya. Kemudian arahkan kendaraan menuju Ngresik Kanigoro, letak pantai tidak jauh dari kawasan ini. Anda juga dapat menggunakan Google Maps atau aplikasi serupa.

Harga tiket masuk Pantai Peyuyon

Tiket Masuk Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit Gambar: Koleksi Google Maps Aurora Children

Selama ini belum ada biaya masuk untuk masuk ke Pantai Peyuyon. Anda bebas memasuki tempat wisata ini jika tidak segan untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Namun, karena lokasinya dekat dengan pantai Widodaren, Anda harus membayar biaya untuk masuk ke pantai terdekat ini.

Pastinya murah, karena pantai-pantai Jogja biasanya harganya hampir sama. Anda hanya perlu membayar 5000 rupiah per orang untuk menikmati dua pesona pantai yang luar biasa. Biaya tambahan yang diperlukan hanya untuk biaya parkir yang juga murah, 2.000 sepeda motor dan 5.000 mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai Peyuyon

Aktivitas di Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Luqman Aris Widodo

Pantai Peyuyon cocok untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan kesenangan. Tentunya Anda tidak hanya tertarik dengan pesona yang dimiliki, bukan? Mengetahui apa yang bisa dilakukan juga sangat penting. Pantai yang indah ini tidak cocok untuk berenang, tetapi ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan.

1. Mendaki

Mendaki adalah aktivitas pertama yang dijamin menyenangkan dan membosankan. Pendakian ini dilakukan selama perjalanan ke tempat tersebut. Hal ini terpaksa dilakukan, karena lokasi pantai berada di balik bukit. Perjalanan dijamin tidak melelahkan, bahkan bisa dibilang sangat seru.
Pasalnya, banyak keindahan yang selalu mengiringi setiap langkah ayunan itu.

2. Memancing

Bagi yang hobi memancing, jangan lupa membawa peralatan sendiri dari rumah. Pantai Peyuyon dikelilingi perbukitan yang cukup tinggi yang dasarnya terbenam di air yang dalam. Biasanya ikan bersembunyi di balik bebatuan untuk mencari makan atau menghindari predator. Namun Anda harus berhati-hati, karena gelombang tinggi sering datang.

3. Kamp

Ada dua pilihan tempat yang cocok untuk kegiatan camping yaitu di atas bukit dan di bibir pantai yang indah ini. Jika sedang pasang, ada baiknya Anda memilih spot yang lebih aman, yaitu di atas bukit. Namun jika kebetulan air sedang surut, tidak apa-apa untuk berkemah di pinggir pantai. Suasana camping di tepi pantai memang sangat berbeda, karena kali ini selalu diiringi dengan suara ombak.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Wulan Dewi Siti Khotimah

Keindahan dan pesona Pantai Peyuyon tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, hal ini tentunya sangat disayangkan. Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun, hanya pasir dan deburan ombak. Namun jangan khawatir, fasilitas dapat ditemukan dengan mudah di pantai Widodaren, seperti tempat parkir, toilet, mushola, dan warung makan.

Mengunjungi objek wisata saat liburan tiba memang sangat penting. Tidak harus setiap hari libur, namun tetap diperlukan sesekali untuk melepas penat saat beraktivitas sehari-hari. Dari sekian banyak objek wisata di Jogja, Pantai Peyuyon bisa dijadikan alternatif karena keindahannya dan untuk mengunjunginya tidak membutuhkan banyak biaya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button